Cristiano Ronaldo Pecahkan 5 Rekor di Piala Dunia 2022

Ronaldo jadi pencetak gol tertua dan termuda di Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Siapa bilang Cristiano Ronaldo sudah habis. Dia ternyata masih menunjukkan sebagai salah satu pemain paling fenomenal di ranah bal-balan. Buktinya, pemain berusia 37 tahun ini bisa memecahkan beberapa rekor baru di Piala Dunia 2022.

Tampil bersama Portugal, dia mampu mempersembahkan satu dari tiga gol yang membawa timnya mengalahkan Ghana. Dalam laga itu, skuad Selecao das Quinas menang 3-2 dalam duel Grup H Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Kamis (24/11/2022).

Ronaldo bahkan membuat lima rekor usai pertandingan rampung. Apa saja? Simak pembahasan IDN Times.

1. Pemain pertama yang tampil di lima edisi Piala Dunia

Cristiano Ronaldo Pecahkan 5 Rekor di Piala Dunia 2022Selebrasi Cristiano Ronaldo saat mencetak gol ke gawang Ghana, Rabu (24/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup).

Ronaldo menjadi pesepak bola pertama yang bisa mencetak gol di lima edisi Piala Dunia. Dia sebelumnya selalu mencetak gol di Piala Dunia 2006, edisi 2010, 2014, 2018.  

Sebelumnya, Ronaldo mampu menyamai rekor yang sempat dipegang Miroslav Klose (Jerman), Pele (Brasil), Uwe Seeler (Jerman), dan teranyar Lionel Messi (Argentina), yang selalu mencatatkan namanya di papan skor dalam empat edisi Piala Dunia.

Teranyar, Ronaldo mencetak satu gol di Piala Dunia 2022. Jumlah itu kemungkinan bisa bertambah mengingat Potugal masih bermain di ajang empat tahunan ini di Qatar.

2. Ronaldo jadi pemain pertama yang tampil di lima edisi Piala Dunia

Cristiano Ronaldo Pecahkan 5 Rekor di Piala Dunia 2022Cristiano Ronaldo mencium bola ketika hendak mengeksekusi penalti. (Twitter/@FIFAWorldCup).

Rekor tersebut otomoatis diikuti juga dengan catatan rekor penampilannya. Dia kini sudah mencatakan diri sebagai pemain kelima yang bisa tampil di lima edisi Piala Dunia, mengikuti jejak pesaingnya Messi, Rafael Mrquez, Lothar Mattheus, dan Antonio Carbajal.

Ronaldo tak pernah absen dalam lima edisi Piala Dunia secara beruntun, yakni dari edisi 2006, 2010, 2014, 2018, hingga 2022.

3. Ronaldo raih gelar man of the match pertama di Piala Dunia

Cristiano Ronaldo Pecahkan 5 Rekor di Piala Dunia 2022twitter.com/selecaoportugal

Ronaldo juga membuat rekor baru jadi pemain dengan pengoleksi man of the match terbanyak di Piala Dunia. Termasuk dalam laga melawan Ghana di Piala Dunia 2022, CR7 kini sudah mencatatkan tujuh kali gelar pemain terbaik dalam satu pertandingan.

Sebelumnya, dia sudah mengoleksi enam gelar man of the match, bersanding dengan Messi hingga Arjen Roben.

Baca Juga: Ronaldo Pecahkan Rekor, Cetak Gol di 5 Edisi Piala Dunia

4. Jadi pemain tertua kedua yang tampil di Piala Dunia setelah Rober Milla

Cristiano Ronaldo Pecahkan 5 Rekor di Piala Dunia 2022potret Cristiano Ronaldo berseragam timnas Portugal (instagram.com/cristiano)

Dengan banyaknya penampilan di Piala Dunia, Ronaldo tentu menjadi salah satu pemain tertau di ajang serupa edisi kali ini. Dia jadi pemain tertua kedua yang mentas di ajang empat tahunan itu, yakni saat berusia 37 tahun 151 hari.

Rekor itu masih belum bisa melewati catatan Roger Milla yang tampil di ajang Piala Dunia 2022 bersama Kamerun saat berusia 42 tahun 39 hari.

5. Ronaldo pencetak gol termuda dan tertua Portugal di Piala Dunia

Cristiano Ronaldo Pecahkan 5 Rekor di Piala Dunia 2022Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali (twitter.com/Cristiano)

Ada hal unik yang menjadi catatan Ronaldo di Piala Dunia. Dia tercatat, pernah menjadi pencetak gol termuda di Piala Dunia 2006, yakni saat timnya bersua Iran. Saat itu usianya masih 21 tahun 132 hari.

Catatan tersebut bertambah unik karena Ronaldo mencetak gol ke gawang Ghana pada Piala Dunia 2022. Dia jadi pencetak gol tertua Portugal karena melakukannya saat berusia 37 tahun 295 hari.

Itu membuat Ronaldo jadi satu-satunya pemain termuda yang jadi pencetak gol Portugal, sekaligus tertua juga di Piala Dunia.

Baca Juga: Momen Ronaldo Tahan Tangis Saat Tampil di Piala Dunia Kelimanya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya