Comscore Tracker

Jalani Laga Terakhir, Hariono Bantu Persib Hajar PSM dengan Telak!

Hariono cetak 1 gol di pesta gol ini

Jakarta, IDN Times - Persib berhasil menutup Shopee Liga 1 2019 dengan kemenangan. Mereka mampu menjinakkan tamunya PSM dengan skor telak 5-2 dalam laga yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/12).

Tampil di hadapan puluhan ribu pendukungnya, Persib tampil dengan pemain-pemain bernaluri menyerang. Nama-nama macam Ghozali Siregar, Febri Hariyadi, dan Esteban Vizcarra yang notabene memiliki kecepatan dan kemampuan individu yang baik, main pada awal laga. Wahasil, Maung Bandung tampil agresif sejak pertandingan dimulai.

Namun, petaka justru hadir bagi Persib. Mereka harus tertinggal 0-1 dari tamunya ketika memasuki menit keenam. Berasal dari aksi individu Rizki Eka di sisi kanan pertahanan Persib, ia langsung bisa mengirimkan umpan matang yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Ferdinand Sinaga.

Tertinggal satu gol membuat Persib tersengat. Tak berselang lama, Ezechiel N'Douassel mampu merobek gawang PSM. Sepakan kerasnya di dalam kotak penalti mengenai salah satu bek Juku Eja sehingga bola berbelok dan membuat kiper Hilman Syah terkecoh. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Kedua tim cenderung sulit terus berusaha kembali mencetak gol untuk bisa unggul. Namun, hingga menit ke-15 kedua tim belum mampu mengubah keadaan. Baru dua menit setelahnya Persib hampir mencetak gol lewat sepakan jarak jauh Vizcarra. Sayang bola tak mengarah ke gawang padahal Hilman Syah sudah tak berada di sarangnya.

Tuan rumah kembali unggul pada menit ke-32. Ezechiel kembali berhasil merobek gawang Hilman melalui sepakan first time di dalam kotak penalti, menerima umpan matang Febri Hariyadi di sisi kanan pertahanan PSM, sehingga skor pun berubah untuk keunggulan Persib jadi 2-1.

Asnawi dan kolega sebetulnya berusaha untuk menyamakan kedudukan pada sisa waktu babak pertama. Namun, belum ada gol terjadi hingga turun minum, sehingga babak pertama ditutup dengan keunggulan Persib 2-1.

Memasuki babak kedua, Persib langsung menggebrak. Febri kembali membuat peluang untuk memperlebar jarak. Sebaliknya, PSM terlihat sedikit kaget meladeni permainan Persib yang langsung memainkan permainan cepat.

Menit ke-53, legenda Persib, Hariono masuk untuk menjalankan laga terakhirnya. Ia menggantikan Ghozali Siregar di lini tengah. Kontribusinya ternyata cukup maksimal. Ia berhasil membuat lini serang Persib lebih hidup pada babak kedua. Bahkan mampu mencetak gol lewat titik putih pada menit ke-67 yang membuat Persib unggul jadi 3-1.

Tiga menit berselang, peran maksimal kembali ditunjukkan pemain asal Sidoarjo tersebut. Hariono berhasil memberikan umpan terobosan matang yang berhasil dimanfaatkan Ezechiel untuk mencetak gol ketiganya dalam laga itu sekaligus memperlebar skor untuk Persib jadi 4-1.

Pada menit ke-73, PSM berhasil memperkecil kedudukan menjadi 4-2. Mantan pemain Persib, Raphael Maitimo mampu mencatatkan namanya di papan skor usai membobol gawang I Made Wirawan dengan sundulan, menerima umpan matang rekannya dari sisi kanan pertahanan Persib.

Ezechiel benar-benar tampil kesetanan dalam laga ini. Pemain berpaspor Chad itu kembali membuat pertahanan PSM porak-poranda. Ia berhasil meliuk mengelabui bek-bek PSM dan mengakhirinya dengan sepakan keras yang berhasil membuat Persib unggul jadi 5-2.

Tim besutan Darije Kalezic melakukan beberapa perubahan agar timnya bisa kembali memperkecil jarak. Beberapa pemain, seperti Muhammad Taufik dan pemain muda, Takwir dimasukkan. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan PSM tetap gagal mencetak gol. Persib pun berhasil menyelesaikan laga 5-2.


Susunan pemain:

Persib Bandung (4-3-3): I Made Wirawan; Supardi Natsir, Achmad Jufriyanto, Indra Mustafa/Henhen Herdiana, Zalnando; Dedi Kusnandar, Ghozali Siregar/Hariono, Omid Nazari; Febri Hariyadi, Ezechiel N'Douassel/Kevin van Kippersluis, Esteban Vizcarra.

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah; Asnawi Mangkualam, Rafael Maitimo, Beny Wahyudi/Muhammad Taufik, Hasyim Kipuw; Muhammad Arfan, Rasyid Bakri/Takwir, Rizki Pellu; Rizki Eka, Ezra Walian, Ferdinad Sinaga.

Baca Juga: Siapkan Tim untuk Musim Depan, Persib Buru Yevhen Bokhashvili?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya