Evaluasi Shin Tae Yong Pasca Timnas Kalah dari Afghanistan

Timnas Indonesia dibekuk 2-3 oleh Afganistan

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, melakukan evaluasi usai anak asuhnya menjalani laga uji coba pertama di Uni Emirat Arab (UEA), melawan Afghanistan, Selasa(25/5/2021). Dia bakal langsung memperbaiki kekurangan yang ditunjukkan Adam Alis dan kolega dalam laga selanjutnya.

Saat menghadapi Afghanistan dalam laga uji coba di Lapangan Iranian Club itu, Timnas kalah dengan skor 2-3. Banyak catatan yang muncul dari Shin terkait penampilan anak-anak asuhnya.. 

"Bicara mengenai evaluasi, pertama untuk stopper, banyak kekurangan di sana, tetapi dengan adanya pemain seperti sekarang, kami harus memperbaiki satu demi satu. Kemudian operan dalam pertandingan. Kalau dilihat, kekurangan juga muncul saat tidak mampu melakukan serangan balik yang baik, itu yang akan diperbaiki. Secara keseluruhan, masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki," kata Shin dikutip laman resmi PSSI, Rabu (26/5/2021).

Baca Juga: Takluk dari Afganistan 2-3, Timnas Indonesia Hampir Lakukan Comeback

1. Puji kegigihan pemain Timnas Indonesia

Evaluasi Shin Tae Yong Pasca Timnas Kalah dari AfghanistanShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Dalam laga itu, skuad Garuda sempat tertinggal tiga gol dari lawannya sebelum Egy Maulana Vikri dan Adam Alis memperkecil kedudukan. Timnas terlihat telat panas dalam duel melawan Afghanistan. Mereka tertinggal lewat gol cepat saat laga baru berjalan enam menit dan dua gol lainnya sebelum turun minum.

"Babak pertama kami memang kemasukan tiga gol. Namun, di babak kedua kami bisa mengejar kembali, untuk mencetak dua gol. Dari situ, saya melihat kegigihan dari para pemain, dan saya berterima kasih atas usahanya," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

2. Shin Tae Yong sebut anak asuhnya sedang berproses

Evaluasi Shin Tae Yong Pasca Timnas Kalah dari AfghanistanDok. PSSI

Setelah Shin melakukan beberapa pergantian pemain, penampilan Timnas jadi lebih hidup. Serangan-serangan yang dilancarkan ke jantung pertahanan Afghanistan pun mulai memberikan banyak ancaman berarti.

"Memang ini sebuah proses. Jadi, kami berusaha untuk menurunkan seluruh pemain. Juga, sudah satu tahun enam bulan kompetisi di Indonesia tidak bergulir. Tapi, bisa dibilang ini sebagai langkah awal. Ini merupakan perkembangan yang sangat baik. 

Lebih jauh, Shin mengungkapkan harapannya di sisa pertandingan yang ada nanti. Dalam waktu tiga sampai empat hari ke depan, Shin berharap berbagai PR yang ada bisa diselesaikan dan mampu diimplementasikan saat menghadapi Oman.

"Kami harus lebih giat untuk bisa meningkatkan kemampuan fisik, itu yang terpenting. Namun, sebelum ke sana, kami akan mengadakan pertemuan dengan tim terlebih dahulu, semoga kami bisa memperoleh hasil positif," jelas dia.

3. Skuad Garuda selanjutnya bakal bentrok dengan Oman

Evaluasi Shin Tae Yong Pasca Timnas Kalah dari AfghanistanLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Timnas selanjutnya bakal menjalani laga uji coba kedua melawan Oman pada 29 Mei 2021. Rangkaian program tersebut merupakan usaha Timnas tampil maksimal menjalani laga sisa di babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baru setelah itu, mereka bakal menyelesaikan tiga laga di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G, yakni melawan Thailand (3 Juni), Vietnam (7 Juni), dan Uni Emirat Arab (11 Juni). Seluruh laga tersebut bakal dilangsungkan di UEA.

Baca Juga: Batal Bela Timnas Indonesia, Elkan Baggott Disemprot PSSI

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya