Bulan Ramadan, Chelsea akan Gelar Buka Bersama di Stamford Bridge 

Chelsea undang fans hingga komunitas muslim London

Jakarta, IDN Times - Chelsea dipastikan bakal menggelar buka bersama di Stadion Stamford Bridge pada bulan Suci Ramadan 1444 H. Rencananya, mereka bakal mengundang komunitas muslim, jemaah masjid di London, fans muslim Chelsea, hingga anak-anak sekolah pada Minggu, 26 Maret 2023.

“Chelsea Foundation akan menyelenggarakan buka bersama di sisi lapangan Stamford Bridge. Ini akan menjadi yang pertama, klub Premier League menggelar acara seperti itu di bulan Ramadan,” tulis pernyataan resmi klub.

1. Chelsea gelar buka bersama untuk mendukung umat muslim beribadah

Bulan Ramadan, Chelsea akan Gelar Buka Bersama di Stamford Bridge Instagram/fabriziorom

Buka bersama disebut Chelsea, sebagai kegiatan besar di Inggris saat meemasuki bulan Ramadan. Alhasil, mereka berinisiatif menggelar kegiatan itu demi mendukung umat Islam medapatkan ruang, bisa bersilaturahmi, hingga menjalani ibadah dengan khusyuk selama bulan tersebut.

“Buka bersama akan diselenggarakan bekerja sama dengan Ramadan Tent Project, sebuah badan amal yang banyak meraih penghargaan dan didirikan pada tahun 2013. Misi mereka adalah menyatukan komunitas dan mengembangkan pemahaman tentang Ramadan itu sendiri,” bunyi rilis Chelsea.

Baca Juga: 4 Pemain Sepak Bola Ini Tetap Berpuasa Ramadan Meski Harus Bertanding

2. Chelsea ingin menunjukkan toleransi

Bulan Ramadan, Chelsea akan Gelar Buka Bersama di Stamford Bridge potret Stamford Bridge (twitter.com/ChelseaFC)

Kepala Chelsea Foundation, Simon Taylor, semringah klub sepak bola Premier League bisa menggelar acara buka bersama. Selain mengamalkan nilai toleransi di lapangan, The Blues ingin menunjukkan jika komuntias Muslim juga merupakan bagia penting yang selalu diperhatikan klub.

"Ramadan dan komunitas Muslim merupakan bagian penting untuk kami. Ini merupakan aspek yang bagus untuk mempromosikan toleransi beragama dan saya berharap bisa menyambut semua orang pada Minggu 26 Maret,” ujar Simon.

3. Gandeng Ramadan Tent Project untuk gelar buka bersama

Bulan Ramadan, Chelsea akan Gelar Buka Bersama di Stamford Bridge potret Stamford Bridge (twitter.com/ChelseaFC)

Sementara, Ramadan Tent Project yang digandeng Chelsea untuk menggelar acara buka bersama, sudah terbiasa menggelar acara serupa dalam satu dekade terakhir. Mereka bahkan acap mengadakan Festival Ramadan yang diisi pagelaran seni, budaya, dan kreativitas setiap memasuki bulan suci.

Tak hanya itu, dalam rangkaiannya juga mereka biasanya menyelipkan acara buka bersama. Hal itu dilakukan untuk bisa mengumpulkan komunitas muslim yang ada di London.

“Selama satu dekade terakhir, Ramadan Tent Project telah menghubungkan dan mengumpulkan lebih dari setengah juta orang dari semua latar belakang melalui Festival Ramadan tahunan dan buka bersama setiap tahun,” beber CEO Ramadan Tent Project, Omar Salha. 

Baca Juga: 10 Potret Para Pemain Sepak Bola Muslim Menyambut Ramadan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya