Medan Perang Liga 1 Masih Misterius

Liga 1 bisa gelar sembilan laga per pekannya

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pemerintah, memberikan lampu hijau kepada PT Liga Indonesia Baru untuk menjalankan kembali Liga 1 2021/22. Namun, medan perang alias venue pertandingan nantinya baru bakal diumumkan dua hari sebelum pertandingan dimulai.

Pertandingan pekan pertama Liga 1 musim ini bakal dilanjutkan dengan enam laga tersisa mulai 3 September 2021. Jadwal bahkan sudah disusun PT LIB hingga pekan keenam. Tapi, belum ada kepastian tempat pertandingan sampai sekarang, karena harus menunggu perkembangan kondisi wilayah masing-masing.

"Jadwal sudah kami sampaikan pada hari apa, tanggal dan jam berapa. Klub akan diberi tahu venue pertandingan pada H-2. Kenapa? Karena klub ini posisinya siap. Apalagi tim semua berada di posisi yang dekat," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, dalam konferensi pers, Selasa (31/8/2021). 

1. Cuma sembilan laga per pekannya

Medan Perang Liga 1 Masih MisteriusPersita meraih kemenangan atas Persipura pada laga pertamanya di Liga 1 2021. (Dok Persita).

Sesuai Inmendagri, Liga 1 nantinya bakal digelar per pekan dengan maksimal sembilan pertandingan dengan waktu di akhir pekan, yakni mulai Jumat hingga Minggu. Sementara, pertandingan dipastikan digelar di venue yang kriteria di bawah level 4 Kabupaten/Kota. 

"Kami sampaikan, tempat fleksibel dan dinamis. Sesuai instruksi Inmendagri pertandingan dimainkan yang berada di level 3 dan 2, jadi pilihannya tergantung dari itu," ujar Sudjarno.

Baca Juga: Ada Peluang Lokasi Tempur Liga 1 dan Liga 2 Ditambah

2. Sisa pertandingan pekan pertama digelar 3-5 September 2021

Medan Perang Liga 1 Masih MisteriusPemain Persib, Wander Luiz sedang berduel dengan salah satu ek Persela. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj).

Sudjarno berharap, klub-klub yang bakal bertanding sudah siap kapan saja jika venue dirilis H-2. Sehingga, mereka tinggal pergi ke lokasi yang dituju untuk bertanding. Dengan catatan, semua tetap mengikuti protokol yang diberlakukan, termasuk swab PCR mandiri. 

Dengan demikian, PT LIB memastikan jika akhir pekan ini, sisa enam pertandingan di pekan pertama Liga 1 bakal diselesaikan terlebih dahulu. Baru pada pekan berikutnya, bakal digelar sembilan pertandingan lainnya. 

"Pekan pertama, baru tiga pertandingan digelar. Sifatnya hanya uji coba, meski musim resmi bergulir, dan masih ada sisa enam pertandingan lagi. Itu kami mainkan dulu, berikutnya ada sembilan pertandingan," jelas Sudjarno.

3. Jadwal lengkap pertandingan sisa pekan pertama Liga 1 2021/2022

Medan Perang Liga 1 Masih MisteriusDuel antara Persija melawan Borneo FC yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 3-2 di Stadion SUGBK, Ahad (1/3). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj).

Sebelumnya, PT LIB rampung menggelar managers meeting bersama klub-klub untuk membahas Instruksi Mendagri kepada 18 kontestan Liga 1 2021/22. Mereka membahas secara virtual untuk menyiapkan pertandingan-pertandingan selanjutnya yang bakal digelar.

Tiga pertandingan pada pekan pertama sudah dirampungkan akhir pekan lalu. Duel tersebut melibatkan enam tim, yakni Bali United vs Persik (1-0), Persipura vs Persita (1-2), dan Bhayangkara Solo FC vs Persiraja (2-1). Kemudian, sisa pertandingan pekan pertama bakal dimulai pada akhir pekan ini.

Berikut adalah jadwal sisa laga yang bakal digelar mulai 3-5 September 2021.

Jumat (3/9/2021)
15.15 WIB - Persikabo 1973 vs Madura United

Sabtu (4/9/2021)
15.15 WIB - PSIS Semarang vs Persela Lamongan
18.15 WIB - Borneo FC vs Persebaya Surabaya
20.30 WIB - Persib Bandung vs Barito Putera

Minggu (5/9/2021)
18.15 WIB - PSM Makassar vs Arema FC
20.30 WIB - PS Sleman vs Persija Jakarta

Baca Juga: Dilarang Main di Liga 1 Kalau Belum Vaksin 2 Kali

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya