Garuda Select Selesai Tempuh Kelas Kepelatihan Level 1 di FA Inggris

Sebagai bekal pemain menyambut karier di masa depan

Jakarta, IDN Times - Selain mendapatkan pengalaman berlatih langsung di bawah arahan dua sosok penting di sepak bola Inggris, Dennis Wise dan Des Walker, para pemain Garuda Select juga dibekali kemampuan lain. Salah satunya adalah soal ilmu kepelatihan.

Sejak kembali dari Italia, awal Februari 2020, Bagus Kahfi dan kolega mendapatkan Kelas Kepelatihan Level 1 FA di setiap pekannya. Kamis (5/3), merupakan periode terakhir mereka mendapatkan materi kepelatihan.

1. Tujuan awalnya, agar pemain Garuda Select siap dengan kebutuhan karier di masa depan

Garuda Select Selesai Tempuh Kelas Kepelatihan Level 1 di FA InggrisKelas Kepelatihan Level 1 yang dijalani Garuda Select di Inggris. Dok. Mola TV

Menurut penjelasan di situs resmi FA, Kelas Kepelatihan Level 1 ini merupakan fase perkenalan dalam persiapan mengejar lisensi pelatih di Inggris. Materi yang diajarkan adalah bagaimana mendalami filosofi permainan agar bisa menjadi pendukung bagi para pemain muda ketika beranjak menjadi pelatih di masa mendatang.

Kelas ini diawasi langsung oleh Steve Pritchard, ofisial dari FA, selaku induk organisasi sepak bola di Inggris. Menurut asisten pelatih Garuda Select, Danny Holmes, sesi ini dimaksudkan agar para pemain lebih siap menghadapi tuntutan kebutuhan sepak bola modern di masa mendatang.

Baca Juga: Rafli Asrul dan Peran Suffaco di Garuda Select

2. Kelas ini juga diharapkan menambah kepercayaan diri pemain di atas lapangan

Garuda Select Selesai Tempuh Kelas Kepelatihan Level 1 di FA InggrisPara pemain Garuda Select merayakan gol ke gawang Preston North End. Dok. Mola TV

"Para tutor ini bisa memberikan wawasan baru kepada para pemain tentang dunia kepelatihan, terutama dengan para pemain muda di akar rumput. Ada beberapa sesi yang dirancang agar para pemain bisa berkomunikasi lebih baik lagi. Baik di dalam maupun di luar lapangan. Kepercayaan diri para pemain juga bertambah," kata Danny Holmes kepada Mola TV.

"Ini adalah sesi penutup dari rangkaian selama sebulan belakangan. Setelah ini, diharapkan para pemain bisa lebih mengerti soal permainan (sepak bola). Terutama ketika harus mempraktikkan teori di atas lapangan," tambah Holmes.

3. Ada 4 pemain absen pelatihan ini karena diberi istirahat

Garuda Select Selesai Tempuh Kelas Kepelatihan Level 1 di FA InggrisBrylian Aldama baru saja tandatangani kontrak dengan agen di Eropa. IDN Times/Isidorus Rio Turangga

Dari seluruh pemain Garuda Select, ada empat pemain yang tidak ikut serta dalam sesi kali ini. Mereka adalah Risky Sudirman, Fajar Fathur Rahman, David Maulana, dan Brylian Aldama.

Keempat pemain tersebut memang mendapatkan porsi latihan terpisah, khusus untuk hari ini. Selain itu, mereka sudah pernah mendapatkan kelas kepelatihan serupa pada Garuda Select musim pertama.

Mereka juga diketahui tampil penuh para laga terbaru menghadapi Reading, Selasa (3/2). Oleh karena itu, pelatih memberi mereka hari libur pada Rabu, sebelum kembali berlatih. Latihan meliputi pemulihan kondisi tubuh setelah pertandingan, sekaligus untuk mempersiapkan diri jelang menghadapi Bournemouth pada Rabu (11/3).

 

Saksikan perjuangan Garuda Select GRATIS hanya melalui aplikasi Mola TV. Ikuti terus perkembangan Garuda Select hanya di Mola TV. Download aplikasi Mola TV di App Store dan Google Play untuk bisa menonton secara resmi, mudah, dan gratis!

Baca Juga: Kasus COVID-19 Melonjak di Inggris, Bagaimana Kabar Garuda Select?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya