Comscore Tracker

Fakta Menarik di Balik Duel Liverpool Kontra Chelsea

Mendy tampil gemilang dengan melakukan enam penyelamatan

Jakarta, IDN Times - Liverpool tak mampu meraih poin maksimal saat berhadapan dengan Chelsea dalam pekan ketiga Liga Inggris 2021/2022. Mereka dipaksa bermain imbang oleh The Blues dengan skor 1-1 dalam duel yang digelar di Stadion Anfield, Sabtu (29/8/2021).

Mohamed Salah dan kolega bahkan harus tertinggal lebih dulu dalam duel itu, usai Kai Havertz mencetak gol di menit 22. Beruntung, Liverpool mendapatkan penalti yang bisa dieksekusi dengan baik oleh Salah (45+3’). Skor 1-1 bertahan sampai akhir laga. 

Terlepas dari hasil akhir ini, duel antara keduanya menyajikan pertarungan seru dan beberapa drama di lapangan. Walhasil, beberapa kejadian menarik pun mewarnai big match dalam duel tersebut.

Apa saja itu? Berikut data dan fakta menarik yang berhasil dihimpun IDN Times dari berbagai sumber.

Baca Juga: Chelsea Vs Liverpool Tanpa Pemenang

1. Dua kali digagalkan Chelsea di Anfield dan hentikan catatan kemenangan beruntun

Fakta Menarik di Balik Duel Liverpool Kontra ChelseaFakta menarik di balik duel Liverpool melawan Chelsea yang berakhir imbang 1-1. (Twitter/@ChelseaFC).

Liverpool kembali gagal meraih kemenangan atas Chelsea dalam dua pertemuan secara beruntun di Premier League. Sebelumnya, Liverpool selalu meraih tiga poin saat berhadapan dengan Chelsea dalam tiga pertemuan terakhir.

Catatan kegagalan The Reds meraih kemenangan juga diperburuk dengan rekor buruknya mereka di Anfield. Sebab, musim lalu mereka kalah saat berduel melawan Chelsea. Fakta ini membuat Anfiled bukan lagi tempat yang angker bagi Chelsea dalam dua musim terakhir.

Liverpool juga mengakhiri catatan kemenangan beruntun dalam tujuh laga terakhirnya di Liga Inggris. Chelsea berhasil menghentikannya saat skuad besutan Juergen Klopp mengincar kemenangan kedelapannya.

2. Salah si raja penalti

Liverpool selalu berhasil mencetak gol dari 20 penalti terakhirnya yang diambil di Liga Inggris. Menariknya, keberhasilan mencetak penalti itu mayoritas dilakukan Salah, dengan rincian 14 gol penalti yang berhasil diselesaikan. Hal itu membuatnya dinobatkan sebagai eksekutor ulung.

Ia berhasil mencetak 14 gol dalam 14 penalti terakhir Liverpool di Premier League. Catatan itu hanya kalah dari Matt Le Tissier (23 berturut-turut antara 1994 dan 2000) yang mencatatkan rekor gol beruntun lebih lama melalui titik putih, tanpa gagal dalam sejarah kompetisi.

3. Peran besar Mendy yang membuat lini depan Liverpool tak berdaya

Fakta Menarik di Balik Duel Liverpool Kontra ChelseaFakta menarik di balik duel Liverpool melawan Chelsea yang berakhir imbang 1-1. (thesun.co.uk).

Keberhasilan Chelsea menahan imbang tuan rumah tentu tak lepas dari peran Edouard Mendy. Ia tampil sangat baik dengan menghalau serangan yang terus diberikan trio Mohamed Salah, Diogo Jota, dan Sadio Mane. Walhasil, gawangnya pun hanya kebobolan satu gol saja, yakni oleh penalti yang dieksekusi Salah. 

Mendy total melakukan enam penyelamatan gemilang dalam penampilannya di Anfield melawan Liverpool. Itu merupakan catatan penyelamatan terbanyak yang dilakukannya dalam satu penampilan sejak bergabung dengan Chelsea di kompetisi apa pun. 

Catatannya itu juga menyamai tiga kiper di Liga Inggris lainnya, yakni melakukan enam penyelamatan atau lebih dalam satu pertandingan musim ini. Sebelumnya, hal serupa sempat dilakukan Illan Meslier (6 vs Everton), Nick Pope (6 vs Burnley), dan Hugo Lloris (6 vs Wolves).

4. Peran besar kapten Chelsea

Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta, benar-benar memberikan dampak yang besar dalam keberhasilan timnya menahan Liverpool. Bermain sebagai sayap kiri, ia mampu membuat Robertson mati kutu hingga akhirnya harus keluar lapangan diganti Konstantinos Tsimikas.

Yang paling jadi perhatian, tentu catatan statistik menawannya dalam duel tersebut. Ia jadi pemain dengan sentuhan terbanyak (79), passing terbanyak (53), clearances terbanyak (9), dan mampu melakukan enam tekel sepanjang laga. itu merupakan peran besar dari sang kapten.

Baca Juga: 6 Klub Langganan Mohamed Salah untuk Mencetak Gol, Ada Arsenal!

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya