Fakta MU Usai Cukur Leeds, Fernandes dan Pogba Cetak Rekor

Bruno Fernandes dan Paul Pogba memang gemilang

Jakarta, IDN Times - Manchester United menggila dalam laga pertamanya di Premier League musim 2021/2022. Tak hanya meraih tripoin sempurna, mereka juga mencatatkan rekor meyakinkan saat berhadapan dengan Leeds United.

Mentas di Stadion Old Trafford, Sabtu (14/8/2021), Setan Merah menggilas Leeds dengan skor telak 5-1. Bruno Fernandes tampil gemilang dengan mencetak hattrick (30', 54', dan 60'). Sementara, koleganya di lini tengah, yakni Paul Pogba, tak kalah mentereng dengan menciptakan empat assist dalam duel ini. Dua gol kemenangan sisanya dicetak Mason Greenwood (52'), dan Fred (68').

Dikutip dari Opta dan Squawka, berikut merupakan deretan rekor yang diciptakan MU dan para pemainnya saat menang atas Leeds 5-1.

Baca Juga: Hasil Premier League: MU, Chelsea, dan Liverpool Ganas

1. Ulangi sejarah

Fakta MU Usai Cukur Leeds, Fernandes dan Pogba Cetak RekorManchester United bekul Leeds United dengan skor 5-1. (Twitter/@ManUtd).

MU mampu meraih kemenangan lima gol atau lebih untuk kedua kalinya dalam sejarah perjalanan klub di Liga Premier League. Sebelumnya, mereka menang dengan skor yang sama pada Premier League musim 2006/2007. Kala itu Cristiano Ronaldo Cs mampu menundukkan Fulham dengan skor 5-1 pula.

Catatan manis itu tentu jadi penanda yang baik bagi kiprah mereka di Premier League musim ini. Sebab, saat mencetak rekor pada 15 tahun silam, MU berhasil keluar sebagai juara di akhir musim. 

Kemenangan ini juga jadi grafik yang baik bagi tim besutan Ole Gunnar Solskjaer. Musim lalu, MU harus melewati tiga kekalahan dan sekali imbang untuk meraih kemenangan perdana di Old Trafford.

2. Bruno Fernandes sejajar legenda MU

Bagi MU, tiga gol Fernandes dan empat assist Pogba, juga menciptakan rekor lain. Sebelumnya, MU dua kali menang saat satu pemain menciptakan hatrrick dan setidaknya tiga assist, yakni saat menang atas Arsenal (Wayne Rooney tiga gol, Ashley Young tiga assist) pada 2011 dan mencukur Barnsley (Andy Cole tiga gol, Solskjaer tiga assist) pada 1997.

Untuk Fernandes, ada rekor pribadi yang dicetaknya. Dia menjadi pemain MU pertama yang mencetak hattrick pada duel pembuka musim kompetisi kasta tertinggi, sejak Lou Macari melakukannya pada 1977/1978.

Dia juga tercatat jadi pemain ke-10 di Premier League yang mampu menciptakan trigol di laga pembuka. Hal itu membuat Leeds dua kali beruntun dibobol lewat hattrick pemain, setelah musim lalu jadi korban keganasan Mohamed Salah.

3. Pogba juga buat rekor untuk Setan Merah

Pogba juga mencatatkan rekor pribadi saat bermain gemilang melawan Leeds. Dia tercatat sebagai pemain Premier League ketujuh yang mampu menciptakan empat assist dalam satu pertandingan. Hebatnya, Pogba jadi satu-satunya pemain MU yang berhasil mencetak torehan itu

Pemain asal Prancis tersebut juga tercatat sebagai pemain kedelapan MU yang bisa mencatatkan tiga assist atau lebih dalam satu pertandingan Premier League. Itu merupakan catatan hebat lainnya usai hal serupa ditorehkan terakhir kali oleh Antonio Valnecia pada musim 2001. 

Terlepas dari rekor itu, Solskjaer enggan menyebut Fernandes dan Pogba jadi bintangnya. Dia merasa, semua pemain berperan besar dalam kemenangan MU atas Leeds.

"Saat Fernandes dan Pogba tampil gemilang, semua pujian mengarah kepada mereka. Namun, semua ini merupakan kerja tim. Saya mengapresiasi semuanya. Saya tak bisa meminta lebih dari ini," ujar Solskjaer dikutip BBC Sport.

Baca Juga: Perang Urat Saraf dari Bruno Fernandes Buat Rival MU

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya