Raphael Maitimo dan Diego Assis Main di Pekan Tunda, Apa Respons LIB?

Status keduanya menuai polemik di kalangan suporter

Jakarta, IDN Times - Polemik terkait status dua pemain baru dari PSM Makassar dan Madura United, Raphael Maitimo dan Diego Assis, mendapat respons banyak warganet.

Keduanya sama-sama dimainkan oleh klub barunya pada laga tunda pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019, di mana sejatinya itu laga yang masuk pada putaran pertama Liga 1. 

Menanggapi hal tersebut, bagaimana respons dari operator liga yakni PT. Liga Indonesia Baru (LIB)?

1. Terkait Maitimo, LIB menyebutkan statusnya sah sebagai pemain PSM

Raphael Maitimo dan Diego Assis Main di Pekan Tunda, Apa Respons LIB?Twitter/@pahlevi8484

Dikonfirmasi oleh IDN Times, melalui Media & PR LIB, Hanif Marjuni, menjelaskan terkait status Maitimo. Menurutnya, pemain berdarah Belanda itu sudah bisa dimainkan di laga tunda melawan Persija karena sudah disahkan statusnya oleh operator.

”Prinsipnya adalah terkait pendaftaran di tahap kedua (yang ditutup tanggal 27 Agustus lalu). Selama sudah disahkan LIB, ya pemain (Maitimo) bisa diturunkan,” ujar Hanif kepada IDN Times.

Baca Juga: Madura United vs Semen Padang: Los Galaticos Tak Ingin Kehilangan Muka

2. Konteks Diego Assis sama dengan Maitimo

Raphael Maitimo dan Diego Assis Main di Pekan Tunda, Apa Respons LIB?Twitter/@maduraunitedfc

Hal serupa juga dialami oleh legiun asing baru Madura United, Diego Assis. Dia didaftarkan oleh Madura untuk mengisi posisi Zah Rahan yang dicoret karena cedera. Ia pun langsung dimainkan kala Madura menjamu Semen Padang pada Rabu (28/8) malam.

Sama seperti Maitimo, Assis juga masuk di babak kedua. Statusnya juga turut dipertanyakan oleh banyak pencinta sepakbola Indonesia, namun ketika dikonfirmasi oleh IDN Times, LIB menyebut status Assis mirip dengan Maitimo.

”Mirip Maitimo ya, jadi sudah didaftarkan dan sesuai regulasi kami, jadi ya bisa dimainkan,” ujar Hanif singkat.

3. Di putaran pertama, Diego Assis dan Raphael Maitimo terdaftar di klub lain

Raphael Maitimo dan Diego Assis Main di Pekan Tunda, Apa Respons LIB?Dok. Istimewa (PSM Makassar/Ahmad Alia)

Yang patut diperhatikan sebenarnya terkait status laga tunda yang dimainkan kedua klub pemilik dua pemain ini. Laga ini sendiri dimainkan sesaat usai pendaftaran pemain tahap kedua ditutup, sementara laga tunda ini sejatinya adalah laga pekan ketujuh.

Di putaran pertama lalu, Diego Assis masih bermain bagi Al Ain, klub kasta kedua di Arab Saudi, sementara Maitimo membela PSIM, klub Liga 2 musim ini. Keduanya baru didafarkan sekitar dua hari lalu, yang bila mengacu regulasi pendaftaran pemain versi operator liga, statusnya memang sah.

Baca Juga: Polemik Status Raphael Maitimo di PSM, Apakah Sudah Sah untuk Main?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya