EKSKLUSIF: Maitimo dan "Cinta"-nya untuk Persib serta Immanuel Wanggai

Sering berganti klub, Maitimo ada kesan lebih dengan Persib

Jakarta, IDN Times - Raphael Guillermo Eduardo Maitimo dikenal sebagai pemain yang acap kali gonta-ganti klub. Pemain sepak bola naturalisasi Indonesia berdarah Minangkabau-Belanda itu sudah sebanyak 10 kali merasakan ganti tim selama hampir satu dekade tampil di kompetisi Tanah Air itu, sudah berseragam 10 klub berbeda.

Tak jarang dirinya dicap sebagai pemain "kutu loncat" oleh publik. Tapi, Maitimo punya alasan sendiri. Dia menganggap hal itu lumrah terjadi di sepak bola profesional. Menurut dia, setiap tim punya pertimbangan untuk bisa menggunakan pemain apa pun tergantung selera pelatih, jika dirinya sudah tak dibutuhkan buat apa lagi bertahan.

Maitimo memang tak sembarangan bicara. Dia selalu menunjukkan performa terbaiknya ketika dalam kondisi prima. Terlebih, kemampuannya tampil di beberapa posisi, seperti bek sayap, gelandang bertahan/serang, sampai penyerang lubang bisa membuat klub mendapatkan nilai lain dari seorang Maitimo.

Kini, pemain yang lahir di Rotterdam, Belanda, 17 Maret 1984 sedang memperkuat Persita di Liga 1 2020. Tapi dirinya belum bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya lantaran kompetisi domestik sedang ditangguhkan usai tiga pekan berlangsung, lantaran meluasnya virus corona di Indonesia.

Banyak hal yang diceritakan dari pemain berusia 36 tahun tersebut lantaran dampak virus corona terhadap dirinya sampai Persita. Berikut adalah petikan wawancara Rapahel Maitimo dengan IDN Times.

1. Halo Maitimo, apa kabar? Apa saja aktivitas Anda selama menjalani work from home?

EKSKLUSIF: Maitimo dan Cinta-nya untuk Persib serta Immanuel Wanggaiinstagram.com/raphaelmaitimo

Puji Tuhan saya baik-baik saja dan dalam kondisi sehat. Kita tahu situasi ini tak mudah. Semoga, secepatnya virus corona ini cepat selesai. Saya minta semua orang untuk berolahraga sambil berlatih demi menjaga kesehatan, jangan keluar rumah kecuali membeli makanan atau minuman di luar.

Aktivitas yang dilakukan setiap hari adalah tetap menjaga kondisi dengan melakukan olahraga, fitness di gym, sampai melakukan exercise isometric. Selain itu saya sedang menyiapkan suatu proyek, saya sedang berencana dengan sponsor baru membuat program usai virus corona selesai.

Saya suka melatih kekuatan kaki, karena menurut saya program latihan kekuatan kaki paling penting untuk pemain sepak bola. Selama pertandingan juga hal itu amat membantu untuk membuat stamina kita tetap terjaga.

Baca Juga: Raphael Maitimo dan Diego Assis Main di Pekan Tunda, Apa Respons LIB?

2. Adakah program khusus dari tim pelatih Persita selama menjalani work from home dan bagaimana report-nya?

EKSKLUSIF: Maitimo dan Cinta-nya untuk Persib serta Immanuel Wanggaiinstagram.com/raphaelmaitimo

Pasti ada, setiap hari kita terus berkomunikasi untuk menu aktivitas latihan dengan tim pelatih Persita. Ada program khusus dari Coach Widodo Cahyono Putro dan semua pemain harus menjalankan program itu. Dan, setiap minggu pelatih kirim exercise baru kepada pemain.

Semua latihan yang dijalankan itu hampir setiap hari dilaporkan kepada pelatih fisik. Tapi, terkadang saya membuatnya dalam sebuah video dan di post di Instagram pribadi, karena kita atlet profesional yang tiap hari dilakukan sudah sewajarnya harus di-report sama tim pelatih Persita.

3. Bagaimana Anda menjaga pola makan selama work from home dan apakah semua disiapkan sendiri (masak)?

EKSKLUSIF: Maitimo dan Cinta-nya untuk Persib serta Immanuel Wanggaiinstagram.com/raphaelmaitimo

Menu makanan setiap hari buat saya seperti yang biasa saya makan, saya tak makan yang pedas, terlalu banyak minyak. Akan tetapi, semua itu saya dapatkan dengan pesan makan dari pada masak sendiri karena ya tidak mau ke luar (supermarket) untuk membeli karena terlalu berisiko.

Tapi, di luar itu saya sebetulnya suka masak sendiri. Hanya saja, kondisi saat ini lebih memungkinkan saya membeli makanan saja, karena yang terpenting selalu harus ikut menu makanan sehat. Apalagi sekarang tak ada aktivitas biasa, sehingga kondisi dan kesehatan jadi hal paling utama.

Saya sangat suka gado-gado, karena itu banyak sayurnya, tapi jangan pedas dan pakai banyak minyak. Saya juga suka brokoli, ayam yang tak digoreng, sampai banyak makan buah-buahan.

4. Adakah kabar pemain Persita kapan berkumpul lagi dan kemungkinan kompetisi bergulir?

EKSKLUSIF: Maitimo dan Cinta-nya untuk Persib serta Immanuel WanggaiPemain Timnas Indonesia, Irfan Bachdim saat tampil dalam laga uji coba melawan Persita, Jumat (21/2). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib).

Sampai saat ini, kita diberi tahu tim kembali berkumpul pada 1 Juni 2020. Hanya saja, hal itu juga belum pasti. Sebab, kita harus melihat situasi dengan adanya COVID-19 ini. Mudah-mudahan kita bisa latihan kembali. Saya juga dengar banyak berita dari federasi. Semuanya harus kita tunggu, semoga kita bisa menjalani latihan lagi secara normal.

Baca Juga: Profil Raphael Maitimo: Sarjana Ekonomi yang Piawai di Segala Posisi

5. Jika bertanya hal lain, siapakah pemain favorit Anda di Indonesia?

EKSKLUSIF: Maitimo dan Cinta-nya untuk Persib serta Immanuel WanggaiBambang Pamungkas saat bersalaman dengan Boaz Solossa. Instagram.com/bepe20

Ini cukup sulit. Tapi saya sebutkan salah satu pemain tersebut adalah Boaz Solossa, karena dia punya kemampuan individu yang sangat tinggi, kualitas juga sangat baik, secara personal juga bagus serta profesional. Dan, dia sampai sekarang merupakan pemain terbaik di Indonesia.

Lalu, ada pemain lain, yakni Sergio van Dijk. Dia adalah sahabat saya. Hemat saya, dia striker terbaik sepanjang waktu yang dimiliki Indonesia.

Waktu bermain di Persib pada 2017 lalu, saya bermain bersama Sergio, tapi dia musim itu cedera parah jadi kita tak bisa berduet. Tapi di luar itu, saya pikir dia striker terbaik di Indonesia walau tak banyak yang membicarakan dia. Dia selalu membuktikan di lapangan, sama halnya dengan Cristian Gonzales.

6. Siapakah lawan terberat yang pernah Anda lawan selama menjalani karier di Indonesia?

EKSKLUSIF: Maitimo dan Cinta-nya untuk Persib serta Immanuel WanggaiInstagram/raphaelmaitimo

Ada banyak sebetulnya pemain lokal berkualitas dengan skills luar biasa. Namun, pemain yang paling berat dihadapi adalah Immanuel Wanggai dari Persipura. Dia punya skill individu luar biasa dilengkapi juga dengan permainan kerja keras di lapangan.

Selama saya di Timnas Indonesia, saya pernah berduet dengannya di posisi gelandang, saya gelandang kanan dan dia gelandang kiri itu punya chemistry lebih. Tetapi, ketika dia jadi lawan saya saat berseragam Persipura, saya akui dia lawan berat.

7. Lalu siapakah sebelas pemain terbaik idaman yang sangat ingin tampil bersama di lapangan?

EKSKLUSIF: Maitimo dan Cinta-nya untuk Persib serta Immanuel WanggaiRaphael Maitimo saat masih memperkuat Mitra Kukar pada 2013 silam. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ss/pd/14).

Sulit yah karena ada banyak. Pada posisi kiper, saya pilih Kurnia Meiga, dia pilihan terbaik di posisi itu karena kita pernah bermain bersama saat membela Arema. Dia, dibantu oleh Hamka Hamzah dan Manahati Leistusen di bek tengah, dan bek Hasyim Kipuw.

Pada posisi gelandang tentu saja ada saya, hahaha. Saya dibantu oleh Immanuel Wanggai dan Ahmad Bustomi di tengah. Sedangkan untuk posisi striker ada Sergio van Dijk, Boaz Solossa, dan Cristiano Gonzales.

Baca Juga: 10 Gaya Manly Raphael Maitimo, Pesepak Bola Kekasih Agnez Mo

8. Kamu sudah hampir lebih dari 10 kali membela klub berbeda, klub mana yang paling berkesan?

EKSKLUSIF: Maitimo dan Cinta-nya untuk Persib serta Immanuel WanggaiRaphael Maitimo saat masih memperkuat Persib dalam Liga 12017. (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra/foc/17).

Saya pikir semua klub mengalami naik dan turun setiap saya berada di sana. Saya punya memori terbaik saat di Arema, Persib, dan terakhir Persebaya, walau di situ saya hanya main sekali karena cedera 6 bulan. Ada juga Mitra Kukar dan Bali Devata saat tahun 2011, tapi jika memilih yang paling berkesan untuk saya jelas Persib.

Selama menjalani karier di Kota Kembang bersama Maung Bandung, saya punya catatan baik dan kontribusi tinggi. Selama menjalani 28 pertandingan, Saya bisa mencetak sembilan gol walau punya posisi natural gelandang. Itu tentu catatan yang bagus.

9. Kembali membahas Persita, apa target Anda bersama skuat Pendekar Cisadane musim ini?

EKSKLUSIF: Maitimo dan Cinta-nya untuk Persib serta Immanuel WanggaiPemain Persita, Raphael Maitimo. (Dok. Istimewa).

Ya buat saya pribadi targetnya adalah memberikan yang terbaik buat Persita dulu. Saya ingin menyelesaikan tugas sebelumnya setelah sempat membela Persita 2015 harus terhenti akibat force majeure karena ada masalah di federasi dan pemerintah. Sekarang saya mau kasih yang terbaik, dan mudah-mudahan memberikan kontribusi tinggi untuk Persita.

Sebelum bergabung dengan tim ini, saya sempat bicara dengan manajemen Persita, dengan pelatih, manajer, dan presiden klub. target kita pada musim ini tak terlalu muluk-muluk, karena tahun lalu Persita masih tampil di liga 2. Yang penting buat kita musim ini bertahan di Liga 1 2020 dan mudah-mudahan berada di peringkat 10 musim sampai akhir musim ini. Setelah itu, baru saya akan bicara lagi target saya ke depan.

10. Pernyataan terakhir untuk Anda, adakah pesan khusus untuk orang-orang di luar sana yang tengah diancam virus corona?

EKSKLUSIF: Maitimo dan Cinta-nya untuk Persib serta Immanuel Wanggaiinstagram.com/raphaelmaitimo

Tolong kita harus patuh dan jangan keluar dari rumah, itu merupakan hal paling penting.  Tak kalah penting juga jaga kondisi dan minum banyak vitamin buat meningkatkan sistem imun kita. Jangan lupa cuci tangan terus dan jangan bersalaman dulu untuk saat ini.

Tak lupa, tetap makan makanan sehat karena imun sistem jadi faktor utama agar kita tak sakit, karena jika sakit akan lebih gampang berisiko tertular virus corona.

Baca Juga: Bek Asing Persib Pilih Menetap di Lembang Ketimbang Mudik ke Belanda

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya