Comscore Tracker

Batal Bela Timnas Indonesia, Elkan Baggott Disemprot PSSI

Elkan Baggott tidak membela Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mempertanyakan komitmen penggawa Ipswich Town, Elkan Baggott, dalam membela Timnas Indonesia. Dia heran kenapa Elkan begitu lama memberikan respons terhadap panggilan Timnas.

"Kami juga agak keras dengan Elkan. Kami sudah kontak, dia gak respons. Kami sudah kirim tiket buat ke Dubai. Saya tanya agak keras, masih mau bela Timnas Indonesia atau gak," ujar Iwan Bule (sapaan akrabnya) di Kemenpora, Senin (24/5/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Polri: Izin Liga 1 dan 2 Keluar 27 Mei 2021

1. Shin Tae Yong katanya juga kesal

Batal Bela Timnas Indonesia, Elkan Baggott Disemprot PSSIShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Lebih lanjut, Iwan Bule mengungkapkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, juga kesal akan sikap dari Elkan. Padahal, Elkan sempat meminta untuk bisa main di Timnas Indonesia. Kini, dia justru sulit merespons panggilan PSSI.

"Saya terakhir agak keras, sempat bertanya-tanya, 'Ini orang (Elkan) mau bela kita [Indonesia] atau gak?' Shin Tae Yong marah. Dulu, dia minta main di Timnas, sekarang kok susah sekali. Salahnya dia, setelah kami tanya, kenapa gak respons. Saya akhirnya keras sama dia," ujar Iwan Bule.

2. Elkan masih buka peluang bela Timnas Indonesia

Batal Bela Timnas Indonesia, Elkan Baggott Disemprot PSSIPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Terlepas dari insiden yang terjadi antara dengan PSSI, Iwan mengungkapkan Elkan masih ingin membela Timnas. Hal itu disampaikan Elkan saat ditanya oleh PSSI soal keinginannya membela Timnas.

"Dia sampaikan, mau bela Timnas Indonesia. Tapi, klubnya gak izinkan dia ke Dubai. Menurut dia, Dubai zona merah. Dia juga bilang, tetap akan memilih Timnas Indonesia. Hanya mohon maaf sekarang tidak diizinkan oleh klub," ujar Iwan.

Memang, versi Iwan, Elkan gagal mentas karena tidak diizinkan oleh klub. Padahal, pihak PSSI sudah membantu administrasi Elkan, sampai membuatkan KTP biometrik dan membelikan tiket untuk ke Dubai.

"Dari klubnya gak kasih izin. Kalau ada apa-apa, klubnya enggak mau rugi. Padahal kami sudah bantu KTP-nya biometrik. sudah komunikasi dengan Menteri Luar Negeri dan tinggal jadi karena itu syarat yang penting," ujar Iwan.

3. Pernyataan Iwan berbeda dengan Yunus Nusi

Batal Bela Timnas Indonesia, Elkan Baggott Disemprot PSSIPlt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dalam sebuah pertemuan. (Dok. PSSI)

Anehnya, pernyataan dari Iwan Bule ini berbeda dengan apa yang diucapkan Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Berdasarkan keterangan resmi pada Minggu (23/5/2021), Yunus menyebut Elkan yang tidak mau membela Timnas, sedangkan Ipswich Town sudah memberikan lampu hijau.

"Klubnya (Ipswich Town) sebenarnya sudah memberikan jawaban kepada PSSI, Elkan Baggott akan bergabung bersama Timnas Indonesia pada 31 Mei 2021, namun yang bersangkutan tidak bisa berangkat. Menurut Elkan, Dubai termasuk zona merah pandemik COVID-19," ujar Yunus.

"Elkan Baggott pun harus menjalani karantina apabila kembali ke Inggris. Klubnya sudah melakukan persiapan pramusim mulai awal Juni 2021 mendatang. Terkait hal ini kami sudah berkomunikasi dengan pelatih (Timnas Indonesia) Shin Tae Yong," lanjutnya.

Baca Juga: Tak Diizinkan Ipswich Town, Elkan Baggott Batal Bela Timnas Indonesia 

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya