Comscore Tracker

[BREAKING] Tampil Sempurna! Belanda Kuasai Grup C Piala Eropa 2020

Belanda tak pernah kalah di babak penyisihan

Jakarta, IDN Times - Belanda akhirnya meraih poin sempurna di babak penyisihan. Bentrok dengan Makedonia Utara dalam laga terakhir Grup C di Amsterdam Arena, Amsterdam, Senin (21/6/2021), De Oranje mampu menang dengan skor telak, 3-0.

Walau sudah memastikan langkahnya ke fase gugur, Belanda tetap tampil serius. Buktinya mereka tetap memainkan beberapa bintang yang selalu menjadi andalan di dua laga sebelumnya, termasuk Memphis Depay.

Unggul kualitas pemain, Belanda memang sulit dibendung. Hasilnya mereka berhasil menciptakan gol lewat kaki Depay pada menit 24. Dia melepaskan tembakan akurat yang menggetarkan jala Makedonia Utara yang dikawal Stole Dimitrievski, memanfaatkan umpan Donyell Malen.

Tertinggal satu gol, Makedonia mulai berani tampil terbuka. Hasilnya cukup baik. Dimotori sang kapten, Goran Pandev, beberapa serangan mampu mengancam gawang Belanda. Sayang, hingga turun minum usaha mereka belum berbuah hasil. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan Belanda 1-0.

Memasuki interval kedua, Belanda tak mengendurkan serangannya. Mereka tetap berusaha memberikan tekanan ke pertahanan Makedonia Utara. Hasilnya, Georginio Wijnaldum menambah keunggulan menjadi 2-0, pada menit 51.

Belanda benar-benar tak memberikan kesempatan kepada Makedonia untuk mengembangkan permainan. Wijnaldum kembali mencatatkan namanya di papan skor, lima menit setelah gol pertamanya dalam laga ini. Memanfaatkan bola liar hasil sepakan Depay, dia berhasil melepaskan tembakan yang membuat timnya unggul 3-0.

Wouth Weghorst hampir memperlebar keunggulan untuk Belanda pada menit 66. Berawal dari umpan Frankie de Jong, Wouth mampu melepaskan tembakan keras di dalam kotak penalti. Hanya saja, sepakannya masih membentur mistar gawang.

Makedonia sebetulnya berhasil membobol gawang Belanda yang dikawal kiper gaek, Maarten Stekelenburg pada menit 71. Namun, gol yang cetak Darko Churlinov harus dianulir wasit lantaran pemain VfB Stuttgart itu lebih dahulu terperangkap offside. Walhasil, skor tak berubah untuk keunggulan Belanda 3-0.

Kedua tim sebetulnya mampu menciptakan peluang di sisa waktu babak kedua. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan wasit, tak ada yang berhasil menciptakan gol. Laga antara  Belanda melawan Makedonia pun berakhir dengan skor 3-0.

Dengan demikian, Belanda lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 sebagai juara Grup C. Poin mereka sempurna, sembilan, dari tiga kemenangan tanpa pernah kalah. Sepanjang penyisihan, Belanda mampu mencetak delapan gol dan cuma kebobolan dua kali.

Baca Juga: [BREAKING] Austria Dampingi Belanda ke Fase Gugur Piala Eropa 2020

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya