Beckham Terinspirasi Kakak Bawa Timnas U-23 Juara Piala AFF

Beckham Putra Nugraha merupakan adik kandung Gian Zola

Jakarta, IDN Times - Pemain Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, punya harapan besar andai masuk dalam skuad utama Timnas Indonesia U-23. Dia ingin mengikuti jejak kakanya, Gian Zola, yang berhasil mempersembahkan trofi juara di Piala AFF U-23 2019 silam.

Kebetulan, Zola juga mengantarkan Timnas U-23 juara di Kamboja. Maka dari itu, Beckham berharap bisa menorehkan catatan serupa dengan sang kakak.

"Harapan pribadi, ingin masuk ke skuad utama Piala AFF U-23, dan bisa bikin bangga Indonesia. Jadi motivasi juga buat saya, karena dulu kakak jadi juara Piala AFF U-23 di Kamboja juga. Semoga kami bisa back to back jadi juara," kata Beckham dalam rilis PSSI, Selasa (8/2/2022).

Beckham merupakan salah satu dari 29 pemain yang dipanggil Shin Tae Yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Bali. Dia pun berpotensi dibawa pelatih asal Korea Selatan itu ke Kamboja pada 10 Februari 2022.

1. Bermodal skuad muda penuh talenta

Beckham Terinspirasi Kakak Bawa Timnas U-23 Juara Piala AFFTimnas U-23 menaklukkan Tajikistan dalam laga uji coba pada Selasa (19/10/2021). (Dok. PSSI).

Keyakinan Beckham bisa membawa Timnas U-23 menjadi juara memang cukup beralasan. Dia menilai skuad Garuda Muda saat ini punya kualitas yang mumpuni dan kedalaman luar biasa.

Apalagi, sejumlah pemain Timnas U-23 sempat mentas pula di Piala AFF senior. Beckham yakin pengalaman mereka bisa menjadi modal berharga untuk membawa Indonesia juara.

"Skuad ini banyak pemain yang berkualitas. Tentunya, saya sangat percaya diri bisa menjadi juara Piala AFF U-23 nanti. Skuad ini sangat merata, jadi tidak terlalu jauh, saya termotivasi untuk menjadi bagian di AFF U-23," ujar pemuda 20 tahun itu.

Baca Juga: Persiapan Piala AFF Terkendala, Shin Tae Yakin Timnas U-23 Juara

2. Siap memberikan yang terbaik untuk Timnas U-23

Beckham Terinspirasi Kakak Bawa Timnas U-23 Juara Piala AFFInstagram

Terlepas dari itu, Beckham bangga bisa mendapatkan kepercayaan untuk ikut TC di Bali. Walhasil, dia mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya untuk bisa memanfaatkan kesempatan langka tersebut. 

"Sangat bangga, siapa yang tidak mau membela Timnas. Saya pasti akan memberikan kemampuan terbaik untuk membantu Timnas meraih hasil positif. Alhamdullilah fisik dan mental bagus. Saya juga baru main bersama klub. Tetapi, kalau di Timnas, fisik dan mental berbeda, keduanya harus diperkuat," ujar Beckham.

3. Garuda Muda masuk ke Grup B Piala AFF U-23

Beckham Terinspirasi Kakak Bawa Timnas U-23 Juara Piala AFFTimnas U-23 menaklukkan Tajikistan dalam laga uji coba pada Selasa (19/10/2021). (Dok. PSSI).

Timnas U-23 tergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos, dalam Piala AFF. Mereka jadi unggulan bersama Malaysia yang kemungkinan juga bakal menurunkan pemain muda terbaiknya. 

Dari jadwal yang sudah dirilis, Timnas U-23 akan memulai aksinya di Piala AFF kali ini melawan Laos pada 15 Februari 2022. Berselang tiga hari, Garuda Muda akan diuji Myanmar dalam pertandingan yang digelar di Prince Stadium.

Baru pada pertandingan pamungkas atau laga penentu di fase grup, Timnas U-23 harus bentrok dengan musuh bebuyutannya, Malaysia. Duel panas ini dijadwalkan bakal berlangsung di tempat yang sama pada 21 Februari 2021.

Baca Juga: Pemain dan Ofisial Timnas U-23 Dapatkan Vaksin Booster

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya