Daftar Atlet yang Sejauh Ini Positif Terjangkit Virus Corona

Di luar 9 nama itu, ada nama lain disebut positif corona

Jakarta, IDN Times - Wabah virus corona yang semula merebak di Wuhan, Tiongkok, meluas hingga ke pelbagai penjuru dunia, termasuk Eropa. Bahkan, pandemik tersebut sudah mengganggu berjalannya beberapa acara olahraga, termasuk kompetisi sepak bola di negara-negara Eropa mulai dari Serie A sampai LaLiga yang harus ditangguhkan sementara.

Teranyar, virus corona atau COVID-19 ‫perlahan menginfeksi atlet-atlet profesional mulai dari pemain basket NBA sampai pemain sepak bola dari kompetisi top Eropa.

Sejauh ini, ada sembilan pemain yang dinyatakan positif.

1. Pemain Serie A Daniele Rugani sampai Manolo Gabbiadini positif terjangkit virus corona, Paulo Dybala pun dikabarkan juga terkena

Daftar Atlet yang Sejauh Ini Positif Terjangkit Virus Coronamundoalbiceleste.com

Penyerang klub Serie C US Pianese, King Udoh jadi pesepak bola profesional pertama yang dinyatakan terinfeksi virus corona. Entah dari mana awalnya, pemain dengan paspor Italia berdarah Nigeria itu akhirnya positif usai melalui beberapa pemeriksaan.

Selanjutnya, pemain Juventus Daniele Rugani juga dinyatakan terjangkit virus corona pada Kamis (12/3 dini hari WIB). Usai Rugani, satu demi satu pemain dilaporkan terjangkit juga, seperti pemain Sampdoria, Manolo Gabbiadini.

Nama pemain Juventus lainnya, yakni Paulo Dybala dikabarkan juga tertular virus tersebut. Dikutip dari El Nacional, pemain asal Argentina itu sedang diisolasi untuk memulihkan diri dan mencegah penyebaran virus corona, namun Juventus belum keluarkan pernyataan resmi terkait La Jogya.

Baca Juga: Arteta Positif Virus Corona, Skuat Arsenal Dikarantina!

2. Pemain sampai pelatih di Premier League

Daftar Atlet yang Sejauh Ini Positif Terjangkit Virus CoronaSky Sports.com

Premier League pun perlahan mulai merasakan dampak dari pandemik ini. Pemain muda Chelsea, Callum Hudson-Odoi dinyatakan positif terjangkit virus corona pada Jumat (13/3). Pihak klub yang memberikan konfirmasi terkait kebenaran kabar itu usai sang pemain mengalami gejala flu.

Yang paling baru, pelatih kepala Arsenal Mikel Arteta juga terjangkit virus corona. Melalui situs resminya, klub berjuluk Meriam London itu mengumumkan kondisi sang manajer. Padahal, beberapa saat sebelumnya FA Inggris memastikan laga di Premier League tetap berjalan normal pekan ini.

Terkait dua kejadian itu, baik Chelsea atau Arsenal juga mengarantina pemain-pemain yang melakukan kontak langsung dengan keduanya. Bahkan, skuat Arsenal langsung menutup pusat latihan di London Colney.

Sebetulnya, tiga pemain Leicester City juga harus diisolasi lantaran menunjukkan gejala terinfeksi virus corona (COVID-19). Hal itu diungkapkan langsung oleh sang pelatih Brendan Rodgers pada Kamis (12/3).

Hanya saja, pelatih berusia 47 tahun tak mau menyebutkan nama pemain tersebut. Dan, belum ada keterangan resmi jika ketiganya positif terjangkit virus corona.

3. Pemain Hannover 96 Timo Hubbers terjangkit virus corona

Daftar Atlet yang Sejauh Ini Positif Terjangkit Virus CoronaPemain Hannover 96, Timo Hubbers. standard.co.uk

Satu pemain klub divisi dua Bundesliga, Timo Hubers (Hannover 96) juga merasakan hal serupa. Timo diduga tertular virus corona saat mendatangi sebuah acara di Hildesheim pada Sabtu (7/3) malam.

Pemain berposisi sebagai bek itu untungnya tak melakukan kontak langsung dengan rekan setimnya di Hannover 96, sehingga risiko penularan ke pemain lain tak ada.

Namun demikian, Hannover 96 tetap mengarantina seluruh elemen tim, baik itu pemain, pelatih, sampai staf. Mereka selanjutnya akan menjalankan tes sesuai dengan prosedur WHO untuk penanganan pasien virus corona.

"Timo begitu kooperatif dan dia belum menunjukkan gejala apa pun sampai sekarang ini. Saat dirinya tahu ada seseorang yang bersamanya di sebuah acara setelah dites ternyata positif terinfeksi virus corona, dia langsung ke dokter dan menjalani karantina di rumah," kata Direktur Olahraga Hannover 96, Gerhard Zuber dalam situs resmi klub.

4. Dua pemain Utah Jazz dan tim basket Real Madrid juga terinfeksi virus corona

Daftar Atlet yang Sejauh Ini Positif Terjangkit Virus CoronaGuard All-Star NBA dari Utah Jazz, Donovan Mitchell. Twitter/@bleacherreport

Setelah Rudy Gobert positif terjangkit virus corona, kini koleganya di Utah Jazz, Donovan Mitchell juga terjangkit virus serupa. Nama terakhir itu disebut tertular dari Gobert, rekan setimnya di Jazz karena pemain asal Prancis itu sering menyentuh barang-barang milik rekan setimnya.

Kedua pemain yang tampil bersama tim All-Star NBA musim ini akhirnya harus diisolasi juga sesuai prosedur yang berlaku, termasuk timnya Utah Jazz. Atas hal ini sendiri, NBA sudah resmi menangguhkan sementara waktu liga di musim 2019/2020.

Selain itu, satu pemain basket Real Madrid, Trey Thompkins (Liga ACB) pun dinyatakan positif terjangkit virus corona. Sehingga, klub sepak bola Real Madrid pun segera mengarantina pemain-pemainnya karena sama-sama berlatih di pusat latihan yang sama di Valdebebas, Madrid.

Guna mengurangi risiko yang terjadi, Liga Spanyol pun akhirnya ditangguhkan sementara. FA Spanyol memutuskan untuk menangguhkan kompetisi selama dua minggu ke depan. Terlebih, sejumlah organisasi, termasuk serikat pemain, AFE, ingin kompetisi dihentikan sementara.

Jumlah atlet yang terkena virus corona diprediksi akan terus bertambah karena banyak yang melakukan kontak dengan atlet-atlet yang sudah lebih dulu dinyatakan positif.

Baca Juga: [BREAKING] Pemain All-Star NBA Positif Terjangkit Virus Corona

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya