Fakta-Fakta Menarik Jelang Manchester City vs Liverpool

Pep Guardiola punya rekor medioker melawan Liverpool

Jakarta, IDN Times - Duel tim papan atas akan tersaji dalam lanjutan Premier League pada matchweek 21, Jumat (4/1) dini hari nanti. Bagaimana tidak, sang pemuncak klasemen, Liverpool akan menghadapi ujian berat karena harus bertamu ke kandang Manchester City di Etihad Stadium. Tanpa mengesampingkan pesaing lain, pertandingan big match ini layaknya final untuk menentukan siapa yang terbaik di Liga Inggris.

Pada pertemuan edisi pertama, kedua tim bermain sama kuat setelah bermain imbang 0-0 di Anfield Stadium.

Diprediksi, pertarungan edisi kedua nanti akan berjalan panas. Pasalnya, selain bersaing dalam perburuan gelar musim ini, kedua tim juga dikenal cukup agresif karena memiliki gaya permainan menyerang.

Kubu tuan rumah mengandalkan mesin gol asal Argentina, Sergio Aguero, yang sudah mengoleksi sembilan gol. Ia juga akan dibantu oleh eks pemain andalan The Reds, Raheem Sterling, yang juga sudah mengumpulkan gol yang sama dengan Aguero.

Sedangkan, Liverpool juga tak kalah menakutkan, sebab lini serang mereka diisi oleh Mohamed Salah. Bahkan, musim ini ia masih sangat menonjol karena mampu melesakan si kulit bundar sebanyak 13 dan ukir 7 asis di Liga Inggris.

Selain hal tersebut, masih banyak fakta lainnya yang menghiasi laga kali ini. Berikut adalah fakta-fakta menariknya.

1. Manchester City kalah head to head dari The Reds

Fakta-Fakta Menarik Jelang Manchester City vs Liverpooltwitter.com/NationAproko

Dalam 11 pertemuan terakhirnya, City memang terlihat kesulitan saat bersua dengan Liverpool dalam berbagai ajang. Total hanya satu kemenangan yang mereka raih pada Premier League dua musim lalu saat menghajar Liverpool dengan skor telak 5-0. Sisanya, Liverpool mendominasi dengan tujuh kemenangan dan tiga laga sisanya berakhir sama kuat.

Sedangkan untuk total pertemuan keduanya, Liverpool juga masih unggul. Dari 164 pertemuannya, mereka berhasil mengakhiri laga dengan 79 kemenangan saat bersua City. Sebaliknya, City cuma mampu meraih 43 kemenangan, dan 42 sisanya, laga diakhiri dengan hasil imbang.

Baca Juga: Bernardo Silva: Kalah dari Liverpool, Gelar Juara Man City Akan Sirna

2. The Reds sulit menang jika bertamu ke kandang City

Fakta-Fakta Menarik Jelang Manchester City vs Liverpooltwitter.com/LFC

Liverpool kerap kesulitan jika harus tampil di kandang City saat tampil di Liga Inggris. Buktinya, dari sembilan penampilan tandang terakhir melawan The Citizens, hanya sekali mereka berhasil membawa pulang tripoin. Kemenangan itu didapat saat Juergen Klopp untuk pertama kalinya memimpin Liverpool di kandang City. Kala itu mereka menang dengan skor 1-4. Sedangkan sisanya, The Citizen masih mendominasi dengan lima kemenangan kandang dan tiga berakhir imbang seri.

3. Liverpool dihantui kekalahan telak di kandang City

Fakta-Fakta Menarik Jelang Manchester City vs Liverpooltwitter.com/Bayern_mania

Liverpool masih dihantui kekalahan menyakitkan saat bertandang ke kandang City di Liga Inggris. Terakhir, mereka harus menelan kekalahan dengan skor telak 5-0 saat tampil di Etihad Stadium pada musim sebelumnya.

Sebetulnya itu bukanlah kekalahan dengan margin besar yang pertama bagi Liverpool. Tercatat, The Reds pernah dicukur oleh City pada kompetisi serupa di kandanganya dengan skor 6-0 (1935) dan 5-0 (1925).

Tentu, hasil itu jadi torehan negatif dan sulit dilupakan bagi Juergen Klopp. Pasalnya, sudah hampir satu abad Liverpool tak pernah dikalahkan lewat skor telak dengan margin lebih dari lima gol.

4. Manchester City sedang produktif di kandang

Fakta-Fakta Menarik Jelang Manchester City vs Liverpooltwitter.com/MOmuttaha

Sejauh ini, The Citizens sangat produktif saat memainkan laga kandangnya. Tercatat, mereka selalu mencetak dua gol dalam 11 pertandingan yang dijalani mereka di kandangnya. Bahkan, dalam enam laga terakhir di Etihad, City berhasil menceploskan bola minimal tiga gol ke gawang musuh.

Hal itu tentu harus jadi kewaspadaan Liverpool. Bukan tak mungkin mereka bisa jadi lumbung gol saat berlaga didepan lupuhan ribu suporter City yang memadati Etihad Stadium.

Lalu, kemengangan pun selalu diraih jika City tampil di hadapan publiknya sendiri. Terlebih saat ditangani Pep Guardiola, City tercatat tak pernah mengalami kekalahan di kandangnya saat tampil di liga domestik.

5. Pep terhitung sulit jika harus melawan Klopp dan Liverpool

Fakta-Fakta Menarik Jelang Manchester City vs Liverpooltwitter.com/NBCSports

Pertarungan antara Pep Guardiola dengan Juergen Klopp memang selalu berjalan seru. Hal itu sudah terjadi saat keduanya menukangi tim di Bundesliga (Liga Jerman). Hal itu berlanjut saat keduanya kembali melanjutkan karier di Premier League.

Total, Pep sudah menelan tujuh kekalahan saat bersua tim yang ditukangi oleh Klopp. Itu merupakan kekalahan terbanyak Pep sepanjang dirinya menjadi pelatih kepala. Sedangkan, Pep juga kesulitan jika harus berhadapan dengan Liverpool. Ia hanya mampu meraih satu kemenangan saja jika harus berlaga melawan The Reds, sementara sisanya ia harus menderita empat kekalahan dan dua kali imbang sepanjang karier kepelatihannya.

Baca Juga: Manchester City vs Liverpool: Bisa Hentikan The Reds, Pep?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya