Comscore Tracker

Kalah dari Persija, Pelatih Persita Salahkan Pemain

Persita dikalahkan Persija 1-2

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persita, Widodo C Putro, menyebut kekalahan timnya dalam laga lanjutan Liga 1 2021/22, tak lepas dari kesalahan yang dibuat para pemain di lapangan. Saat bertahan, Persita mudah ditembus dan saat mendapatkan peluang, pemain tak bisa memaksimalkannya menjadi gol. 

Skuad Pendekar Cisadane memang harus mengakui keunggulan Persija 2-1 dalam laga pekan ke-21 yang digelar di Stadion Ngurah Rai, Bali (27/1/2022). Tertinggal lewat gol Ilham Rio Fahmi (32’), Persita sempat menyamakan kedudukan melalui Taylor Correa (40’). Namun, gol Taufik Hidayat (65’) jadi mimpi buruk Persita dalam laga ini. 

“Memang kekalahan tadi terjadi akibat kesalahan pemain kami sendiri yang membuang terus (peluang), salah antisipasi dan itu terjadi gol. Secara keseluruhan tadi itulah yang menjadi terus kami akhirnya ketinggalan. Tadi sebetulnya penguasaan bola kami sudah enak untuk menyerang, tapi ada beberapa peluang yang tidak menjadi gol,” kata Widodo usai laga.

1. Penyelesaian akhir Persita buruk

Kalah dari Persija, Pelatih Persita Salahkan PemainWidodo C Putro sebut kekalahan Persita dari Persija 1-2 tak lepas dari kesalahan yang dibuat para pemainnya di lapangan dalam duel yang digelar di Stadion Ngurah Rai, Bali, Rabu (26/1/2022). (Dok. Persita)

Widodo mengaku, banyak peluang yang diciptakan Persita dalam pertandingan melawan Persija, tapi hanya ada satu gol yang bisa dikonversi. Hal itu membuatnya gusar, karena itu bukan catatan positif.

Masalah finishing memang jadi pekerjaan rumah terbesar bagi Persita usai kekalahan ini. Widodo mengaku sudah mengerahkan semua taktik untuk mencetak gol kepada anak asuhannya dalam duel melawan Persija. Namun, keberuntungan belum jadi milik Persita. 

“Ya saya kira peluang itu kembali lagi pada pemain ya. Saya juga sudah memberikan materi latihan finishing tiap hari, jadi itu kembali lagi pada pemain. Next kami juga terus untuk pertajam lagi bagaimana kombinasi untuk penyerangan,” ujar pelatih kelahiran Cilacap ini.

Baca Juga: Resmi! Persita Gaet Pemain Keturunan dari Inggris

2. Persija dinilai sukses melakukan compact defense

Kalah dari Persija, Pelatih Persita Salahkan PemainWidodo C Putro sebut kekalahan Persita dari Persija 1-2 tak lepas dari kesalahan yang dibuat para pemainnya di lapangan dalam duel yang digelar di Stadion Ngurah Rai, Bali, Rabu (26/1/2022). (Dok. Persita)

Selain itu, usai kebobolan gol kedua, Persita lebih sulit untuk menciptakan peluang di pertahanan Persija. Hal itu tak lepas dari strategi jitu Persija yang tampil lebih bertahan untuk bisa mempertahankan keunggulan. Hal itu berjalan efektif hingga akhir laga. 

“Memang tadi setelah kami ada missed, atau kebobolan itu, Persija menerapkan compact defense. Hal itu membuat kami agak kesulitan,” ujar eks pelatih Bali United ini.  

“Saya kira, karena di kanan Persija itu sudah akumulasi kartu, jadi saya harapkan Hamdi terus intens di penyerangan itu. Dan memang dari situ banyak peluang, ya tapi ternyata kami belum beruntung,” lanjut dia.

3. Widodo legowo dan berjanji akan perbaiki tim

Kalah dari Persija, Pelatih Persita Salahkan PemainInstagram.com/widodocp7

Terlepas dari kekecewaan karena Persita kalah lagi, Widodo tetep legowo mengakui kehebatan Persija. Di sisi lain, ia tetap memberikan apresiasi kepada pemain yang sudah berusaha tampil maksimal dalam pertandingan tersebut. 

Namun demikian, ia berharap pada laga selanjutnya para pemain bisa melakukan perbaikan. Ia ingin pemain lebih konsentrasi dan fokus untuk memenangkan pertandingan berikutnya.

Hasil ini membuat Persita masih bertengger di posisi 10 klasemen sementara Liga 1 2021/22 dengan mengoleksi 25 poin. Posisi mereka terancam digusur tim-tim di bawahnya, seperti PSM hingga TIRA-Presikabo yang masih belum melakoni pertandingan pekan ke-21.

Baca Juga: Sejarah Badak Lampung FC, dari Liga 1 Kini Degradasi ke Liga 3

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya