Debut Sempurna Elkan Baggott di Liga Inggris

Baggott bermain 90 menit dan catatkan clean sheet, lho!

Jakarta, IDN Times - Bek muda asal Indonesia, Elkan Baggott, diberikan kesempatan debut bersama tim senior Ipswich Town pada ajang EFL Trophy yang dihelat Rabu (7/10/2020) dini hari tadi. Berlaga di fase grup EFL Trophy, Baggott yang merupakan blasteran Indonesia-Inggris itu sukses catatkan penampilan manis dan bermain penuh selama 90 menit.

1. Clean sheet di laga debut bersama Ipswich Town

Debut Sempurna Elkan Baggott di Liga InggrisElkan Baggott jalani debut bersama Ipswich Town. Twitter/@ipswichtown

Selama ini sendiri, Elkan Baggott adalah penggawa tim junior Ipswich. Namun, kesempatan debut akhirnya muncul bagi Baggott ketika Paul Lambert menurunkannya di ajang EFL Trophy.

EFL Trophy sendiri sejatinya bukan ajang yang prestisius di kancah sepak bola Liga Inggris, namun bagi klub peserta League One dan League Two, kompetisi ini cukup mentereng untuk diikuti. Selain diikuti tim kasta ketiga dan keempat Liga Inggris, EFL Trophy juga diramaikan tim U-21 dari klub Premier League dan Championship.

Baggott sendiri menjalani debutnya di EFL Trophy dengan mulus. Turun sejak menit awal, bek bernomor punggung 46 itu berduet dengan pemain Inggris, Luke Woolfenden, di jantung pertahanan timnya. Hebatnya lagi, Ipswich dan Baggott catatkan clean sheet dan sukses menang 2-0 atas Gillingham.

Baca Juga: Elkan Baggot, Pemuda Inggris yang Dipanggil ke Timnas U-19

2. Dapat pujian khusus dari sang manajer

Debut Sempurna Elkan Baggott di Liga InggrisInstagram/@elkanbaggott

Penampilan Baggott dan kolega di laga dini hari tadi memang mencuri perhatian. Menurunkan mayoritas pemain muda di ajang EFL Trophy, manajer Ipswich, Paul Lambert, menyebutkan bahwa ia puas dengan apa yang ditunjukkan para pemain mudanya.

"Mereka (pemain muda) bermain fantastis. Mereka bermain seperti yang kami instruksikan. Mereka sangat luar biasa, saya bangga dengan penampilan ini," ujar Lambert dikutip dari situs resmi klub.

Di laga tersebut, Lambert memang menurunkan banyak pemain muda dari tim junior. Selain Baggott (17 tahun) dan Woolfenden (21 tahun) di pos bek tengah, ada nama Corrie Ndaba (20 tahun) di pos bek kanan. Selain itu, dua pencetak gol di laga lawan Gillingham juga merupakan pemain muda yakni Armando Dobra (19 tahun) dan Ben Folami (21 tahun).

3. Elkan Baggott dikabarkan akan bergabung ke TC Timnas U-19 di Turki pada bulan ini

Debut Sempurna Elkan Baggott di Liga InggrisBek muda Ipswich Town, Elkan Baggott. Twitter/@baggottelkan

Elkan Baggott sendiri sejatinya sudah pernah bergabung bersama Timnas Indonesia U-19 pada pemusatan latihan di Jakarta beberapa waktu lalu. Namun ketika akan melakukan TC dan uji coba di Kroasia, nama Baggott tak disertakan Shin Tae-yong karena Ipswich Town membutuhkan jasa sang pemain muda.

Kini, Baggott dipersiapkan untuk bergabung bersama Garuda Muda di TC di Turki selama bulan Oktober ini. Baggott sendiri adalah pemain muda dengan rekam jejak unik. Lahir dari ayah asli Inggris dan ibu warga Indonesia, Baggott punya paspor Thailand karena ia lahir di sana.

Baggott lantas pindah ke Indonesia dan sempat tinggal di Bintaro, Tangerang Selatan, sebelum akhirnya pindah secara permanen ke Inggris sejak 2011 atau sekitar 9 tahun lalu. Walau punya 3 paspor dan bisa memperkuat 3 timnas, bek setinggi 194 sentimeter itu mengutarakan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia, negeri kelahiran sang ibu.

Baca Juga: Lahir di Thailand, Besar di Inggris, Bagaimana Paspor Elkan Baggott?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya