Comscore Tracker

Malaysia vs Indonesia: Tiga Poin Demi Gengsi Garuda

Timnas Indonesia tak didampingi Simon McMenemy

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia kembali melanjutkan kiprahnya dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Kali ini, mereka bakal bentrok dengan tuan rumah Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11).

Skuat Garuda siap tempur dalam laga nanti. Mereka wajib menang karena hingga saat ini belum meraih poin. Jika kembali gagal, Timnas Indonesia bakal semakin meringkuk di posisi buncit Grup G.

Asisten pelatih Timnas Indonesia Yeyen Tumena, mengatakan bahwa timnya dalam kondisi baik jelang laga ini. Ia menyebut timnya sudah melupakan raihan buruk yang didapatkan pada laga sebelumnya. Stefano Lilipaly dan kolega sudah siap mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya ketika melawan pasukan Harimau Malaya.

"Kami melakukan banyak perbaikan agar tim bisa bangkit dari empat laga dengan hasil kurang maksimal. Laga ini menjadi momentum agar kami meraih kemenangan," kata Yeyen dalam sesi konferensi pers sebelum laga, Senin (18/11) dikutip dari laman resmi PSSI.

1. Timnas Indonesia dihantui hasil buruk sebelumnya saat lawan Malaysia

Malaysia vs Indonesia: Tiga Poin Demi Gengsi GarudaSimon McMenemy tak mau dampingi tim saat Piala Presien IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Timnas Indonesia dinaungi rekor kurang baik melawan Malaysia dalam pertemuan terakhirnya. Sebab, mereka harus mengakui keunggulan tamunya itu dengan skor 2-3 dalam laga yang digelar 5 September lalu.

Hal itu sedikit membuat mental pemain Timnas Indonesia menjadi ciut.

Terlebih, kondisi internal tim sedang tak bagus, karena Simon McMenemy selaku pelatih disebut enggan menemani Timnas Indonesia lagi. Penyebabnya, pelatih asal Skotlandia tersebut bakal diganti oleh pelatih anyar, yang santer mengarah ke Shin Tae-yong dan Luis Milla.

Baca Juga: Elkan Baggot, Pemuda Inggris yang Ingin Bela Timnas Indonesia

2. Yeyen nilai Malaysia merupakan tim bagus

Malaysia vs Indonesia: Tiga Poin Demi Gengsi GarudaAndik Vermansyah mencoba kuasai bola saat Timnas Indonesia bentrok dengan MalaysiaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Yeyen menambahkan bahwa Malaysia tim yang bagus. Apalagi mereka baru saja mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 beberapa hari lalu. Jelas itu jadi bukti sahih bahwa negara tetangga itu memiliki kekuatan berbahaya yang patut diwaspadai Timnas Indonesia.

"Dari hasil yang kita lihat di pertandingan di Jakarta dan pertandingan kemarin Malaysia melawan Thailand, Malaysia bermain dengan sangat simpel, bermain dengan sangat baik. Di dua pertandingan bahkan kalau kita lihat bermain secara tim," kata pelatih berusia 43 tahun tersebut.

"Buat kami siapa pun pemain yang akan datang ke pertahanan kami itu adalah pemain yang berbahaya.Jadi kita tidak mengkhususkan harus menjaga siapa dan segala macam, tapi buat kami siapa pun pemain dari Malaysia adalah pemain terbaik yang dimiliki oleh Malaysia," ujar Yeyen melanjutkan.

3. Pelatih Malaysia tak masalah harus kehilangan beberapa pemainnya

Malaysia vs Indonesia: Tiga Poin Demi Gengsi GarudaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Di sisi lain, Tan Cheng Hoe tak panik walau timnya dipastikan kehilangan beberapa pemain utama, yakni Syahmi Safari, Muhammad Syafiq Ahmad, dan Matthew Davies. Ia memilih untuk menggunakan pemain yang sudah ada dalam skuatnya ketimbang memanggil kembali pemain anyar.

"Pemanggilan di tengah-tengah persiapan tim hanya akan membuat pemain tersebut merasa terbebani," kata Tan Cheng Hoe, Yang juga yakin Malaysia bisa permalukan Timnas Indonesia dalam laga kandangnya itu.

Baca Juga: Daftar 23 Pemain yang Dipanggil Timnas Indonesia untuk Lawan Malaysia

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You