Comscore Tracker

[BREAKING] Sikat Skotlandia, Kroasia Lolos ke Fase Gugur Piala Eropa

Luka Modric jadi pahlawan kemenangan Kroasia

Jakarta, IDN Times - Kroasia akhirnya bisa meraih kemenangan di Piala Eropa 2020. Kali ini mereka berhasil menundukkan Skotlandia dengan skor 3-1 dalam duel yang digelar di Hampden Park, Glasgow, Rabu (23/6/2021).

Kroasia turun dengan kekuatan terbaiknya saat mentas di kandang Skotlandia. Mengandalkan gelandang berkualitas seperti Luka Modric, tim besutan Zlatko Dalic ini langsung mendominasi jalannya pertandingan. Mereka terus menekan Skotlandia di 10 menit pertama.

Skotlandia sebetulnya berusaha mengambil alih permainan. Namun, mereka begitu kesulitan karena Kroasia tak memberi kesempatan memainkan bola cukup lama. Walhasil, bola hanya bergulir di pertahannya sendiri.

Kroasia unggul lebih dulu pada menit 17. Diawali umpan manis Ivan Perisic melalui kepalanya, Nicola Vlasic yang berdiri bebas di dalam kotak penalti mampu menyambut dengan sepakan yang menggetarkan jala gawang Skotlandia kawalan David Marshall. 

Unggul satu gol membuat skuat Vatreni tampil lebih agresif. Mereka bahkan menciptakan beberapa peluang berbahaya, salah satunya melalui tendangan Modric. Namun, tak ada satupun yang berhasil dimanfaatkan menjadi gol oleh mereka.

Sebaliknya, Skotlandia juga mulai bisa menekan pertahanan Kroasia. Mereka pun terus berusaha mencari celah melalui umpan silang untuk menciptakan gol penyeimbang. Hanya saja, hingga menit 40, tak ada gol yang berhasil diciptakan. 

Dua menit berselang akhirnya usaha tuan rumah berbuah hasil. Callum McGregor mencatatkan namanya di papan skor. Dia mampu melepaskan sepakan keras yang tak mampu dibendung kiper Kroasia, Dominik Livakovic. 

Gol McGregor pun menjadi yang terakhir diciptakan sebelum turun minum. Sehingga kedua tim menutup babak pertama dengan skor 1-1.

Kroasia memulai babak kedua dengan serangan berbahaya. Pada menit 49, mereka bahkan hampir menciptakan gol. Sayang, usaha Bruno Petkovic yang sudah berhadapan langsung dengan Marshall gagal menemui sasaran.

Mereka akhirnya bisa kembali unggul saat laga berjalan 62 menit. Modric berhasil menciptakan gol spektakuler melalui sepakan keras dari luar kotak penalti dan membawa Kroasia unggul, 2-1.

Ketinggalan untuk kedua kalinya membuat Skotlandia gusar. Mereka pun meningkatkan serangannya untuk mencetak gol. Hal itu membuat Livakovic jatuh bangun di bawah mistar. Dia berusaha terus menahan si kuit bundar agar tak masuk lagi ke gawangnya.

Digempur habis-habisan, Kroasia malah kembali memperlebar jarak menjadi 3-1, 13 menit sebelum laga berakhir. Persic berhasil mencetak gol ketiga Kroasia melalui sundulannya memanfaatkan umpan matang Modric dari sepak pojok. 

Skotlandia sebetulnya berusaha untuk mengejar ketertinggalan di waktu sisa. Hanya saja, hingga laga berakhir, usaha mereka belum membuahkan hasil. Kroasia pun berhasil memenangkan duel terakhirnya ini dengan kemenangan meyakinkan 3-1.

Kemenangan ini membuat Kroasia lolos ke fase gugur Piala Eropa 2020. Mereka finis di posisi runner-up Grup D, satu strip di bawah Inggris. Kroasia mengoleksi empat poin, tertinggal tiga poin dari sang pemuncak klasemen.

Baca Juga: [BREAKING] Aksi Sterling Antar Inggris Rajai Grup D Piala Eropa 2020

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya