Lebaran di Indonesia, Ini yang Dirindukan Makan Konate dari Mali

Makan Konate tak bisa pulang ke Mali akibat pandemik

Jakarta, IDN Times - Pulang kampung saat merayakan Idulfitri tak hanya jadi tradisi orang Indonesia saja. Salah satu pemain asing Persebaya, Makan Konate, juga acap kali melakukan tradisi tersebut.

Namun berbeda dengan tahun ini, hal tersebut urung dilakukannya.

Konate tak bisa pulang ke negaranya Mali lantaran terkendala pandemik COVID-19. Walhasil, mantan pemain Persib ini hanya bisa merayakan lebaran di apartemennya, jauh dari keluarganya.

1. Konate melepas rindu terhadap keluarga dengan video call

Lebaran di Indonesia, Ini yang Dirindukan Makan Konate dari MaliMakan Konate dikepung dua pemain Sabah FA pada International Friendly Match yang berlangsung di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu malam (8/2). Instagram.com/officialpersebaya

Pemain yang memberikan dua gelar bergengsi bagi Maung Bandung ini mengakui memang cukup sedih tak bisa berkumpul dengan keluarga, Namun, dia tak kehilangan akal, berbekal teknologi canggih dari gawainya, rasa rindu keluarga pun bisa sedikit terobati.

"Lebaran tahun ini saya stay di apartemen aja, telepon sama keluarga dan video call sama istri," kata pemain berusia 28 tahun tersebut.

Baca Juga: Cari Bek Baru, Manchester United Seriusi Perburuan Ibrahama Konate

2. Di Mali, Makan Konate biasa merayakan Lebaran dengan keluarga inti

Lebaran di Indonesia, Ini yang Dirindukan Makan Konate dari MaliMakan Konate merayakan golnya bersama pemain Persebaya saat menghadapi Madura United di laga ketiga Piala Gubernur Jatim 2020, Jumat (14/2). Instagram.com/officialpersebaya

Lebaran di Mali memang tak seperti di Indonesia yang sangat ramai. Menurut dia, Idul Fitri di sana hanya dirayakan bersama keluarga inti saja, berbeda dengan Indonesia yang dirayakan besar-besaran. Namun, perayaan yang intim dengan keluarga justru membuatnya semakin sedih.

"Lebaran di Mali beda dengan di Indonesia karena di Mali Iduladha itu yang lebih celebrate. Di Mali, kalau Idulfitri habis dari salat, semua keluarga kumpul di rumah salaman keluarga dekat, dari yang jauh semua makan-makan bersama juga," ujar pemain yang sempat membela Arema FC juga.

3. Konate berharap COVID-19 berakhir dan kompetisi Liga 1 kembali dimulai

Lebaran di Indonesia, Ini yang Dirindukan Makan Konate dari MaliMakan Konate saat diperkenalkan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/2). Instagram.com/@officialpersebaya

Tak hanya itu, dia juga tak bisa mencicipi makanan yang sering disajikan kala lebaran di Mali. Sebab, dirinya tak bisa membuat sendiri menu tersebut, berbeda dengan makanan sahur dan buka puasa yang biasanya dimasak secara mandiri.

"Lebaran saya biasa makan nasi sama sup ayam. Tapi di sini saya tidak bisa bikinnya," ujar pemain yang diorbitkan oleh pelatih Mundari Karya saat masih menakhodai Persiba Balikpapan tersebut.

Lebih jauh, Konate juga berdoa di hari yang sangat istimewa ini dan berharap pandemik COVID-19 bisa selesai. Sehingga, dirinya bisa kembali tampil di ajang Liga 1 2020 bersama klubnya Persebaya.

Baca Juga: Makan Konate Diharapkan Mampu Bawa Persebaya Jadi Juara

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya