Ini Alasan Shin Tae Yong Tinggalkan Timnas Indonesia ke Korea Selatan

Shin Tae Yong berobat di kampung halaman

Jakarta, IDN Times - Shin Tae Yong akhirnya buka soal alasan kepulangannya ke Korea Selatan setelah mendampingi Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2020. Ia mengatakan sengaja pulang ke Korsel untuk menjalani pengobatan dan check up.

Shin Tae Yong sempat memimpin skuat Garuda menjalani tiga laga sisa di Dubai Uni Emirat Arab (UEA). Timnas Indonesia hanya bisa meraih sekali imbang melawan Thailand, serta dua kali menderita kekalahan dari Vietnam dan UEA.

Setelah itu para pemain kembali ke klubnya masing-masing. Sementara Shin Tae Yong langsung pulang kampung bersama para asistennya.

1. Shin tae Yong mengklarifikasi maksud kepulangannya

Ini Alasan Shin Tae Yong Tinggalkan Timnas Indonesia ke Korea SelatanLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Shin memberikan klarifikasi atas pemberitaan sejumlah media Korsel dan Indonesia yang menyebut dirinya pulang ke Korea Selatan dalam kondisi tidak ada masalah terhadap kesehatannya.

"Saya meminta izin kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) agar saya dapat pulang ke Korea Selatan dengan pertimbangan efek COVID-19 yang pernah saya alami. Saya akan berobat dan check up di Korea Selatan," kata Shin dikutip laman resmi PSSI pada Jumat (2/7/2021).

Ia mengatakan alasan lain karena saat ini tidak memungkinkan digelarnya pemusatan latihan Timnas karena kasus COVID-19 yang menggila.

"Begitu selesai melakukan pengobatan tentu saya akan segera kembali ke Indonesia," katanya.

Baca Juga: Benahi Mental Pemain, Shin Tae Yong Incar 3 Poin di Laga Terakhir

2. Empat asisten Shin ikut pulang

Ini Alasan Shin Tae Yong Tinggalkan Timnas Indonesia ke Korea SelatanPelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong (berdiri, ketiga dari kiri) sedang memberikan arahan di sela-sela sesi pemusatan latihan Timnas U-19 di Stadion Madya GBK Jakarta pada Kamis (20/8/2020). (Dok. PSSI)

Selain Shin, empat asisten pelatih Timnas Indonesia, yakni Choi In-cheul, Kim Woo-jae, Kim Hae-won dan Lee Jae-hong juga turut kembali ke negaranya. Tak tahu jelas alasan keempatnya mengikuti langkah Shin untuk pulang.

Saat ini PSSI menunggu update road map terbaru lagi dari Shin Tae-yong sembari menjalani pengobatan di Korea Selatan. PSSI pun berharap Shin Tae-yong cepat sembuh dan segera kembali melatih Timnas Indonesia.

3. PSSI tunda TC Timnas U-18

Ini Alasan Shin Tae Yong Tinggalkan Timnas Indonesia ke Korea SelatanDok.IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Shin direncanakan mulai menyiapkan tim untuk tampil di Piala Dunia U-20. PSSI bahkan sudah menjadwalkan pemusatan latihan (TC) untuk Timnas Indonesia U-18 yang disiapkan untuk ajang sepak bola paling elite di kelompok umur itu pada 2023.

TC Timnas U-18 direncanakan dimulai 28 Juni hingga 15 Juli 2020 dan bakal diikuti sebanyak 144 pemain. Hanya saja, semua rencana itu gagal. Selain karena Shin dan asistennya pulang ke Korsel, kondisi pandemik COVID-19 membuat langkah tersebut harus mundur.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tantang Taiwan di Play-off Piala Asia 2023

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya