Comscore Tracker

LaLiga Kompetisi Paling Kompetitif di Eropa Musim Ini?

Lima tim teratas hanya terpaut lima poin saja di LaLiga

Jakarta, IDN Times - Siapa bilang LaLiga kalah kompetitif dari Premier League atau Seria A Italia? Siapa pun mesti berpikir ulang. Sebab, hingga sepertiga jalan kompetisi LaLiga berlangsung musim 2019/2020 ini, lima tim masih bersaing ketat berebut singgasana.

Bahkan, usai 13 pertandingan musim ini dilalui, tiga tim secara bergiliran saling kudeta di papan atas klasemen sementara dalam beberapa pekan terakhir. Mereka adalah Barcelona, FC Barcelona, Real Madrid, Atlético  Madrid, Sevilla FC, dan Real Sociedad, dengan terpaut dua poin saja.

1. Persaingan LaLiga musim 2019/2020 paling kompetitif sejak seperempat abad terakhir

LaLiga Kompetisi Paling Kompetitif di Eropa Musim Ini?Twitter/@OptaJoe

Yang lebih membuat seru, persaingan antara tim peringkat satu sampai sembilan saja hanya berjarak lima poin. Jika menilik hasil kompetisi yang hampir setengah perjalanan ini, lima poin jarak antara pemuncak klasemen Barcelona dengan tim peringkat kualifikasi kompetisi Eropa (posisi tujuh), Getafe adalah yang terendah dalam seperempat abad terakhir.

Kondisi hampir serupa, raihan poin tertipis setelah 13 pertandingan dilalui, juga pernah terjadi saat musim 1998/1999 berlangsung. Namun, saat itu jaraknya lebih banyak, yakni tujuh poin. Sampai akhirnya, Barcelona era Pep Guardiola mampu keluar jadi juara LaLiga.

2. Granada sempat taklukan Barcelona

LaLiga Kompetisi Paling Kompetitif di Eropa Musim Ini?instagram.com/levanteud/

Dominasi Barcelona dan Real Madrid yang sejak satu dekade terakhir selalu sulit disaingi pun kini mulai luntur. Bahkan, Blaugrana sudah dikalahkan tim promosi LaLiga SmartBank, Granada dan Levante UD beberapa pekan lalu. Hal itu membuktikan gap antar tim sudah mulai menipis. Terlebih, Granada secara mengejutkan sempat pimpin klasemen.

Tim promosi lainnya, CA Osasuna, terus mendekat di posisi kompetisi Eropa. Mereka sejauh ini bisa mencatatkan rekor tak terkalahkan di kandang selama hampir 18 bulan dalam 31 pertandingan.

3. Real Sociedad dan RCD Mallorca berhasil bersaing dengan tim kuat musim ini di LaLiga

LaLiga Kompetisi Paling Kompetitif di Eropa Musim Ini?Twitter/@rmadridengineer

Sementara, Real Sociedad tampil dengan wajah baru yang dihuni banyak pemain muda Mereka adalah pemain-pemain seperti potensial yang di antaranya merupakan anggota tim nasional negaranya, seperti Mikel Oryazabal (Spanyol), Martin Odegaard (Norwegia), dan Alexander Isak, yang berkontribusi bagi tim hingga bersaing di papan atas.

Ada juga tim yang tak bisa disepelekan, yakni RCD Mallorca, tim promosi lain yang menjelma jadi tim kuda hitam musim ini. bahkan, mereka jadi tim spesialis pembunuh tim-tim besar setelah menang atas Real Madrid dan Villarreal.

4. Barcelona hanya bisa meraih poin maksimal 66 persen dari total yang bisa didapatkan

LaLiga Kompetisi Paling Kompetitif di Eropa Musim Ini?fcbarcelona.com

Dilihat dari persentase raihan poin yang bisa dikumpulkan maksimal. Barcelona hanya meraup 66 persen poin yang tersedia di musim ini, mencerminkan betapa kompetitif dan meratanya kompetisi di LaLiga Santander saat ini. 

Lima liga top di Eropa lainnya tak memiliki statistik yang sama, di mana raihan poin Liverpool (meraup 94 persen poin yang tersedia), Juventus (88 persen), PSG (77 persen), dan Borussia Monchengladbach (75 persen) menggambarkan kondisi yang berbeda di Inggris, Italia, Perancis, dan Jerman.

Baca Juga: Diburu Barcelona, Chelsea Segera Perpanjang Kontrak Willian

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You