Kualifikasi Piala Asia U-23: Indonesia Coba Kejar Asa

Mental penggawa Timnas Indonesia U-23 harus segera pulih

Jakarta, IDN Times - Usai dipermak 0-4 oleh Thailand U-23, tim nasional Indonesia U-23 langsung dihadapkan laga berat pada lanjutan babak kualifikasi Grup K Piala Asia U-23, Minggu (24/3) malam nanti. Berlaga di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, skuat Garuda Muda mesti dihadapkan laga wajib menang melawan tuan rumah Vietnam U-23.

Tripoin memang menjadi misi wajib Gian Zola dan kolega dalam duel kali ini. Sebab, hanya itu satu-satunya jalan timnas Indonesia U-23 untuk bisa menjaga peluang finish di posisi pertama. Jika gagal, akan sulit bagi timnas Indonesia U-23 bisa mencuri tiket babak utama Piala Asia U-23 tahun depan yang digelar di Thailand.

1. Mental Gian Zola dan kolega sedang dalam kondisi kurang baik

Kualifikasi Piala Asia U-23: Indonesia Coba Kejar AsaDok. PSSI

Akan tetapi, skuat Merah-Putih kali ini sedang dalam kondisi kurang baik. Maklum, mental para penggawa timnas Indonesia U-23 sedikit terganggu karena harus dipermalukan Thailand U-23 di partai pembuka. Hal itu membuat tim yang dinakhodai Indra Sjafri berada dalam tekanan untuk laga nanti.

Walau demikian, Indra Sjafri tetap merasa optimistis tim asuhannya bisa bangkit dari kekalahan di laga pertama. Indra Sjafri menegaskan hal terpenting adalah membangkitkan lagi mental para pemainnya yang ambruk agar bisa tampil lepas di pertandingan kontra Vietnam.

Baca Juga: Ezra Walian Terancam Tak Bisa Membela Timnas di Piala AFC U-23

2. Indra Sjafri tak ingin para penggawa Timnas Indonesia U-23 melakukan kesalahan

Kualifikasi Piala Asia U-23: Indonesia Coba Kejar AsaDok. PSSI

Pelatih asal Padang itu berujar bahwa timnya tak boleh membuat kesalahan yang sama ketika laga pertama. Pembenahan pun dilakukan Indra demi memuluskan langkahnya memetik kemenangan atas tuan rumah.

"Jadi kami lakukan latihan untuk antisipasi laga nanti. Mentalitas harus diperbaiki. Moral harus dikembalikan. Kami sudah siap untuk laga nanti," ujar Indra dalam rilis yang diterima IDN Times.

3. Vietnam U-23 punya agresivitas

Kualifikasi Piala Asia U-23: Indonesia Coba Kejar AsaANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Tak lupa, Indra juga mengamati langsung permainan calon lawannya untuk mencari titik lemah. Bahkan dalam latihan kemarin ia fokus untuk mengantisipasi permainan Vietnam. Indra pun memastikan agresivitas Vietnam U-23 akan diredam dalam duel nanti. Maklum, serangan lawannya itu dikenal berbahaya.

Sebagaimana diketahui, Vietnam memang tampil sangat agresif dalam partai perdananya di kualifikasi Piala Asia U-23. Mereka begitu dominan dan produktif bermain di hadapan para pendukungnya. Bagaimana tidak, Brunei Darusalam mereka lumat dengan torehan enam gol tanpa balas.

4. Pelatih Vietnam U-23 targetkan kemenangan

Kualifikasi Piala Asia U-23: Indonesia Coba Kejar AsaAsianGames2018.id/ANTARA FOTO/INASGOC

Pelatih Vietnam U-23, Park Hang-seo, memastikan bahwa timnya akan menampilkan gaya bermain yang sama saat berhadapan dengan Skuat Garuda Muda. Sebab, mereka mengejar hasil maksimal untuk bisa memastikan satu tiket babak utama Piala Asia U-23 yang akan dihelat tahun 2020.

:Kami akan bermain habis-habisan untuk meraih kemenangan dalam pertandingan menghadapi Indonesia. Sementara hasil yang diraih Thailand, saya tidak akan memikirkannya," kata pelatih asal Korea Selatan tersebut.

 

Perkiraan susunan pemain

Indonesia U-23 (4-3-3): Awan Setho; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Nurhidayat Haji Haris, Firza Andika; M. Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri; Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar.

Vietnam U-23 (4-4-2): Bui Tien Dung; Do Thanh Thinh, Huynh Tan Sinh, Hon Tan Tai, Don Van Hau; Nguyen Thanh Chung, Trieu Viet Hung, Truong Van Thai Quy, Nguyen Hoang Duc; Dinh Thanh Binh, Ha Duc Chinh.

Baca Juga: Ezra Walian Terganjal Statuta FIFA untuk Bela Timnas Indonesia

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya