Afghanistan Tak Kibarkan Bendera Taliban saat Jumpa Timnas

Afghanistan juga tak menyanyikan lagu kebangsaan Taliban

Jakarta, IDN Times - Afghanistan dipastikan tak akan mengibarkan bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan Taliban saat bentrok melawan Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh pelatihnya Anoush Dastgir jelang duel bertajuk FIFA matchday yang digelar di Gloria Sports Arena, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021).

Ini menjadi laga perdananya Afghanistan pasca Taliban mengambil alih negara tersebut. Walhasil, sempat muncul kabar jika mereka bakal menyanyikan lagu kebangsaan dan mengibarkan bedera Taliban saat berduel melawan Indonesia. 

"Saya, pelatih Afghanistan yang mewakili 39 juta warganya, bukan pelatih Taliban. Kami pastikan hanya akan mengibarkan bendera Afganistan," kata Dastgir dikutip NOS.

1. Afghanistan tampil demi rakyat

Afghanistan Tak Kibarkan Bendera Taliban saat Jumpa TimnasTimnas Afganistan enggan kibarkan bendera dan nyanyikan lagu kebangsaan Taliban saat bersua Timnas Indonesia, Selasa (16/11/2021). (straitstimes.com).

Dia menyebut, Afghanistan akan tampil habis-habisan di lapangan demi rakyatnya. Walau keputusan sang pelatih berisiko, nasionalisme terhadap negaranya tetap jadi prioritas. Dia tak mau ambil pusing walau komentarnya bisa dipermasalahkan oleh rezim Taliban.

"Ada kemungkinan keputusan itu membuat kami tak lagi diterima di Afghanistan. Padahal, masih banyak orang yang keluarganya tinggal di sana. Ini sangat emosional. Beruntung kami bisa pergi dan dalam kondisi baik," ujar dia.

Dastgir menyebut, anak-anak asuhnya merasa punya tanggung jawab kepada rakyat Afghanistan yang sedang mengalami masa krisis. Walau akhirnya Dastgir tak lagi diizinkan jadi pelatih ke depan, risiko itu sudah disadarinya.

Baca Juga: Timnas Indonesia Mau Main Enak Lawan Afghanistan

2. Berjanji bawa Afghanistan meraih kemenangan

Dastgir sebelumnya sempat pergi dari Afganistan usai pemerintahan diambil alih Taliban. Dia mencari suaka ke Belanda untuk memperjuangkan nasibnya dan Timnas Afghanistan. 

Dia berjanji membawa negaranya tercinta selalu tampil baik untuk bisa mentas di Piala Asia 2023. Walhasil, duel melawan Indonesia nanti bakal dijadikan ajang untuk menempa diri, sekaligus merebut kemenangan untuk menambah poin di ranking FIFA.

3. Timnas Indonesia juga akan diperkuat Elkan Baggott

Afghanistan Tak Kibarkan Bendera Taliban saat Jumpa TimnasElkan Baggott. (Timnas U-19).

Hanya saja, lawan yang dihadapi adalah Indonesia, negara yang juga tengah menata diri menuju Piala AFF 2020. Walau dipastikan mendapatkan perlawanan sulit, mereka berjanji untuk merebut kemenangan dalam pertandingan uji coba resmi tersebut.

Indonesia juga mendapat kekuatan tambahan dari pemain keturunan Elkan Baggott dalam pertandingan nanti. Pemain yang baru mendapatkan KTP ini dipastikan bakal mengisi satu posisi palang pintu skuad Garuda untuk menahan gempuran para pemain Afghanistan.

Lalu, siapa yang bakal keluar sebagai pemenang dalam duel Afganistan melawan Timnas Indonesia? Duel kedua tim layak untuk dinantikan.

Baca Juga: Timnas Indonesia Pede Gebuk Afghanistan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya