Man City Bantai Arsenal 4-1, Erling Haaland Buat Rekor Ngeri

Haaland sudah mencetak 33 gol di Premier League

Jakarta, IDN Time - Manchester City memperbesar peluang jadi juara Premier League 2022/23. Hal itu terjadi usai The Citizen membantai Arsenal 4-1 di Stadion Etihad, Kamis (27/4/2023) dini hari WIB.

Empat gol kemenangan tuan rumah dalam duel panas ini dicetak Kevin de Bruyne (7’ dan 54’), John Stone (45+1’), dan Erling Haaland (90+5’). Sementara, satu gol hiburan Arsenal dicetak Rob Holding (86’).

Bagi Haaland, kemenangan kali ini cukup istimewa. Sebab, torehan sebiji golnya menghasilkan rekor anyar di Premier League. 

1. Catatan gol Haaland lewati rekor Mohamed Salah

Man City Bantai Arsenal 4-1, Erling Haaland Buat Rekor Ngeripotret Haaland berseragam Manchester City (twitter.com/ErlingHaaland)

Haaland memecahkan rekor gol terbanyak dalam 38 pertandingan Premier League. Total, dia sudah membukukan 33 gol di ajang tersebut dengan format paling anyar. Catatan itu melampaui rekor Mohamed Salah (Liverpool) yang mengoleksi 32 gol pada musim 2017/18. 

Dilansir Daily Mail, catatan gol terbanyak satu musim milik Haaland ternyata bukan yang tertinggi sepanjang sejarah liga. Sebelumnya ada Andrew Cole (1993/94) dan Alan Shearer (1994/95) yang pernah mencatatkan 34 gol dalam satu musim kompetisi. 

Namun, kala itu mereka melewati empat pertandingan lebih banyak. Sebab, Premier League masih diikuti 22 klub. Alhasil pencapaian tersebut dianggap lebih mepermudah mereka mencetak gol lebih banyak ketimbang Haaland.

Baca Juga: Erling Haaland Cetak Rekor Lagi di Liga Champions, Robot!

2. Haaland masih bisa cetak gol lebih banyak dan torehkan rekor baru di Premier League

Namun demikian, Haaland masih punya kans untuk membuat rekor baru yang lebih mencengangkan. Saat ini dia masih punya peluang mencetak gol lebih banyak, karena Manchester City masih menyisakan enam laga lagi di sisa Premier League musim ini. 

Dalam catatan Squawka, dia menyamai rekor pemain Newcastle, Jorge ‘George’ Robledo (Cile), sebagai pemain non-Inggris yang mampu mencetak 33 gol dalam satu musim kompetisi papan atas di Inggris.

Butuh waktu 71 tahun bagi seseorang bisa menyamai rekor yang telah lama sulit dilakukan pemain-pemain asing di Inggris. 

3. Haaland juga impresif di Liga Champions

Man City Bantai Arsenal 4-1, Erling Haaland Buat Rekor NgeriErling Haaland melakukan selebrasi bersama rekan-rekan setim. (si.com)

Produktivitas pemain Timnas Norwegia tersebut dalam musim perdananya bersama Man City memang luar biasa. Dia mampu mencetak 49 gol di semua kompetisi. Jumlah gol itu masig berpotensi terus bertambah mengingat masih ada laga sisa yang dijalani Man City di beberapa kompetisi berbeda.

Catatan impresif juga dia torehkan di Liga Champions dengan menjadi pencetak gol terbanyak sementara dengan catatan 12 kali membobol gawang lawan. Torehan itu diraih cukup mudah dengan hanya melewati delapan pertandingan saja.

Lebih dari itu, Manchester City kini punya peluang mencetak treble winner. Tercatat, mereka sudah lolos ke final Piala FA, tampil di semifinal Liga Champions, dan berjarak dua poin dari Arsenal yang memuncaki klasemen sementara Premier League, dengan keunggulan dua laga lebih banyak.

Baca Juga: Rekor Gila Haaland: Cetak 30 Gol dalam 27 Laga

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya