Hadapi Timor Leste, Pertahanan Timnas U-15 Bakal Diuji

Timor Leste adalah tim terproduktif di Grup A

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-15 akan menghadapi Timor Leste dalam laga lanjutan Piala AFF U-15 yang bakal digelar di Stadion Chonburi, Thailand, Rabu (31/7).

Walau sudah berhasil mengemas enam poin, kemenangan akan tetap menjadi target Timnas U-15 dalam laga nanti. Maklum, posisi Timnas U-15 belum aman di klasemen karena Grup A karena masih menyisakan tiga laga lagi.

Selain itu, Timnas U-15 juga masih berada di posisi runner up, tepatnya satu tingkat di bawah calon Timor Leste.

1. Timnas U-15 punya lini belakang yang solid

Hadapi Timor Leste, Pertahanan Timnas U-15 Bakal Diujiaseanfootball.org

Skuat Garuda sebetulnya punya modal bagus menghadapi laga nanti. Dalam dua laga yang sudah dijalani, tak sekalipun mereka kebobolan. Hal itu menunjukkan bahwa kekuatan lini belakang Timnas U-15 tak cukup solid.

Namun, Pelatih Timnas U-15, Bima Sakti menilai masih ada kekurangan yang harus diperbaiki oleh timnya. Bima Sakti juga tak ingin terbuai pada performa gemilang anak asuhnya saat bentrok melawan Vietnam dan Singapura.

"Kami akan evaluasi dan perbaiki kekurangan tim. Selain itu, kami juga akan sama-sama mempelajari kekuatan Timor Leste, hal-hal apa yang perlu kami waspadai dan yang bisa kami manfaatkan untuk mendapatkan hasil maksimal," kata Bima dalam rilis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Mengintip Kans Timnas U-15 Lolos ke Fase Gugur Piala AFF 2019

2. Timor Leste jadi tim paling produktif

Hadapi Timor Leste, Pertahanan Timnas U-15 Bakal Diujiaseanfootball.org

Wajar jika Bima Sakti punya kewaspadaan lebih. Pasalnya, Timor Leste bukan tim kelas dua lagi di turnamen ini. Buktinya mereka berhasil menjadi tim paling produktif dengan mencetak 10 gol dan hanya kebobolan dua gol saja dalam dua laga yang telah dijalani.

Jika dirata-ratakan, Timor Leste mampu mencetak lima gol per laga. Hal itu tentu jadi ujian konsistensi lini belakang Timnas U-15 yang juga tampil cukup menawan di laga-laga sebelumnya.

3. Timor Leste terus menunjukkan perkembangan bagus

Hadapi Timor Leste, Pertahanan Timnas U-15 Bakal DiujiInstagram/@aff.presse

Menurut pelatih Timor Leste, Khim Shin Wan, timnya terus menunjukkan perkembangan dan sudah lebih mampu mengendalikan situasi usai melihat dua laga terakhir timnya. "Kini para pemain mengontrol bola dengan lebih baik dan umpan-umpannya bagus," ujarnya.

4. Pelatih Timor Leste bakal manfaatkan topskor-nya

Hadapi Timor Leste, Pertahanan Timnas U-15 Bakal DiujiInstagram/@aff.presse

Khim pun masih akan memaksimalkan dua orang topskorer Timor Leste, yakni Alexandro Kefi dan Paulo Domingos Freitas yang masing-masing sudah mengoleksi empat gol. Bahkan, nama terakhir diakui Khim sebagai pemain yang memiliki kemampuan menonjol.

"Mengenai kinerja kapten tim, Paulo, Shinwan mengatakan pemain memiliki teknik yang baik dan memiliki masa depan yang cerah," tukas dia menilai anak asuhnya yang diprediksi bakal menyulitkan pemain belakang Timnas U-15.

5. Susunan pemain Timnas U-15 vs Timor Leste

Hadapi Timor Leste, Pertahanan Timnas U-15 Bakal Diujiaseanfootball.org

Timnas Indonesia U-15 (4-3-3): I Made Putra Kaicen; Alfin Farhan Lestaluhu, Kadek Arel Priyatna, Marcell Januar Putra, Alexandro Felix Kamuru; Dimas Juliono Pamungkas, Marselino Ferdinan, Ruy Arianto; Muhammad Valeron, Wahyu Agong Drajat Mulyono, Mochamad Faizal Shaifullah.

Timor Leste U-15 (4-3-3): Filonito Nogueira; Fernando De Carvalho, William Quintas Vong, Danilo M. Alves, Neldinho; Cristevao Fernandes, Zenivo Mota, Julinho Da CostaSerafin Da S. Brito, Alexandro Kefi, Paulo Freitas.

Baca Juga: Raih Dua Kemenangan, Timnas Indonesia U-15 Belum Bisa Naik Posisi 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya