Lucas Moura Gemilang, Tottenham Hotspur Wujudkan All English Final!

Tottenham akan bersua Liverpool di final Liga Champions

Jakarta, IDN Times - Tottenham Hotspur secara mengejutkan berhasil bangkit dan menghantam balik tuan rumah Ajax Amsterdam di leg kedua babak semifinal Liga Champions 2018/2019 pada Kamis (9/5) dini hari tadi.

Sejatinya, tuan rumah tampil agresif sejak babak pertama dimulai. Mereka sudah mengambil inisiatif serangan dan langsung menciptakan peluang saat laga baru berjalan beberapa menit saja. Dusan Tadic mampu membuat tembakan keras, tapi mampu dihentikan kiper sekaligus kapten Tottenham, Hugo Lloris.

Agresivitas pasukan De Godenzonen, julukan Ajax, tak berhenti sampai di situ. Kerja keras mereka pun langsung membuahkan hasil lewat gol cepat kapten Ajax, Matthijs de Ligt, saat laga memasuki menit ke-5 lewat sundulan, memanfaatkan umpan dari sepak pojok koleganya, Lasse Schone. Ajax unggul dengan skor 1-0.

Usai tertinggal satu gol, tim besutan Mauricio Pochettino pun tersengat. Mereka langsung keluar menyerang dan mencoba mencetak angka untuk mengejar defisit gol. Son Heung-min beberapa kali mampu menciptakan peluang, tapi penjaga gawang Ajax, Andre Onana, yang tampil gemilang, berhasil mematahkannya.

Ketika laga sudah berjalan 30 menit, kedua tim tampil seimbang. Jual-beli serangan pun terjadi antara keduanya. Bahkan, Tadic hampir memperbesar keunggulan Ajax menjadi 2-0 andai tendangannya tak melenceng ke pinggir gawang Tottenham.

Lima menit berselang, Ajax akhirnya bisa memperlebar jarak menjadi 2-0 atas tim tamu. Kali ini giliran Hakim Ziyech yang mampu mengukir namanya di papan skor. Berawal dari umpan cutback Tadic di sisi kanan pertahanan Tottenham, bola mampu disambar Ziyech dengan tendangan kencangnya yang menghujam pojok kanan gawang Lloris.

Gol itu ternyata jadi yang terakhir di babak pertama. Walau skuat The Liliywhites mencoba bangkit dan melakukan serangan, tetap tak mengubah keadaan. Skor pun tetap bertahan 2-0 untuk keunggulan tuan rumah Ajax.

Permainan terbuka pun ditampilkan kedua tim. Kesempatan kini diraih Ajax pada menit 30 untuk menggandakan keunggulan. Tetapi peluang yang didapat Tadic itu masih gagal setelah sepakannya melenceng di pinggir gawang Tottenham.

Memasuki babak kedua, Tottenham yang mengambil alih kendali permainan. Tak sia-sia, Lucas Moura bisa memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1setelah berhasil mencetak gol melalui tendangannya yang tak bisa dibendung Onana, memanfaatkan umpan manis Dele Alli.

Eks pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu benar-benar menjadi sosok protagonis bagi Tottenham di babak kedua. Empat menit berselang, tepatnya menit ke-59, Moura mampu membuat brace di laga ini memanfaatkan kemelut di depan gawang yang terjadi akibat Onana gagal menangkap bola. Skor pun berubah menjadi 2-2.

Laga pun semakin menegangkan, kedua tim terus berusaha mengubah keadaan hingga pengujung laga. Terutama Tottenham yang sangat membutuhkan gol karena masih kalah secara agregat, sebab di leg pertama harus kalah dengan skor 0-1 sehingga masih tertinggal satu gol karena skor agregat masih 3-2.

Harapan itu akhirnya muncul dan Moura benar-benar menjadi pahlawan Tottenham dalam duel tersebut. Ia menciptakan gol ketiganya di menit tambahan waktu (90+6) melalui tendangan yang tak dapat dijangkau Onana sekaligus membuat Tottenham menang dramatis atas tuan rumah dengan skor 2-3.

Kemenangan itu pula yang mengantarkan Tottenham melangkah ke partai puncak Liga Champions edisi kali ini untuk bertemu wakil Inggris lainnya, Liverpool, dalam laga yang rencananya bakal digelar di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, pada 2 Juni 2019 mendatang.

 

Ajax Amsterdam(4-2-3-1): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Lasse Schone, Frenkie de Jong; Hakim Ziyech, Donny van de Beek, David Neres; Dusan Tadic.

Tottenham Hotspur (4-3-1-2): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose; Moussa Sissoko, Victor Wanyama, Dele Alli; Christian Eriksen; Lucas Moura, Son Heung-min.

Baca Juga: Ajax Amsterdam vs Tottenham Hotspur: Bisa Comeback, Spurs?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya