Persiapan Piala AFF Terkendala, Shin Tae Yakin Timnas U-23 Juara

Kesempatan pemain muda buktikan kualitas di Piala AFF U-23

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, memastikan persiapan anak asuhnya jelang bergulirnya Piala AFF U-23 2022 berjalan baik. Namun ada sedikit kendala yang dihadapinya lantaran belum semua pemain bergabung dalam pemusatan latihan (TC) di Bali. 

Sejauh ini ada beberapa pemain yang masih membela klubnya di Liga 1 2021/22. Namun, perlahan semua itu bisa teratasi, karena beberapa pemain sudah bergabung dalam persiapan skuad Garuda secara bertahap.

"Latihan hari ini kan banyak pemain yang baru gabung juga, karena habis pertandingan kemarin Liga 1, jadi sebagian conditioning training dan sebagian latihan dasar saja seperti passing," kata Shin dalam rilis resmi PSSI, Selasa (8/2/2022).

1. Pemain masih melakukan pemulihan

Persiapan Piala AFF Terkendala, Shin Tae Yakin Timnas U-23 JuaraTimnas U-18 menggelar latihan perdana yang dipimpin SHin Tae Yong dalam TC yang digelar di Stadion Madya, Jakarta, Senin (30/8/2021). (pssi.org).

Shin pun tak mengelak jika dirinya belum tahu kondisi pemain sepenuhnya. Apalagi, sebagian pemain baru bergabung dalam latihan. Hal itu yang membuat dirinya hanya memberikan program pemulihan saja.

Namun demikian, dia yakin hal itu bukan jadi kendala anak asuhnya melakukan persiapan yang mepet menuju Piala AFF U-23 di Kamboja. Dia tetap optimistis bisa membawa Timnas Indonesia U-23 juara, sekaligus mempertahankan gelar yang sempat diraih di edisi sebelumnya.

Baca Juga: Menpora Main Golf dengan Shin Tae Yong, Bahas Timnas Indonesia

2. Kesempatan pemain muda untuk unjuk gigi di Piala AFF U-23

Persiapan Piala AFF Terkendala, Shin Tae Yakin Timnas U-23 JuaraPara pemain Timnas Indonesia U-18 merayakan gol ke gawang Alanyaspor U-18 dalam laga uji coba di Limak Sport Complex Antalya, Turki, Rabu 24 November 2021. (Dok. PSSI)

Shin menyiratkan jika Piala AFF kali ini bakal jadi momentum untuk memberikan pemain muda kesempatan tampil. Terlebih, dia ingin menilai para pemain-pemain yang nantinya bakal jadi andalan skuad Merah Putih di pelbagai ajang internasional tahun 2022 ini. 

"Jujur saja ini menjadi kesempatan pemain muda untuk berkembang, sebagai persiapan SEA Games 2021," ujar pelatih berusia 51 tahun tersebut.

Besar kemungkinan, nama-nama seperti Ronaldo Kwateh (Madura United), Marselino Ferdina (Persebaya), hingga Alfriyanto Nico (Persija), akan masuk dalam skuad besutan Shin. Terlebih, mereka tampil apik bersama klubnya masing-masing di Liga 1 2021/22

3. Jadwal Timnas U-23 di Piala AFF Grup B

Persiapan Piala AFF Terkendala, Shin Tae Yakin Timnas U-23 JuaraTimnas U-23 lawan Australia. (pssi.org)

Timnas U-23 sendiri tergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos dalam Piala AFF U-23. Mereka jadi unggulan bersama Malaysia yang kemungkinan juga bakal menurunkan pemain muda terbaiknya. 

Dari jadwal yang sudah dirilis, Timnas U-22 akan memulai aksinya di Piala AFF kali ini melawan Laos pada 15 Februari 2022. Lalu, hari tiga berselang, Garuda Muda akan diuji Myanmar dalam pertandingan yang digelar di Prince Stadium.

Baru pada pertandingan pamungkas atau laga penentu di babak penyisihan, Timnas U-22 bakal bentrok dengan musuh bebuyutannya, Malaysia. Duel panas ini dijadwalkan bakal berlangsung di tempat yang sama pada 21 Februari 2021.

Baca Juga: Shin Tae Yong Panggil 29 Pemain untuk Perkuat Timnas U-23

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya