Maverick Vinales Berpisah Lebih Cepat dengan Yamaha

Vinales sempat dihukum karena dinilai sengaja merusak motor

Jakarta, IDN Times - Maverick Vinales akhirnya resmi tak lagi menjadi pembalap Moster Energy Yamaha. Hal itu membuat pembalap asal Spanyol itu dipastikan tak lagi menjadi bagian dari tim Yamaha di sisa seri MotoGP musim 2021. 

Dikutip laman resmi MotoGP, hubungannya dengan Yamaha terus memanas usai usai Vinales memastikan pergi pada akhir musim ini. Namun, usai kejadian di MotoGP Styria, Yamaha dan Vinales memutuskan untuk memutuskan hubungan lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

1. Vinales membuat kesalahan di MotoGP Styria

Maverick Vinales Berpisah Lebih Cepat dengan Yamahamotogp.com

Yamaha dan Vinales, usai balapan di Assen (Belanda), sebenarnya sudah sepakat buat berpisah pada akhir 2021. Komitmen itu disepakati demi menghadapi musim terakhirnya agar mendapat dukungan dengan baik.

"Sayangnya, di MotoGP Styria, balapan tidak berjalan dengan mulus atau berakhir dengan baik dan akibatnya setelah pertimbangan mendalam oleh kedua belah pihak. Tercapai keputusan bersama, akan lebih baik bagi kedua belah pihak, jika kami mengakhiri kemitraan lebih awal," kata Direktur Pelaksana Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, Jumat (20/8/2021).

Baca Juga: Maverick Vinales Resmi Perkuat Aprilia pada MotoGP Musim 2022 

2. Yamaha ucapkan terima kasih atas kerja keras Vinales

Maverick Vinales Berpisah Lebih Cepat dengan YamahaMaverick Vinales pada balapan GP Jerman (motogp.com)

Keputusan ini membuat Vinales bisa bebas mencari pelabuhan untuk selanjutnya. Sementara, Yamaha  bakal fokus melanjutkan balapan dan dipastikan bakal menggunakan pembalap pengganti di sisa balapan MotoGP 2021.

Vinales menyebut, keputusan berpisah dari kedua belah pihak merupakan jalan terbaik. Balapan yang tak berjalan baik di MotoGP Styria membuat kondisi keduanya semakin sulit untuk melakukan kerja sama. Dia berterima kasih atas dukungan penuh yang diberikan Yamaha. 

"Dukungan terus diberikan kepada saya selama empat setengah tahun balapan. Jika melihat ke belakang, kami dengan sangat bangga bisa meraih hasil yang kami capai bersama. Saya akan selalu sangat menghormati Yamaha dan mendoakan yang terbaik untuk mereka," kata Vinales.

3. Vinales pindah ke Aprillia Racing Team Gresini

Maverick Vinales Berpisah Lebih Cepat dengan YamahaVinales dari Monster Yamaha (twitter.com/Motorsport Week)

Dengan demikian, Yamaha punya kans menggunakan jasa Cal Crutchlow untuk menjadi tandem Fabio Quartararo pada sisa musim ini. Sebelumnya, dia juga sempat turun di MotoGP Austria bersama Yamaha SRT mengganti posisi Franco Morbidelli. 

Sementara, Vinales tak punya masalah diputus kontrak lebih cepat oleh Monster Energy Yamaha. Dia dipastikan bergabung dengan Aprillia Racing Team Gresini pada MotoGP 2022 mendatang.

Baca Juga: Valentino Rossi Harap Yamaha dan Maverick Vinales Berdamai

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya