Comscore Tracker

Meski Timnas U-19 TC Virtual, Sutan Zico Tetap Antusias

TV virtual Timnas U-19 sudah mulai dikebut lagi usai Lebaran

Jakarta, IDN Times - Tak ada masa berleha-leha bagi pemain Timnas Indonesia U-19 walau tengah dikepung pandemik virus corona. Mereka masih terus ditempa dalam pemusatan latihan (TC) secara virtual yang dipimpin langsung pelatih sekaligus manajer asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, termasuk pada Senin (1/6).

Walau banyak keterbatasan karena latihan dilakukan tanpa tatap muka langsung, para penggawa Timnas U-19 tetap antusias melahap materi yang diberikan pelatih, termasuk pemain yang menempati posisi penyerang, yakni Sutan Zico.

1. Sutan Zico antusias mengikuti TC virtual

Meski Timnas U-19 TC Virtual, Sutan Zico Tetap AntusiasTimnas U-19 dalam TC virtual. (pssi.org).

Dia mengungkapkan bahwa latihan virtual tak menghambatnya untuk bisa mengaplikasikan menu latihan yang diberikan. Sebaliknya, dia bersemangat dan senang melakukan latihan dengan metode baru seperti ini. Terlebih, hal ini dilakukan bersama rekan-rekannya di Timnas U-19.

"Kami terus berlatih hampir setiap hari bersama teman-teman Timnas U-19. Pelatih memberikan berbagai variasi menu latihan dan kami menikmatinya," kata Sutan Zico dari rilis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Ikuti TC Virtual Timnas Indonesia, Pemain Persija Pilih Jaga Makanan

2. Sutan Zico berharap pandemik segera berakhir dan melakukan latihan bersama

Meski Timnas U-19 TC Virtual, Sutan Zico Tetap AntusiasPemain Timnas U-19, Sutan Zico. (dok. PSSI)

Namun demikian, dirinya sudah tak sabar lagi ingin melakukan aktivitas secara normal, seperti latihan, bertanding, sampai menjalankan kegiatan di luar olahraga. Walhasil, pemain berusia 18 tahun itu berharap COVID-19 ini cepat berlalu dan kegiatan sepak bola berlangsung normal kembali.

Apalagi, Timnas Indonesia akan menghadapi Piala AFC U-19 bulan Oktober di Uzbekistan dan tentu ajang bergengsi Piala Dunia U-20 2021 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

"Yang terpenting saat ini bagaimana semuanya menjaga kesehatan serta disiplin berlatih. Kami juga menjaga asupan makanan dengan begitu kondisi kita dapat terjaga," ujar pemain kelahiran Jakarta tersebut.

3. Timnas U-19 belum memiliki pelatih kepala usai ditinggal Fakhri Husaini

Meski Timnas U-19 TC Virtual, Sutan Zico Tetap AntusiasPemain Timnas U-19 menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum berlaga pada babak kualifikasi Piala AFC U-19.ANTARA/Hafidz Mubarak A/wsj

Sebetulnya pemusatan latihan sudah berjalan cukup lama, karena berlangsung sejak 14 Mei dengan diikuti 44 pemain. Namun demikian, masih ada satu pemain yang absen, yakni Risky Sudirman karena sesuatu hal.

TC ini sendiri dilakukan demi mencari skuat terbaik untuk tampil di Piala AFC U-19 yang bakal dihelat di Uzbeksitan pada Oktober nanti. Setahun berselang, barulah mereka bakal tampil di Piala Dunia U-20 yang dihelat di Indonesia.

Hingga saat ini, Timnas U-19 sendiri belum memiliki pelatih kepala yang mengemban tugas di lapangan. Mereka masih didampingi manajer Shin Tae-yong bersama beberapa asisten pelatih lain untuk mengaplikasikan metode bermain yang diinginkan Shin Tae-yong.

Baca Juga: Usai Libur Lebaran, Shin Tae-yong Pimpin TC Virtual Timnas U-19

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya