Chelsea Hajar Everton, Thomas Tuchel Pecahkan Rekor Anyar

Thomas Tuchel tak pernah rasakan kekalahan bersama The Blues

Jakarta, IDN Times - Kedatangan Thomas Tuchel benar-benar mengubah Chelsea. Ia berhasil membuat rekor anyar untuk tim asal London yang dibesutnya itu.

Catatan itu terjadi saat The Blues mentas dalam laga lanjutan Liga Inggris pada Selasa (9//3/2021) dini hari WIB. Tampil di Stamford Bridge, London, mereka mampu meraih kemenangan 2-0 atas Everton .

Dua gol kemenangan Chelsea lahir melalui gol bunuh diri pemain Everton Ben Godfrey dan satu gol melalui titik putih yang dieksekushi Jorginho. 

Baca Juga: Secara Dramatis, Chelsea Akhirnya Tumbangkan Everton 2-0

1. Thomas Tuchel bawa timnya clean sheet di lima laga kandang

Chelsea Hajar Everton, Thomas Tuchel Pecahkan Rekor AnyarTwitter.com/angelomangiante

Hasil ini benar-benar menunjukkan bagaimana Tuchel effect. Sejak kedatangannya ke Chelsea, banyak tim-tim Liga Inggris kesulitan meraih kemenangan. Padahal, saat dipegang Frank Lampard, klub tersebut tampil inkonsisten dan acap kali kalah.

Dikutip Opta, Thomas Tuchel mencatatkan diri sebagai manajer pertama di Liga Inggris yang berhasil memimpin timnya nirbobol saat berlaga di kandangnya dalam lima laga pertamanya. Rekor itu tak pernah diraih manajer manapun sepanjang kompetisi kasta tertinggi Inggris ini berlangsung.

Catatan itu masih punya kans terus bertambah. Maklum, masih banyak laga yang bisa dilalui pelatih asal Jerman itu bersama Chelsea.

2. Beri peran anyar Kay Harvertz di laga melawan Everton

Chelsea Hajar Everton, Thomas Tuchel Pecahkan Rekor Anyaracefootball.com

Penampilan mengilap Chelsea pada 2021 ini tak lepas dari peran Thomas Tuchel yang melakukan perubahan di tiap laga. Teranyar, Kay Harvertz disulap jadi penyerang dengan peran false nine. Hal itu ternyata memberikan dimensi baru bagi pasukannya di atas lapangan.

Pada laga ini dominasi Chelsea begitu kentara. Mereka mampu menguasai bola sebanyak 65 persen. Tercatat ada 19 tembakan yang dilakukan para penggawa Chelsea ini, sembilan di antaranya berhasil mengarah ke gawang.

Ia mampu menjadi sentral dalam melakukan serangan Chelsea bersama Timo Werner dan Callum Hudson-Odoi. Ketiganya berhasil membuat lini belakang The Toffees kocar-kacir.

Gol bunuh diri yang dibuat Ben adalah bukti bagaimana peran Harvertz di lapangan. Sepakannya ke arah gawang dibelokkan Ben sehingga bola meluncur deras ke gawang Jordan Pickford.

Baca Juga: Termasuk Didier Drogba, Ini 5 Legenda Terbaik Chelsea Sepanjang Masa

3. Chelsea bertengger di posisi empat klasemen Liga Inggris

Chelsea Hajar Everton, Thomas Tuchel Pecahkan Rekor AnyarPesepak bola Chelsea Mason Mount (kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya Reece James seteah berhasil mencetak gol ke gawang Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (4/3/2021). Chelsea berhasil mengalahkan Liverpool 1-0 lewat gol yang dicetak Mason Mount pada menit ke-42. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-/Phil Noble

Manajer berusia 47 tahun itu mampu membawa Chelsea meraih sembilan kemenangan dan tiga hasil imbang di 11 laga yang sudah dijalani di semua ajang. Semua hasil imbang itu diraih saat mereka tampil di Liga Inggris.

Tuchel berpotensi meraih rekor baru di Liga Inggris. Ia bisa jadi pelatih anyar yang berhasil melewati laga-laga awal sejak kedatangannya nirkalah. Sejauh ini ia baru membawa Chelsea melewati sembilan laga tanpa kekalahan di Liga Inggris, kalah dari Mauriz Sarri (Chelsea) dengan rekor 12 pertandingan beruntun tiga musim lalu, dan Frank Clark (Nottingham Forest) 11 laga beruntun di Liga Inggris edisi 1994/95.

Kini, Thomas Tuchel mampu membawa Chelsea berada di posisi keempat klasemen sementara Liga Inggris dengan raihan 50 poin. Mereka terpaut tiga angka dari Leicester City (ke-3), empat angka dari Manchester United (ke-2), dan 15 angka dari Manchester City (ke-1).

Baca Juga: 5 Pemain Berdarah Inggris yang Berada di Skuad Chelsea Musim Ini

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya