Elon Musk Serius Mau Beli MU, Siap Bersaing Sama Taipan Qatar?

Sir Jim Ratcliffe juga siap beli Manchester United

Jakarta, IDN Times - Elon Musk tak main-main untuk membeli Manchester United. Dia disebut sudah siap mengajukan tawaran resmi sebesar 4,5 miliar poundsterling atau Rp84 triliun.

Menurut laporan Daily Mail, seorang sumber menyebut jika Elon Musk kini terus mempelajari kans untuk bisa memiliki Setan Merah jelang tenggat waktu penawaran pembelian pada Jumat, 17 Februari 2023.

“Sebuah sumber menyebut, miliarder perusahaan teknologi kenamaan kini serius memantau perkembangan dan sudah bertanya perihal kans menjadi pemilik di Old Trafford dan enggan melepaskan peluang itu,” tulis laporan tersebut.

1. Investor Qatar siap bersaing

Elon Musk Serius Mau Beli MU, Siap Bersaing Sama Taipan Qatar?potret logo Manchester United (manchestereveningnews.co.uk)

Investor asal Qatar siap mengambil alih kepemilikan Manchester United dari keluarga Glazer. Selain siap menebus klub ini dengan mahar 6 miliar poundsterling atau Rp110 triliun, kumpulan investor kaya ini menjanjikan beberapa hal menarik untuk perkembangan klub.

"Ada dana cukup signifikan yang disiapkan. Orang-orang ini cukup serius. Mereka ingin memastikan bahwa Manchester United berada di tempat yang seharusnya dan mereka yakin tawaran mereka akan menjadi yang terkuat," kata salah satu sumber dikutip SportsMail.

Baca Juga: Orang Terkaya Inggris Resmi Layangkan Tawaran Beli Manchester United

2. Investor Qatar punya kendala jika beli MU

Elon Musk Serius Mau Beli MU, Siap Bersaing Sama Taipan Qatar?potret logo Manchester United (manutd.com)

Namun, ada kendala yang kemungkinan dilalui investor Qatar ini saat membeli MU. Sebab, Qatar Sports Investments (QSI) merupakan pemilik dari Paris Saint-Germain (PSG). Artinya, Qatar akan kesulitan membeli klub raksasa Premier League itu karena UEFA memiliki regulasi terkait masalah tersebut.

Federasi sepak bola Eropa itu dalam regulasinya melarang entitas punya dua klub berbeda yang tampil di kompetisi yang sama. PSG dan Manchester United punya potensi bentrok di Liga Champions atau Liga Europa, atau kompetisi antarklub lainnya.

Kendala tersebut kini tengah dipikirkan dan dicari solusinya oleh investor-investor Qatar tersebut. Mereka mendapat dukungan langsung dari pemerintah. Terlebih, Emir Qatar, Tamim bin Hamad Al Thani, dikenal sebagai fans Setan Merah.

3. Elon Musk juga harus bersaing dengan Sir Jim Ratcliffe

Elon Musk Serius Mau Beli MU, Siap Bersaing Sama Taipan Qatar?Sir Jim Ratcliffe (bvi.org)

Investor Qatar juga bakal bersaing dengan orang terkaya Inggris, Sir Jim Ratcliffe siap melayangkan tawaran resmi demi bisa mengakuisisi klub idolanya itu. Ratcliffe akan menawar MU di sekitar empat miliar poundsterling. 

Dalam sebuah riset, harga aktual MU adalah di angka 4,75 miliar poundsterlin. Sehingga, tawaran 6 miliar poundsterling dianggap terlalu mahal dan Ratcliffe menyadarinya. 

Ratcliffe sebenarnya tak asing dengan sepak bola. Dia memiliki saham pula di klub Ligue 1, OGC Nice.

Kemudian, pengusaha yang bergerak di bidang energi itu, memiliki saham pula dalam tim rakasasa F1, Mercedes.

Alhasil, Elon Musk tak akan dengan mudah bisa membeli Manchester United. Selain bersaing dengan taipan Qatar, pemilik Twitter ini juga harus berhadapan dengan penguasaha Sir Jim Ratcliffe. 

Baca Juga: Taipan Qatar Siap Akuisisi Manchester United, tapi Ini Kendalanya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya