Comscore Tracker

Daftar Lengkap Pemenang FIFA Awards 2021, Chelsea Dominan

Lewandoski raih gelar Pemain Terbaik FIFA dua tahun beruntun

Jakarta, IDN Times - Penyerang Bayern Muncih, Robert Lewandowski lagi-lagi berhasil membawa pulang penghargaan Best FIFA Men's Player of The Year atau Pemain Terbaik FIFA 2021. Ini merupakan gelar kedua beruntun, setelah tahun lalu pemain Polandia juga meraihnya.

Keberhasilan Lewandowski itu diumumkan dalam acara seremoni FIFA Awards 2021 yang dihelat di Zurich, Swiss, pada Selasa (18/1/2022) dini hari WIB. Ia mampu mengalahkan Lionel Messi (Paris Saint-Germain) dan Mohamed Salah (Liverpool) dalam perburuan gelar individu tersebut tahun ini.

Dengan mengoleksi dua gelar individu bergengsi ini, kini Lewandowski sejajar dengan bintang Brasil, Ronaldinho dan Cristiano Ronaldo, karena berhasil menyamai catatan meraih gelar serupa sebanyak dua kali.

Baca Juga: 5 Pemain Polandia yang Pernah Juara UCL, Tak Hanya Lewandowski

1. Lewandowski mencetak 69 gol sepanjang 2021

Istilah “tua-tua keladi” nampaknya layak disematkan kepada pemain berusia 33 tahun itu. Bagaimana tidak, konsistensinya terus terjaga dalam beberapa tahun terakhir, terutama dalam urusan mencetak gol. Untuk 2021 saja, Lewandowski mampu mencatatkan 69 gol di berbagai ajang. Sebanyak 43 gol diraih di Bundesliga.

Dikutip Opta, ini jadi torehan keenam secara beruntun Lewandowski dengan mampu mencetak 40 gol atau lebih selama satu tahun. Lima tahun sebelumnya, pemain yang sempat membela Borussia Dortmund ini juga mampu melakukan catatan serupa. Hal itu membuktikan jika dia masih jadi penyerang paling mematikan di dunia. 

Selain gol, ia juga mampu mempersembahkan beberapa gelar untuk Bayern. Selain memboyong trofi Piala Dunia antarklub FIFA pada Februari 2021, ia juga membawa Die Roten meraih gelar juara Bundesliga pada tahun yang sama.

Baca Juga: Kabar Pemain yang Direkrut Bayern Munchen Bareng Robert Lewandowski

2. Pecahkan rekor gol milik Gerd Muller

Daftar Lengkap Pemenang FIFA Awards 2021, Chelsea Dominanfcbayern.com

Musim lalu, Lewandowski juga mampu memecahkan rekor gol di Bundesliga yang sudah lama ditorehkan legenda, Gerd Muller yang mampu mencetak 40 gol hanya alam 34 pertandingan saja. Lewandowski berhasil membuat 41 gol hanya dalam 41 laga saja.

“Terima kasih. Saya merasa terhormat bisa kembali memenangkan penghargaan pemain terbaik ini. Saya bangga sekali. Saya rasa, ini juga merupakan penghargaan unutk rekan dan pelatih saya di tim. Kami semua berjuang memenangkan pertandingan di lapangan. Sangat istimewa bisa bekerja dengan mereka,” ujar Lewandowski.

3. Ronaldo mendapat penghargaan The Best FIFA Special Award

Daftar Lengkap Pemenang FIFA Awards 2021, Chelsea Dominanbleacherreport.com

Selain Lewandowski, Cristiano Ronaldo juga mampu meraih penghargaan FIFA. Ia mendapatkan gelar The Best FIFA Special Award, karena mampu membuat rekor gol baru di level internasional bersama negaranya Portugal. Ia  sampai saat ini berhasil mengoleksi 115 gol dari 184 aksinya.

Selain itu, kiper Chelsea yang juga merupakan pemain Timnas Senegal, Eduoard Mendy didapuk sebagai kiper terbaik dunia pada 2021. Ia mampu menyingkirkan kiper Italia, Gianluigi Donnarumma, dan kiper Jerman, plus Bayern Munich, Manuel Neuer.

Untuk kategori pelatih terbaik, Manajer Chelsea, Thomas Tuchel mampu meraih penghragaan tersebut. Hal itu tak lepas dari prestasinya mengembalikan performa The Blues yang tak stabil hingga bisa meraih gelar juara Liga Champions 2020/21. 

Sementara, The Best FIFA Women Player of The Year atau pemain terbaik wanita FIFA diraih oleh pemain Barcelona, Alexia Putellas. Gelar ini adalah yang kedua diraihnya tahun ini setelah sebelumnya mampu meraih Ballon d'Or Wanita.

4. Daftar lengkap peraih penghargaan di FIFA Award 2021

Daftar Lengkap Pemenang FIFA Awards 2021, Chelsea DominanEriksen mulai bisa berbicara usai ambruk di tengah pertandingan Denmark vs Finlandia. (beinsports.com).

Berikut adalah daftar lengkap pemenang FIFA Awards 2021:

Pemain Terbaik: Robert Lewandowski (Bayern Munich, Polandia) 

Kiper Terbaik: Edouard Mendy (Chelsea, Senegal) 

Pelatih Terbaik: Thomas Tuchel (Chelsea) 

Special Award: Cristiano Ronaldo (Portugal)

Pemain Wanita Terbaik: Alexia Putellas (Barcelona, Spanyol) 

Kiper Wanita Terbaik: Christiane Endler (PSG, Chile) 

Pelatih WanitaTerbaik: Emma Hayes (Chelsea) 

Puskas Award (gol terbaik): Erik Lamela (Tottenham Hotspur)

FIFA Fan Awards: Suporter timnas Denmark dan Finlandia 

Fair Play Award: Skuad dan tim medis timnas Denmark 

Baca Juga: Nilai Pasar Top 5 Men's Ballon d'Or 2021, Lionel Messi Termahal!

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya