Hadapi Musim 2019, 4 Pemain Asing Ini Jalani Proses Naturalisasi

Semua pemain lebih dari lima tahun berkiprah di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menjadikan pemain asing sebagai pemain lokal bukan barang baru di pentas sepakbola nasional. Sejak medio 1950-an, Indonesia sudah mengalami hal itu. Beranjak enam dekade selanjutnya, hal itu terulang bahkan sempat menjadi proyek mercusuar.

Tepatnya pada 2010, PSSI di bawah bendera Nurdin Halid memiliki program untuk menaturalisasi pemain asing untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI). Nama-nama yang menjadi prioritas dalah pemain-pemain yang memiliki darah Indonesia.

Namun, selanjutnya, tak melulu mesti keturunan Indonesia. Pemain asing yang sudah memenuhi syarat menjadi WNI, dibantu oleh PSSI untuk 'di-Indonesia-kan'. Semua itu dilakukan PSSI demi memperkuat tim nasional. Cara itu diambil lantaran dinilai sebagai cara instan untuk mengatrol prestasi timnas di pentas global.

Kini, me-WNI-kan pemain asing masih terus terjadi. Bedanya, bukan nafsu PSSI, melainkan kecenderungannya adalah nafsu klub. Naturalisasi dilakukan bukan semata-mata untuk kebutuhan timnas, namun, untuk kepentingan klub bersaing di kompetisi. Musim lalu, beberapa nama terbaru, seperti Alberto Goncalves dan Esteban Vizcarra dibantu Sriwijaya FC untuk menjadi WNI.

Selain itu juga, ada juga keinginan pemain sendiri untuk mengubah kewarganegaraannya demi melewati regulasi pemain asing di Liga 1. Naturalisasi dilakukan agar dirinya tak menghabiskan kuota pemain asing. Itu menjadi salah satu cara legal pemain asing mempertahankan kariernya di kancah sepakbola nasional.

Lalu, siapa sajakah pemain yang tengah menjalani proses naturalisasi sejauh ini?

1. Yu Hyun-koo (Korea Selatan)

Hadapi Musim 2019, 4 Pemain Asing Ini Jalani Proses NaturalisasiTwitter/@persib

Kapten Sriwijaya FC, Yu Hyun-koo, tengah melakukan proses naturalisasi untuk menjadi WNI. Setelah delapan tahun tampil di kompetisi sepakbola Indonesia, Hyun-koo memilih melepas kewarganegaraan Korea Selatan.

“Yu Hyun-koo sudah mengurus sendiri proses naturalisasi secara cepat. Ia sudah mengurusnya secara pribadi," kata manajer Sriwijaya FC, Ucok Hidayat.

Walau belum jelas alasan kenapa pemain berusia 35 tahun memilih jadi WNI, kabar beredar bahwa pemain yang bersangkutan melakukan proses naturalisasi demi tetap bermain bersama Sriwjaya FC untuk mengarungi Liga 2 musim depan. Kemungkinan prosesnya pun akan selesai pada awal tahun 2019 atau sebelum kompetisi dimulai.

Baca Juga: Sudah Masuk Tahun 2019, Liga 1 Indonesia Kapan Dimulai?

2. Shohei Matsunaga (Jepang)

Hadapi Musim 2019, 4 Pemain Asing Ini Jalani Proses NaturalisasiTwitter/@60th_jpid

Pemain asal Jepang itu sudah mengungkapkan keinginannya untuk menjadi WNI tahun 2017 lalu. Bahkan di tahun tersebut dirinya juga sudah mengajukan proses menjadi WNI. Hanya, sejauh ini masih belum ada keputusan resmi dari pemerintah Indonesia.

Sudah tujuh tahun ia malang melintang di kompetisi sepakbola Indonesia. Tercatat dirinya telah membela lima klub berbeda selama ini, di antaranya Persib Bandung, Persiba Balikpapan, Gresik United, Persela Lamongan, hingga PSMS Medan. Tentu, jika tahun ini proses naturalisasinya selesai, hal itu akan membuat banyak klub menginginkan jasanya.

3. Fabiano Beltrame (Brasil)

Hadapi Musim 2019, 4 Pemain Asing Ini Jalani Proses NaturalisasiTwitter/@fabianobeltrame

Bek tangguh Madura United, Fabiano Beltrame, juga sudah mengurus proses untuk bisa menjadi WNI sejak awal Desember lalu. Hal itu dilakukannya demi bisa bertahan bersama skuat Laskar Sape Kerrab musim depan. Pasalnya, Madura United memberikan syarat khusus, yakni mengubah status menjadi pemain lokal jika Fabinao ingin bertahan.

Proses naturalisasi pemain yang sudah merumput di Liga Indonesia sejak 2005 silam itu pun kini tengah dibantu oleh manajemen Madura United.

"Fabiano ini akan kami proyeksikan sebagai pemain lokal. Kami sudah mulai mengurus di awal bulan kemarin untuk naturalisasi (Fabiano)," beber manajer Madura United, Haruna Soemitro.

4. Silvio Escobar (Paraguay)

Hadapi Musim 2019, 4 Pemain Asing Ini Jalani Proses NaturalisasiTwitter/@JacatraNet

Pemain kelahiran Paraguay, Silvio Escobar, sudah kadung betah tinggal di Indonesia. Pasalnya, Escobar memiliki istri orang Indonesia bernama Messy Marsita dan sudah dikaruniai anak. Tak pelak hal itu membuatnya lebih memilih hidup bersama istrinya ketimbang pulang ke kampung halamannya.

Kini, pemain berusia 31 tahun tersebut tengah menunggu pengesahan dari proses yang dilakukannya sejak awal 2018 lalu. Jika tahun ini selesai, kesempatannya untuk tetap bermain di Liga 1 akan lebih besar.

Baca Juga: Kompetisi Liga 1 Diputuskan Setelah Kongres PSSI 2019

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya