Chelsea Mau Cuci Gudang, Siap Lepas 14 Pemain

Chelsea habiskan Rp9,9 triliun di bursa transfer

Jakarta, IDN Times - Chelsea berencana cuci gudang untuk melakukan perubahan besar. Mereka konon siap melepas 14 pemainnya.

Dilansir The Telegraph, manajemen The Blues sudah mempertimbangkan untuk menjual sebagian skuadnya saat ini. Mereka akan melepas pemain yang bakal habis masa baktinya pada bursa musim panas 2023 dan yang kontraknya tersisa pada 2024-2025. 

Namun, untuk pemain yang menyisakan kontrak satu hingga dua tahun lagi, diberi opsi untuk memperpanjang kontrak di Chelsea dua musim. Jika tak mau, mereka dipastikan bakal tersingkir di Stamford Bridge.

1. Daftar 14 pemain yang masuk list penjualan Chelsea

Chelsea Mau Cuci Gudang, Siap Lepas 14 Pemainselebrasi Kai Havertz (twitter.com/kaihavertz29)

Adapun 14 pemain yang sudah masuk list penjualan Chelsea adalah Cesar Azpilicueta, N'Golo Kante, Kai Havertz, Christian Pulisic, Thiago Silva, Kepa Arrizabalaga, Edouard Mendy, Mason Mount, Mateo Kovacic, Ben Chilwell, Conor Gallagher, Hakim Ziyech, Ruben Loftus-Cheek, hingga Pierre Emerick-Aubameyang.

Setelah ditelisik, nama-nama seperti Havertz, Kepa, Mendy, dan Ziyech menang akan habis kontrak pada 2025. Namun, mereka diyakini tak akan dilepas secara beramaan. Klub menunggu penawaran yang baik untuk bisa melepas mereka.

Baca Juga: Akhirnya, Chelsea Menang Juga!

2. Todd Boehley sudah mengeluarkan Rp9,9 triliun untuk datangkan pemain baru Chelsea

Chelsea Mau Cuci Gudang, Siap Lepas 14 PemainTodd Boehly menyaksikan pertandingan Chelsea. (skysports.com)

Sejak kepemilikan diambil alih Todd Boehly, Chelsea memang gila-gilaan dalam aktivitas belanja pemain di musim 2022/23. Jika digabungkan di masa musim panas dan musim dingin, dana yang dihabiskan untuk mendatangkan pemain mencapai angka 611,6 juta poundsterling (setara Rp9,9 triliun).

Di bursa transfer musim panas 2022, Chelsea mendaratkan tujuh pemain. Mereka adalah Wesley Fofana, Marc Cucurella, Kalidou Koulibaly, Carney Chukwuemeka, Denis Zakaria, Pierre-Emerick Aubameyang, hingga Raheem Sterling.

Total, biaya sekitar 272,9 juta euro (setara Rp4,4 triliun) dikeluarkan Chelsea di musim panas ini. Nyatanya, hal itu belum cukup bagi mereka.

3. Mykhaylo Mudryk dan Enzo Fernandez jadi pemain yang ditebus mahal Chelsea

Chelsea Mau Cuci Gudang, Siap Lepas 14 Pemainpotret Enzo Fernandez (twitter.com/enzo13fernandez)

Berlanjut ke bursa transfer musim dingin (Januari 2023), Chelsea belum berhenti. Malah, jumlah pemain yang mereka datangkan kali ini lebih banyak, yakni sembilan pemain. Siapa saja mereka?

Ada Joao Felix, Gabriel Slonina, David Fofana, Andrey Santos, Malo Gusto, Noni Madueke, Benoit Badiashile, Mykhaylo Mudryk, dan Enzo Fernandez, yang didaratkan Chelsea. Kocek dalam kembali harus dirogoh mereka.

Fernandez jadi yang termahal didaratkan Chelsea, dengan mahar kurang lebih 121 juta euro. Diikuti Mudryk dengan 70 juta euro dan Badiashile dengan 38 juta euro. Total, 338,5 juta euro dikeluarkan Chelsea di musim dingin ini.

Baca Juga: Mourinho atau Tuchel Pulang ke Chelsea Demi Gantikan Potter?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya