Agar Timnas U-19 Lolos ke Piala AFC U-19 2020, Ini Skenarionya

Timnas U-19 minimal meraih satu poin atas Korea Utara

Jakarta, IDN Times - Perhelatan fase Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 hampir paripurna. Satu pertandingan terakhir antara Timnas U-19 melawan Korea Utara si Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (10/11), akan jadi laga penentuan untuk memastikan diri jadi wakil dari Grup K yang bakal melaju ke babak utama turnamen tersebut tahun depan di Uzbekistan.

Skuat Garuda Muda sejauh ini berpotensi untuk lolos ke babak utama. Sebab, mereka masih kokoh menduduki peringkat pertama dengan torehan enam poin hasil dari menumbangkan Timor Leste pada pertandingan pertama dan Hong Kong dalam duel kedua. Apalagi, mereka memiliki selisih gol yang cukup baik dengan memasukkan tujuh gol dan kemasukan sebiji gol saja.

Sementara, tamunya Korea Utara juga punya potensi mengejutkan. Terlebih, mereka masih menguntit di belakang Timnas U-19 dengan mengoleksi empat poin setelah bermain imbang 1-1 melawan Hong Kong pada pertandingan pembuka dan mengalahkan Timor Leste 4-0 tanpa balas.

Duel kedua tim bakal jadi pertarungan layaknya partai final. Sebab, salah langkah bisa membuat mimpi Timnas U-19 tampil di Piala AFC U-19 2020 bakal sirna.

Inilah beberapa skenario tim besutan Fakhri Husaini jika ingin lolos ke putaran final Piala AFC U-19 2020:

1. Meraih kemenangan berapa gol pun atas Korea Utara

Agar Timnas U-19 Lolos ke Piala AFC U-19 2020, Ini Skenarionyapssi.org/Herka Yanis P

Tiga poin atas Korea Utara tak harus dengan gelontoran gol yang banyak, bisa memastikan mereka tak akan lagi terkejar oleh tim lain di Grup K karena Timnas U-19 berhasil meraih poin sempurna dengan sembilan poin.

Jika hasilnya demikian, satu tiket ke babak utama Piala AFC U-19 edisi depan sudah bisa diamankan Beckham Putra dan kolega. Mengingat, peraturan yang berlaku setiap juara grup otomatis masuk jadi 16 kontestan yang bakal manggung di Uzbekistan tahun depan.

Baca Juga: Dibantai 4-0, Pelatih Hong Kong Puji Tiga Penggawa Timnas U-19

2. Imbang pun Timnas U-19 tetap lolos

Agar Timnas U-19 Lolos ke Piala AFC U-19 2020, Ini SkenarionyaInstagram/@salmanalfarid15

Sebetulnya, jika melihat perolehan poin dan persaingan dengan para peserta lain di Grup K, Timnas U-19 tak perlu terlalu berkeringat untuk bisa lolos ke babak utama Piala AFC U-19 2020.

Mereka cukup bermain imbang dengan raihan satu poin saja nampaknya sudah membawa mereka melenggang ke turnamen sepakbola terbesar antar-negara Asia dalam jenjang kelompok umur.

Hasil imbang bakal membuat Timnas U-19 berhasil mengoleksi tujuh poin. Hal itu tetap akan membuat mereka lolos lantaran masih menjamin mereka bertengger di posisi pertama. Sebab, kalau bermain imbang, Korea Utara cuma bisa mengoleksi lima poin saja dan tak bisa mengejar posisi tuan rumah.

3. Kalah harus mengejar runner up terbaik

Agar Timnas U-19 Lolos ke Piala AFC U-19 2020, Ini SkenarionyaPSSI/Herka Yanis P

Segala kemungkinan bisa terjadi dalam laga penentuan. Kekalahan pun bisa jadi hasil yang diraih Timnas U-19 saat berhadapan dengan tim kuat macam Korea Utara dan membuatnya turun peringkat sebagai runner up karena cuma mengumpulkan enam poin, defisit satu poin dari Korea Utara yang maksimal bakal mengumpulkan tujuh poin.

Namun, hasil itu tak serta-merta membuat pasukan Merah-Putih gagal melangkah ke putaran final. Mereka masih bisa lolos dengan mengejar posisi runner up terbaik. Asalkan berhasil masuk dalam daftar empat runner up terbaik, Timnas U-19 akan lolos ke putaran final.

Namun, kondisi tersebut bakal membuat Timnas U-19 berada dalam situasi tak menentu. Sebab, posisinya ditentukan oleh tim-tim di grup lain yang harus bersaing memperebutkan empat tiket saja dari 16 runner up yang ada.

Baca Juga: Timnas U-19 vs Korea Utara: Laga Penentu ke Babak Utama Piala AFC U19

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya