Comscore Tracker

Marco Motta Gemilang, Persija Pecundangi Borneo FC di GBK!

Persija berhasil meraih tiga poin pertama di Liga 1 2020

Jakarta, IDN Times - Persija berhasil mengawali perjalanan di Liga 1 2020 dengan hasil positif. Tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (1/3), Marco Motta yang tampil gemilang mampu membawa timnya meraih kemenangan atas Borneo FC 3-2.

Mengawali laga, Sergio Farias secara mengejutkan tak menurunkan Evan Dimas. Dia lebih memilih memasukkan Sandi Sute untuk menemani Rohit Chand dan Marc Klok di lini tengah Persija. Namun, permainan Persija justru tak berkembang.

Hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh Borneo FC. Mereka mampu menguasai jalannya pertandingan selama 12 menit laga berlangsung. bahkan, Fransisco Torres mampu membuat pelaung berbahaya yang hampir membuat tim tamu unggul, beruntung Andritany yang berada di bawah mistar berhasil mengamankan bola.

Melihat taktik yang diinginkan tak jalan, Farias merespons cepat. Dia melakukan pergantian pemain pada menit ke-19, Sandi Sute yang tampil sejak menit pertama, diganti oleh Evan Dimas untuk menambah kekuatan lini tengah Persija yang kalah dari Borneo FC.

Keputusan tersebut ternyata memberikan dampak positif. Evan membuat lini tengah Macan Kemayoran lebih hidup. Hasilnya, Persija langsung unggul pada menit ke-21 lewat sepakan Osvaldo Haay memanfaatkan umpan matang Motta dari sisi kiri pertahanan tim berjuluk Pesut Etam.

Unggul satu gol membuat Persija semakin percaya diri. Haay hampir kembali menciptakan gol tiga menit setelah gol pertamanya. Ia berhasil merobek gawang Gianluca Pandeynuwu, namun gol tersebut dianulir oleh wasit yang memimpin laga, yakni Sance Lawita. Sehingga skor masih belum berubah 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Persija akhirnya mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-35. Berawal dari serangan balik cepat, Motta yang menempati bek kanan berhasil memberikan umpan terobosan matang ke Riko Simanjuntak. Berlari di sisi kanan, Si Kancil langsung mengirimkan umpan tarik mendatar yang langsung disambar Simic untuk jadi gol.

Gelombang serangan Persija pada sisa waktu babak pertama hampir kembali membuat unggul. Sayang, sepakan keras Simic umpan Klok berhasil ditepis dengan baik oleh Gianluca. Sehingga, sampai turun minum keunggulan Persija 2-0 atas Borneo FC tak berubah.

Memasuki interval kedua, Boreno FC coba mengambil alih jalannya permainan. Mereka terlihat berusaha menciptakan gol guna memperkecil kedudukan. Beberapa peluang pun sempat mengancam gawang Andritany, tapi sampai laga memasuki menit ke-60 tak sebiji gol pun berhasil diciptakan.

Sebaliknya, walau hanya sesekali saja membangun serangan, Persija tampil lebih efektif. Buktinya, Simic lagi-lagi hampir membuat Pandeynuwu memungut bola dari gawang untuk ketiga kalinya. Beruntung, mistar gawang masih menyelamtkan Borneo FC dari kebobolan.

Usaha tim besutan Edson Tavares baru membuahkan hasil pada menit ke-71. Torres akhirnya berhasil membuat gawang Persija bobol untuk pertama kalinya musim ini melalui sundulan, setelah memanfaatkan umpan matang yang diberikan Dedi Hartono di sisi kiri pertahanan Persija. Skor pun berubah menjadi 2-1.

Borneo FC terus meningkatkan ritme permainan untuk kembali mencetak gol. Mereka coba memasukkan Terens Puhiri untuk menggantikan Guy Junior. Sedangkan Persija juga melakukan perubahan dengan memasukkan Ramdani Lestaluhu menggantikan Klok.

Merasa tak aman, Persija kembali coba mencetak gol. Riko hampir saja memperlebar jarak jika sepakannya tak berhasil ditepis Pandeynuwu yang tampil sangat gemilang dalam laga kali ini. Sehingga tak mengubah kedudukan, di mana tuan rumah masih memimpin dengan margin satu gol.

Borneo FC yang keasyikan menyerang membuat lini pertahanannya sedikit meninggalkan celah. Hal itu berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain Persija yang melakukan serangan balik cepat. Evan Dimas yang kali ini mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah melakukan tembakan keras mendatar di dalam kotak berbahaya yang tak bisa dibendung Pandeynuwu.

Kedua tim tampil terbuka dalam sisa waktu babak kedua ini. Terlebih, Borneo FC yang sangat berambisi mengejar ketertinggalan. Hal itu berbuah hasil usai Ryuji Utomo melakukan gol bunuh diri pada pengujung babak kedua, setelah sundulannya mengarah ke dalam gawang Andritany. Namun, gol tersebut tak berhasil menyelamatkan Bornoe FC.

Hingga wasit meniup peluit pertandingan, skor tak berubah. Persija berhasil mengakhiri kiprah perdananya di Liga 1 2020 dengan kemenangan sempurna 3-2 atas Borneo FC.

 

Susunan pemain

Persija (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Marco Motta, Ryuji Utomo, Maman Abdurahman, Rezaldi Hehanusa; Sandi Sute/Evan Dimas, Rohit Chand/Toni Sucipto; Riko Simanjuntak, Marc Klok/Ramdani Lestaluhu, Osvaldo Haay; Marko Simic.

Borneo FC (4-3-3): Gianluca Pandeynuwu; Diego Michiels, Javlon Guseynov, M Andhika Kurniawan, Kevin Gomes; Javlon Davronov, Sultan Samma, Wahyudi Hamisi/Dedi Hartono; Guy Junior/Terens Owang, Fransisco Torres/M Sihran, Diogo Campos.

Baca Juga: Meski Menang, Sergio Farias Sebut Persija Masih Buruk di Berbagai Hal

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya