Comscore Tracker

Lewati Gol Ronaldo di Timnas Brasil, Neymar Layak Disebut Legenda?

Neymar masih dianggap di bawah level Ronaldo dan Pele

Jakarta, IDN Times - Ketajaman Neymar bersama Timnas Brasil memang sudah tak usah diragukan lagi. Bahkan, torehan golnya kini sudah melampaui legenda macam Ronaldo Nazario sampai Romario, dan hanya kalah dari Pele saja dalam sejarah Brasil.

Kini pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu sudah mengoleksi 64 gol, termasuk hattrick-nya saat membawa Selecao mengandaskan Peru (4-2) pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 14 Oktober 2020. Dia mampu memecahkan rekor Ronaldo yang sebelumnya mampu mencetak 62 gol bagi Timnas Brasil di ajang internasional.

Namun, apakah torehan gol itu membuatnya serta-merta dianggap melebihi kehebatan El Fenomeno?

1. Ronaldo dianggap masih lebih baik daripada Neymar

Lewati Gol Ronaldo di Timnas Brasil, Neymar Layak Disebut Legenda?Neymar (kiri) dan Ronaldo Nazario (kanan). (acefootball.com).

Tentu jika di bandingkan, produktivitas Neymar melebihi apa yang sudah Ronaldo tunjukkan bagi negaranya. Tapi, masih terlalu dini menilai Neymar lebih baik dari Ronaldo saat berseragam Timnas Brasil. Sebab, kontribusinya, termasuk dalam menghadirkan prestasi berupa trofi, masih tak sebanding jika disejajarkan dengan Ronaldo.

Ronaldo berhasil membawa Timnas Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002 usai mengandaskan perlawanan Jerman di laga pamungkas. Bahkan, dia mampu menjadi topskor di ajang tersebut dengan mencetak delapan gol sepanjang turnamen.

Walhasil, banyak pihak yang mengakui jika Ronaldo masih lebih baik di banding dengan Neymar dalam hal kontribusi.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Bersinarnya Neymar, Apesnya Luis Suarez 

2. Tite tak mau Neymar terus di bandingkan dengan legenda Brasil

Lewati Gol Ronaldo di Timnas Brasil, Neymar Layak Disebut Legenda?Twitter/FIFA

Namun demikian, pelatih Timnas Brasil, Tite keberatan jika keduanya [Neymar dan Ronaldo] di banding-bandingkan. Menurut dia, keduanya merupakan pemain hebat yang banyak membuat Brasil ditakuti lawan-lawannya.

"Perbandingan seperti itu bukanlah sesuatu yang dianggap adil. Saya hanya bisa mengungkapkan jika Neymar tak bisa diprediksi," kata Tite dikutip Goal International.

3. Calon legenda Timnas Brasil yang sejajar dengan Ronaldo dan Pele

Lewati Gol Ronaldo di Timnas Brasil, Neymar Layak Disebut Legenda?90min.com

Tapi tak bisa dipungkiri, status Neymar saat ini belum bisa disejajarkan dengan legenda macam Ronaldo atau bahkan Pele. Neymar masih dianggap belum bisa menyamai level keduanya saat membela Timnas Brasil, terlepas dari produktivitas golnya.

Walau memiliki potensi besar untuk bisa melampaui gelontoran Pele untuk Brasil dengan 77 golnya, Neymar masih kesulitan mempersembahkan prestasi bagi raksasa sepak bola dunia tersebut.

Namun, peluangnya untuk menyamai, bahkan melebihi apa yang sudah dilakukan Pele dan Ronaldo masih sangat terbuka. Dengan catatan, Neymar bisa tampil apik dan membawa Timnas Brasil meraih gelar juara Piala Dunia.

Baca Juga: Dari Neymar Hingga Ronaldo, 5 Sayap Kiri Terbaik di Dunia Saat Ini

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya