Comscore Tracker

Mampukah Persebaya Putus Dominasi Arema di Derbi Jawa Timur?

Arema tak akan diperkuat Carlos Fortes saat lawan Persebaya

Jakarta, IDN Times - Duel seru bertajuk derbi Jawa Timur bakal tersaji dalam laga pekan ke-27 Liga 1 2021/22. Kali ini, derbi tersebut akan mempertemukan dua tim dengan sejarah rivalitas kental, yakni Persebaya melawan Arema FC dalam duel yang digelat di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (23/2/2022).

Duel ini dipastikan bakal berjalan sengit, karena kedua tim tengah bersaing di papan atas klasemen Liga 1 2021/22. Arema masih kokoh di puncak klasemen dengan torehan 55 poin, sementara Persebaya bercokol di peringkat lima yang tertinggal tujuh poin dari calon lawannya.

Dalam sejarah sepak bola Indonesia, kedua tim sudah bertemu sebanyak 34 kali di ajang resmi. Klub asal Malang masih unggul atas Persebaya dalam total duel itu dengan mencatatkan, 16 kemenangan, tujuh kali imbang, dan 11 kali kalah.

1. Persebaya bakal memperbaiki rekor pertemuan melawan Arema

Mampukah Persebaya Putus Dominasi Arema di Derbi Jawa Timur?Pemain Arema FC merayakan gol dari Johan Ahmat Farizie. Dok/Arema FC

Jika dikerucutkan dalam lima aksi terakhir, Arema tampil dominan atas Bajul Ijo. Total, mereka mampu meraup dua kemenangan, dua hasil imbang, dan sekali menderita kekalahan di pelbagai ajang. Hal itu membuat Persebaya cukup ketar-ketir dengan statistik yang kurang bagus.

Dalam duel terakhir kedua tim pada putaran pertama lalu, Arema dan Persebaya harus sama-sama puas dengan hasil imbang. Keduanya bermain 2-2 dalam duel panas yang digelar pada 6 November 2021 lalu.

“Justru dengan rekor itu [statistik yang masih dimenangkan Arema FC], kami akan membalikan itu,” ujar Asisten Pelatih Persebaya, Mustaqim kepada awak media jelang laga berlangsung.

Baca Juga: Persebaya Siap Putus Rekor Nirkalah Arema di Liga 1

2. Marselino Ferdinan absen akibat akumulasi kartu

Mampukah Persebaya Putus Dominasi Arema di Derbi Jawa Timur?potret Marselino Ferdinan (instagram.com/officialpersebaya)

Di tengah ambisi Persebaya memutus rekor buruk saat bersua Arema, mereka dipastikan tak bisa diperkuat dua pemain andalannya. Mereka yang absen adalah bek tengah, Arif Satria dan gelandang muda yang mencetak gol ke gawang Arema pada putaran pertama lalu, Marselino Ferdinan.

Keduanya harus menepi akibat hukuman akumulasi kartu kuning, tetapi Mustaqim menolak kondisi itu membuat kekuatan Persebaya berkurang. Terlebih, tim besutannya sejauh ini selalu tampil kolektif dan tak tergantung kepada beberapa pemain saja.

“Saya tak khawatir, karena sekali lagi saya tegaskan, Persebaya itu selalu tampil sebagai sebuah tim yang kolektif yang tidak berharap kepada satu atau dua pemain saja,” beber eks Asisten Pelatih Persija itu. 

“Saya pikir, pemain yang diturunkan siap menggantikan yang absen. Siapapun yang main tak akan mengubah ciri khas Persebaya. Tak ada masalah dan saya pikir Persebaya sudah terbiasa dengan kondisi itu,” lanjut dia.

3. Bajul Ijo diuntungkan absennya Carlos Fortes

Mampukah Persebaya Putus Dominasi Arema di Derbi Jawa Timur?Carlos Fortes merayakan gol yang ia cetak ke gawang Persija. Instagram/aremafcofficila

Sebaliknya, Mustaqim menyebut jika Persebaya sedikit diuntungkan, karena Arema tak akan diperkuat mesin gol andalannya Carlos Fortes. Legiun asing asal Portugal yang kini sudah mencetak 16 gol di Liga 1 tak bisa tampil, karena hukuman akumulasi kartu kuning.

Optimisme Mustaqim diperkuat statistik yang membuktikan jika Arema selalu gagal mencetak gol saat Fortes absen. Dua kali tak bermain, Arema harus puas ditahan imbang TIRA-Persikabo pada putaran pertama dan PSIS beberapa pekan lalu.

Tentu ini bisa jadi celah bagi Persebaya memutus tren tak terkalahkan Arema FC dalam 23 laga terakhir, sekaligus memperbaiki statistik pertemuannya di derbi Jatim. Jika mereka bisa memanfaatkan momentum dengan baik, Persebaya juga bakal diuntungkan, karena bisa semakin memperpendek jarak poin dengan tim-tim yang bersaing memperebutkan gelar juara Liga 1 musim ini.

Baca Juga: Lawan Persebaya, Arema FC Usung Misi Pertahankan Puncak Klasemen  

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya