Comscore Tracker

Jose Mourinho Protes Gawang Shkendija Kekecilan, Kok Bisa Ya?

Ia meminta gawang segera diganti

Jakarta, IDN Times - Bukan Jose Mourinho jika tak melakukan tindakan kontroversial yang menghebohkan publik. Jumat dini hari tadi misalnya, pelatih Tottenham Hotspur ini mendadak meminta gawang di lapangan diganti.

Permintaan tersebut diajukan Mourinho hanya beberapa saat sebelum timnya bentrok dengan tuan rumah Shkendija di Stadion Todor, Proeski, Jumat (25/9/2020) dini hari. Alasannya gawang tersebut berukuran lebih kecil dari standar yang sudah ditentukan.  

Melihat kejanggalan tersebut, eks juru taktik Inter Milan itu pun langsung melaporkan jika gawang yang jadi markas Shkendija tersebut lebih kecil lima sentimeter kepada otoritas sepak bola Eropa, UEFA.

1. Mourinho mengukur langsung gawang di Stadion Todor

Menariknya, Mourinho juga mengunggah beberapa foto di akun instagram pribadinya saat berada di gawang tersebut. Dia mengangkat tangganya ke atas seakan dengan mudah menggapai mistar gawang. Padahal sebelumnya, dia merasa hal itu sulit dilakukan.

Sedangkan, kiper utama Tottenham asal Prancis, Hugo Lloris bahkan tak usah bersusah payah untuk loncat jika ingin menyentuh mistar tersebut. Dengan berdiri tegak dan mengangkat tangannya ke atas, Lloris sudah bisa menyentuh mistar bagian atas.

"Sebelum laga dimulai, sempat terjadi kejadian lucu. Kiper (Tottenham) merasa ukuran gawang yang ada di lapangan lebih kecil dari biasanya," kata Mourinho dikutip Sky Sport.

Baca Juga: Inilah 5 Pembelian Pemain Paling Mahal dalam Karier Jose Mourinho

2. Mourinho minta gawang diganti

Jose Mourinho Protes Gawang Shkendija Kekecilan, Kok Bisa Ya?twitter.com/LPI_MY/

Pelatih berusia 57 tahun tersebut mengatakan jika kiper-kiper sudah sewajarnya tahu ukuran gawang. Sebab mereka melewatkan banyak waktu di bawah mistar. Walhasil, jika ada kejanggalan sedikit pun, mereka bakal merasakannya.

"Mereka menghabiskan berjam-jam di bawah mistar. Sehingga, mereka tahu jika ukuran gawang tak sesuai. Sementara, saya tahu setelah mengecek langsung ke lapangan. Setelah itu saya yakin jika gawang ini tak beres," ujar Mourinho.

Hal itu yang membuatnya yakin melaporkan masalah itu kepada delegasi FIFA yang mengawasi pertandingan babak ketiga Liga Europa tersebut dan meminta mereka untuk mengganti gawang sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh FIFA.

3. Tottenham berhasil mengalahkan Shkendija dan lolos ke babak play-off Liga Europa

Jose Mourinho Protes Gawang Shkendija Kekecilan, Kok Bisa Ya?skysport.com

Shkendija tak keberatan jika gawang diganti. Maklum saja, Stadion Todor bukanlah markas utama mereka.

Tottenham sendiri akhirnya mampu keluar sebagai pemenang dalam laga melawan klub asal negara pecahan Yuogoslavia, yakni Makedonia Utara. Mereka berhasil menang 3-1 dan memastikan satu tiket lolos ke babak play-off Liga Europa 2020/2021.

Tiga gol dari skuat The Lilly White dalam kemenangan tersebut masing-masing dicetak Erik Lamela pada menit kelima, Son Heung-min pada menit ke-70, dan Harry Kane yang menutup kemenangan sepuluh menit sebelum laga berakhir.

Sementara, gol penghibur tuan rumah dicetak Valmir Nafiu saat babak kedua berjalan 10 menit.

Baca Juga: Satu Langkah Lagi, Gareth Bale Pulang ke Tottenham

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya