Comscore Tracker

Gol Masa Kritis Spanyol Hentikan Dongeng Jepang di Olimpiade Tokyo

Asensio berhasil menjadi pahlawan kemenangan Spanyol

Jakarta, IDN Times - Tuan rumah Jepang gagal melaju ke final cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020. Justru, Spanyol yang mencuri tiket terakhir memperebutkan medali emas usai menang dengan skor tipis 1-0 di Ibaraki Khasima Stadium, Selasa (3/8/2021).

Spanyol harus melewati duel ketat melawan tuan rumah sebelum memastikan kemenangan dalam semifinal. Mereka bahkan harus menjalani laga hingga babak perpanjangan waktu. Beruntung Marco Asensio berhasil mencetak gol pada menit 115, sekaligus memastikan kemenangan untuk timnya. 

Hasil ini membuat Spanyol dipastikan berhadapan dengan Brasil dalam final yang digelar di International Yokohama Stadium pada 7 Agustus 2021. Tim Samba berhasil lolos ke final usai menundukkan Meksiko dalam drama adu penalti yang berjalan cukup menegangkan.

1. Jalannya pertandingan di awal babak pertama

Gol Masa Kritis Spanyol Hentikan Dongeng Jepang di Olimpiade Tokyoinstagram.com/pedrigonzalez

Tampil sebagai tim tamu, Spanyol lebih mendominasi jalannya laga sejak dimulai. Tim asuhan Jose Luis de La Fuente mampu menampilkan kombinasi umpan-umpan pendek yang cepat. Dua gelandang muda, Pedri dan Mikel Merino, mampu mendistribusikan dengan baik kepada lini serang Spanyol.

Sementara, Jepang bermain sabar. Mereka hanya menunggu para pemain Spanyol di garis pertahanan sendiri. Tim Matahari Terbit hanya mengandalkan serangan balik cepat dan memanfaatkan kecepatan para pemain mudanya, seperti Takefusa Kubo.

Beberapa kali, trio penyerang Spanyol yang diisi Mikel Oyarzabal, Rafa Mir, dan Dani Olmo, berhasil membuat ancaman ke gawang Jepang yang dikawal  Kosei Tani. Hanya saja, hingga duel berlangsung 20 menit, para pemain belakang Jepang masih tampil disiplin menjaga lini pertahanan agar tak bobol.

Baca Juga: Brasil Lolos ke Final Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020

2. Takefusa Kubo membuat lini belakang Spanyol kerja keras

Gol Masa Kritis Spanyol Hentikan Dongeng Jepang di Olimpiade TokyoJepang vs Spanyol di Olimpiade Tokyo 2020. (kyodonews.net).

Jepang sebetulnya beberapa kali mampu membuat peluang berbahaya. Daichi Hayashi beberapa kali lolos dari pengamatan para pemain belakang Spanyol yang digalang dua palang pintu kuat, Eric Garcia dan Pau Torres. Namun, Unai Simon masih belum mendapatkan tekanan berarti.

Jepang kembali membuat peluang berbahaya pada menit 42. Berawal dari aksi individu Kubo, para pemain Spanyol sedikit terpancing ke sisi kanan pertahanan. Kubo yang meliuk-liuk mampu melepaskan umpan cukup baik. Sayang, para penyerang Jepang belum bisa menyelesaikannya jadi gol.

Kedua tim berusaha mencetak gol untuk bisa unggul pada babak pertama ini. Beberapa ancaman pun berhasil dibuat kedua tim. Namun, hingga 45 menit pertama habis, belum ada satupun gol berhasil diciptakan. Walhasil, duel Jepang vs Spanyol di babak pertama berakhir sama kuat 0-0.

3. Tak ada tim yang berhasil cetak gol di babak kedua

Gol Masa Kritis Spanyol Hentikan Dongeng Jepang di Olimpiade TokyoJepang vs Spanyol di Olimpiade Tokyo 2020. (marca.com).

Usai turun minum, para pemain Jepang lebih berani keluar menyerang. Mereka tak lagi banyak menunggu bola di lapangan. Hasilnya cukup baik. Pada menit 51, Jepang sudah berhasil menciptakan peluang berbahaya melalui aksi kombinasi Hayasi dan Reo Hatate. Sayang, sepakan Hatate masih belum mencapai sasaran.

Spanyol sebetulnya juga berhasil menciptakan beberapa peluang berbahaya, salah satunya dari Rafa Mir pada menit 70. Namun, usahanya digagalkan Kosei Tani yang bermain gemilang di bawah mistar gawang Jepang.

Kubo hampir membuat Jepang unggul menit ke 78. Usai meliuk-liuk di dalam kotak penalti sebelah kanan Spanyol, dia melepaskan sepakan keras ke arah gawang. Beruntung Unai Simon masih begitu sigap menahan bola. Spanyol pun terhindar dari kebobolan dalam laga ini.

Di sisa babak kedua, Spanyol beberapa kali menciptakan peluang lewat Mikel Oyarzabal hingga Rafa Mir. Namun, lagi-lagi kedisiplinan pemain Jepang masih membuat mereka gagal mencetak gol. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya skor masih belum berubah. Duel pun dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu.

4. Spanyol cetak gol kemenangan di masa kritis

Gol Masa Kritis Spanyol Hentikan Dongeng Jepang di Olimpiade TokyoJepang vs Spanyol di laga Olimpiade Tokyo 2020. (tbrfootball.com).

Pada babak pertama perpanjangan waktu, kedua kesebelasan tak mampu menciptakan peluang berbahaya. Mereka lebih sering berkutat dengan bola di lini tengah. Tercatat, hanya satu peluang diciptakan penyerang Jepang, Daizen Maeda. Hingga 15 menit pertama berakhir, kedua tim masih bermain dengan skor kacamata.

Memasuki babak kedua, Spanyol berusaha menyelesaikan pertandingan tanpa melewati adu tos-tosan. Mereka menggempur pertahanan Jepang yang mulai kehilangan konsentrasi. Hasilnya cukup efektif, karena Marco Asensio akhirnya bisa menceploskan bola ke gawang Jepang menit 115. Skor berubah 1-0 untuk Spanyol.

Jepang berusaha mengejar ketertinggalan untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun, karena waktu yang tersisa sangat terbatas, Jepang gagal menciptakan gol hingga perpanjangan waktu babak kedua selesai. Laga pun akhirnya dimenangkan Spanyol dengan skor tipis 0-1.

Baca Juga: Kisah Raket Senar Tali Pancing Apriyani Rahayu Antar Juara Olimpiade

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya