Comscore Tracker

Ezra Walian Terancam Tak Bisa Membela Timnas di Piala AFC U-23

Satu Pemain di Vietnam akan terlempar dari Timnas U-23

Jakarta, IDN Times - Keinginan Ezra Walian membela Timnas Indonesia U-23 di babak kualifikasi Piala Asia U-23 nampaknya masih terhalang izin dari federasi sepak bola tertinggi Asia (AFC).

Persoalan izin Ezra ini diketahui saat perwakilan Timnas U-23 melakukan Match Commissioner's Meeting (MCM) di Hanoi, Kamis (21/3). Akibatnya, Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafri baru bisa mendaftarkan 22 pemain untuk tampil di turnamen yang digelar Jumat besok. 

1. Status Ezra dipermasalahkan AFC karena pernah tampil di kualifikasi UEFA U-17 Belanda

Ezra Walian Terancam Tak Bisa Membela Timnas di Piala AFC U-23junpiterfutbol.com

Status Ezra dipermasalahkan karena ia pernah bermain di Kualifikasi UEFA U-17 bersama Belanda pada 2013. Oleh sebab itu, hingga selesainya MCM, posisi PSSI masih menunggu info dari FIFA apakah memperbolehkan Ezra main atau tidak.

Pihak AFC sendiri baru memberitahu permasalah status Ezra dua hari yang lalu kepada PSSI. Karena itu, AFC memberikan deadline waktu lebih panjang bagi Tim Merah Putih untuk menentukan 23 nama pemain yang akan tampil di babak kualifikasi Piala Asia U-23.

Baca Juga: Timnas Indonesia Ditahan Imbang 1-1 oleh Bali United 

2. Satu nama pemain yang ikut ke Vietnam dipastikan terlempar dari Skuat Garuda

Ezra Walian Terancam Tak Bisa Membela Timnas di Piala AFC U-23IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Jika mengacu pada masalah di atas, bisa dipastikan nama Ezra masuk proyeksi 23 pemain yang mengisi skuat Garuda di babak kualifikasi Piala Asia U-23 ini. Hal itu berarti akan ada satu nama pemain yang ikut ke Vietnam terlempar dari tim karena jumlah punggawa yang dibawa Indra Sjafri sebanyak 24 pemain.

Namun, belum ada kejelasan mengenai satu nama pemain yang harus dicoret jelang turnamen berlangsung. Sebab, pihak PSSI nampaknya baru akan memberikan informasi setelah status Ezra sudah dapat kejelasan dari FIFA.

3. Ezra baru bergabung bersama Timnas U-23 pada 14 Maret lalu

Ezra Walian Terancam Tak Bisa Membela Timnas di Piala AFC U-23twitter.com/PSSI

Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, itu sendiri baru bergabung bersama tim dalam pemusatan latihan di Jakarta pada 14 Maret lalu. Hal itu membuat Indra masih ragu untuk membawa pemain RKC Waalwijk.

Ia sempat tampil di laga uji coba melawan Serdadu Tridatu, julukan Bali united. Dalam laga itu, Ezra sebetulnya tampil cukup baik karena berhasil menyumbangkan satu gol. Skuat Merah-Putih sendiri mampu tampil gemilang setelah menang toga gol tanpa balas.

4. Ezra mesti bersaing dengan Dimas Drajad dan Marinus Manewar

Ezra Walian Terancam Tak Bisa Membela Timnas di Piala AFC U-23PSSI.org

Meski demikian, hal itu belum cukup menjamin dirinya otomatis masuk dalam 23 pemain untuk tampil di babak kualifikasi Piala Asia U-23. Tak pelak, walau dibawa ke Hanoi, Vietnam, posisi Ezra di Timnas U-23 tak aman karena harus bersaing dengan dua striker lainnya, Marinus Manewar dan Dimas Drajad.

Dalam babak Kualifikasi Piala Asia nanti, Timnas U-23 berada di Grup K bersama Thailand, Vietnam, dan Brunei Darussalam. Juara grup akan mendapatkan kesempatan langsung melaju ke putaran final, sedangkan peringkat kedua akan kembali bersaing menjadi yang terbaik untuk bisa lolos ke putaran final.

Tim besutan Indra Sjafri ini akan memulai laga pada Juma (22/3) besok. Mereka akan berhadapan dengan Timnas Thailand yang statusnya sudah memastikan tampil di babak utama karena berstatus sebagai tuan rumah di Piala Asia U-23 tahun depan.

Baca Juga: Ada Egy dan Ezra! Ini 24 Pemain Timnas U-23 yang Berangkat ke Vietnam

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya