Efek Pratama Arhan, Tokyo Verdy Jadi Klub Populer Kedua di Jepang

Jumlah Followers Tokyo Verdy hanya kalah oleh Vissel Kobe

Jakarta, IDN Times - Nama klub asal Jepang, Tokyo Verdy semakin populer di jagat maya. Hal itu terjadi usai pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan, diumumkan sebagai rekrutan terbaru klub kasta kedua kompetisi asal Negeri Matahari Terbit itu.

Sejak diresmikan jadi penggawa anyar klub itu pada Rabu (17/2/2022), jumlah followers Instagram Tokyo Verdy kian melonjak. Padahal, sebelum mengumumkan nama Arhan, jumlah followers @tokyo_verdy kurang dari 30 ribu saja.

1. Jumlah followers Tokyo Verdy meroket hanya selang 24 jam

Baru 24 jam sejak diumumkan, kini Tokyo Verdy jadi klub Jepang paling populer kedua di Instagram setelah Vissel Kobe, yakni klub yang saat ini dibela legenda sepak bola Spanyol, Andreas Iniesta.

Tokyo Verdy kini memiliki jumlah followers 244 ribu di Instagram. Jumlah tersebut hanya kalah tipis dari pengikut Vissel Kobe yang mencapai 279 ribu. Mereka pun nampaknya punya kans besar menyusul Kobe mengingat perekrutan Arhan yang masih viral.

Baca Juga: Mengenal Tokyo Verdy, Klub Baru Pratama Arhan

2. Pengikutnya lebih besar dari Kashima Antlers dan Kawasaki Frontale

Efek Pratama Arhan, Tokyo Verdy Jadi Klub Populer Kedua di JepangTokyo Verdy, klub baru Pratama Arhan (instagram.com/tokyo_verdy)

Klub baru Arhan ini bahkan kini sudah mengungguli jumlah followes Instagram klub papan atas Jepang lainnya, seperti Kashima Antlers dan Kawasaki Frontale. Keduanya memiliki jumlah followers masing-masing 155 ribu dan 159 ribu saja.

Bertambahnya jumlah followers di Instagram Tokyo Verdy ternyata banyak didominasi oleh orang-orang Indonesia. Hal itu terlihat dari nama-nama akun hingga rata-rata komentar yang dilontarkan di salah satu unggahan yang mengumumkan soal perekrutan Arhan.

3. Punya sejarah panjang di sepak bola Jepang

Efek Pratama Arhan, Tokyo Verdy Jadi Klub Populer Kedua di JepangTokyo Verdy, klub baru Pratama Arhan (instagram.com/tokyo_verdy)

Walau berada di kasta kedua atau J2 League, Tokyo Verdy sebetulnya merupakan klub dengan sejarah panjang di sepak bola Jepang. Klub yang didirikan pada 1969 ini sempat berjaya di kompetisi kasta tertinggi Jepang dari era 80 sampai 90-an, saat masih bernama Yomiuri FC.

Selepas itu, Yomiuri melempem. Mereka tidak pernah lagi meraih prestasi apik. Sempat berganti nama jadi Verdy Kawasaki, akhirnya Verdy berganti nama jadi Tokyo Verdy, setelah klub ini pindah ke Tokyo. Sayang, prestasi klub ini belum terlalu apik.

Meski sekarang Verdy minim prestasi, dan masih bertarung di J-League 2, setidaknya tempat ini pas bagi Arhan untuk memulai karier. Dia bisa belajar mengenal atmosfer sepak bola Jepang yang dikenal disiplin dan detail.

Baca Juga: Gara-Gara Cuitan Jurnalis, Pratama Arhan Diincar Lazio

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya