Comscore Tracker

Ikuti TC Virtual Timnas Indonesia, Pemain Persija Pilih Jaga Makanan

Timnas U-18 sudah latihan secara virtual sejak 14 Mei 2020

Jakarta, IDN Times - Terobosan baru dilakukan Shin Tae-yong di tengah pandemik COVID-19 ini. Ia menggelar pemusatan latihan (TC) virtual Tim Nasional Indonesia U-19 sejak 14 Mei 2020. Sebanyak, 44 nama pun antusias mengikuti arahan walau tak berkumpul bersama.

"Latihan ini untuk menjaga kebugaran pemain dan materinya meliputi core training, weight training, dan aerobic exercise. Intensitas latihan dari ringan, sedang dan akan masuk intensitas tinggi pada minggu ini," kata asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto.

1. Pemain Timnas bakal kembali latihan pada 26 Mei 2020

Ikuti TC Virtual Timnas Indonesia, Pemain Persija Pilih Jaga MakananPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Namun demikian, sejak tanggal 23-25 Mei 2020, pemain diliburkan terlebih dahulu karena bertepatan libur Lebaran. Pemain baru akan kembali berlatih pada 26 Mei mendatang, yang terbagi dalam dua sesi, yakni pagi dan sore. Waktu tersebut berbeda dari sebelumnya, yakni pukul 20.00 WIB, lantaran para pemain sudah selesai menjalankan ibadah puasanya.

"Karena saat itu hampir semua pemain menjalankan ibadah puasa, jadi kami melakukan latihan pada malam hari," ujar pria yang saat masih aktif bermain ini pernah berseragam Persib.

Baca Juga: Pemain Timnas yang Jalani TC Perdana Bukan Pilihan Shin Tae-yong?

2. Pemain muda Persija pilih-pilih makanan

Ikuti TC Virtual Timnas Indonesia, Pemain Persija Pilih Jaga MakananSandi Arta Samosir, Pemain Persija. (persija.id).

Namun demikian, tim pelatih tetap mengawasi dengan ketat bagaimana pola makan sampai intensitas latihan. Hal itu pula yang membuat namanya terdaftar dari 44 pemain yang dipanggil Shin pemain Persija U-18, Sandi Arta Samosir senantiasa mengikuti instruksi Shin Tae-yong.

Dia kini memilah-milah makanan mana yang tepat untuk tubuhnya. Sandi tak lagi makan yang mengandung cukup banyak lemak seperti opor ayam, rendang, ketupat sayur, dan lain-lain. Termasuk mengonsumsi gorengan, karena makanan tersebut tidak bagus untuk tubuh pesepak bola profesional.

“Ya kami sudah diingatkan mengenai asupan yang boleh dan tidak boleh dimakan selama Lebaran berlangsung. Saya sendiri siap menjalani intruksi tersebut,” ujar Sandi.

3. Timnas U-19 melakukan persiapan menuju Piala Dunia U-20 2021

Ikuti TC Virtual Timnas Indonesia, Pemain Persija Pilih Jaga MakananIDN Times/Herka Yanis P

Beberapa nama pemain muda berkualitas masuk dalam TC tahap kedua Shin Tae-yong kali ini, sebut saja Beckham Putra (Persib), Andra Oktaviansyah (TIRA-Persikabo U-18), Mochammad Supriyadi (Persebaya), sampai Witan Sulaeman (FC Radnik Surdulica).

Skuat Garuda Muda ini dipersiapkan untuk mengikuti Piala AFC U-19 yang akan bergulir pada 14-30 Oktober mendatang di Uzbekistan. Dan pada tahun 2021 mendatang akan mengikuti Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

Baca Juga: Kisah Pemain Timnas U-16, Kulak Ikan hingga Jualan Kue di Pasar 

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya