Manchester City vs Liverpool: Bisa Hentikan The Reds, Pep?

Sampai pekan ke-20, Liverpool masih tak tersentuh kekalahan

Jakarta, IDN Times - Ini dia yang ditunggu-tunggu pencinta Premier League, dan mungkin, pencinta sepakbola Eropa. Pertemuan antara Manchester City vs Liverpool di pekan ke-21 Premier League akan membuka kalender 2019 di Premier League dengan gegap gempita.

Di pertemuan pertama, kedua tim berbagi hasil imbang 0-0 di kandang Liverpool, Anfield. Di laga itu, Pep Guardiola dan Juergen Klopp sama-sama terlihat bermain defensif untuk mengamankan angka. Posisi keduanya yang saling kejar di klasemen saat itu membuat skor 0-0 adalah hal yang mungkin dirasa adil.

Tapi, pertemuan kali ini berbeda. City saat ini sudah kalah dua kali dan tertinggal 7 poin dari Liverpool. Sementara itu, Liverpool masih tak terkalahkan dan unggul 6 poin dari peringkat 2, Tottenham Hotspur, yang sudah memainkan satu laga lebih banyak. Kondisi ini yang mungkin akan membuat Pep dan City berjuang mati-matian untuk menang demi menipiskan jarak poin.

1. Adu ketangguhan di tiap lini

Manchester City vs Liverpool: Bisa Hentikan The Reds, Pep?skysports.com

Di tiap lini, kedua tim cukup merata secara kualitas. Allison Becker dan Ederson Moraes, kiper kedua kubu, adalah dua kiper timnas Brasil. Di lini belakang, Virgil van Dijk menjadi sosok tak tergantikan bagi The Reds. Sementara bagi City, mereka punya deret bek tengah berkualitas dari John Stones, Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte, dan Vincent Kompany.

Mengarah ke depan, lini tengah dan lini depan lebih menonjolkan nama-nama yang berkualitas kelas dunia. Naby Keita, Fabinho, dan Georginio Wijnaldum akan beradu tangguh dengan Bernardo Silva, David Silva, hingga Fernandinho.

Di depan, trio Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah akan beradu tajam dengan Sergio Aguero, Leroy Sane, dan Raheem Sterling. Walau Liverpool tanpa James Milner dan City belum tentu diperkuat Kevin De Bruyne, laga ini menjanjikan pertempuran sengit.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Bayaran Tertinggi di Manchester City

2. Adu tajam lini serang

Manchester City vs Liverpool: Bisa Hentikan The Reds, Pep?skysports.com

Catatan mencengangkan Liverpool adalah kontribusi para penyerangnya. Salah memimpin dengan 13 gol, disusul Mane dengan 8 gol, dan Firmino dengan 7 gol. Di kubu City, mereka juga memiliki sosok Aguero dan Sterling dengan masing-masing telah cetak 9 gol. Gaya main kedua tim yang sama-sama mengusung sepakbola menyerang, seharusnya laga ini akan jadi parade gol yang mengasyikkan untuk ditonton.

3. Mereka yang akan absen di laga ini

Manchester City vs Liverpool: Bisa Hentikan The Reds, Pep?90min.com

City tidak akan diperkuat oleh Claudio Bravo, Benjamin Mendy, dan Fabian Delph yang terkena suspensi akibat kartu merah. Selain itu, ada Ilkay Guendogan dan De Bruyne yang kondisi fisiknya masih meragukan untuk tampil di laga dengan intensitas tinggi ini.

Sementara di kubu The Reds, Liverpool akan tampil tanpa Alex Oxlade-Chamberlain, Joel Matip, Joe Gomez, dan James Milner. Empat pemain itu tengah terkapar karena cedera. Untuk pemain yang diragukan kondisinya ada nama Alberto Moreno dan Dominic Solanke.

4. City belum pernah menang atas Liverpool selama 2018

Manchester City vs Liverpool: Bisa Hentikan The Reds, Pep?sport.detik.com

Ya, selama 2018, meski sukses menjuarai Premier League dengan gemilang, Manchester City tak pernah bisa menang atas Liverpool. 5 kali bersua di tahun 2018, mereka kalah 4 kali dan imbang 1 kali. Dua kali bertemu di liga, City kalah 4-3 dan 1-2 dari Liverpool. Di Liga Champions, dalam dua leg, mereka juga kalah dua kali yakni 3-0 dan 1-2. Hanya di pertemuan pertama pada musim 2018/2019 itulah mereka kemudian imbang 0-0, sekaligus perpanjang rekor buruk Pep saat melawan Liverpool di tahun 2018.

5. Prediksi IDN Times: Hasil imbang

Manchester City vs Liverpool: Bisa Hentikan The Reds, Pep?twitter.com/NationAproko

Liverpool tengah on fire dengan 9 kemenangan beruntun di Premier League sejak imbang 1-1 melawan Arsenal di bulan Oktober. Tapi, City juga bukan tim sembarangan. Setelah serangkaian kekalahan, mereka sudah kembali ke trek yang tepat usai menang 1-3 di kandang Southampton pekan lalu. Walau Liverpool sangat amat diunggulkan untuk menang, apalagi usai pesta 5-1 atas Arsenal, City tampaknya cukup kuat untuk menahan laju kencang The Reds.

Baca Juga: Liverpool Pesta Gol ke Gawang Arsenal, Ini 4 Fakta Menariknya!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya