Comscore Tracker

Paten, Ada Jaminan Liga 1 Mulai 20 Agustus 2021

Jadwal bakal diumumkan satu minggu sebelum kick-off

Jakarta, IDN Times - Operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan, semua klub siap menjalani kompetisi Liga 1 2021/2022 yang bakal digelar mulai 20 Agustus 2021.  Kepastian terkait kesiapan kompetisi Liga 1 ini pun dibahas dalam manager meeting yang digelar virtual pada Rabu (4/8/2021).

Perwakilan klub, PSSI, dan beberapa stake holder terkait pun ikut dalam kegiatan tersebut untuk membahas lebih detail terkait jalannya kompetisi.

"Hari ini, kami menggelar zoom meeting. Kami sepakat Liga 1 dimulai 20 Sgustus 2021. Ada beberapa hal yang ditanyakan, tapi semua sepakat hampir seluruh klub siap bertanding," kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, kepada awak media usai pertemuan.

1. Polri dan BNPB mendukung Liga 1 bergulir, tapi ...

Paten, Ada Jaminan Liga 1 Mulai 20 Agustus 2021Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita (kiri) dan Direktur Operasional LIB, Sujarno (kanan) pastikan klub siap mentas di Liga 1. (IDN Times/Ilyas Mujib).

Terkait perizinan, Akhmad Lukita memastikan jika PSSI sudah melakukan komunikasi dengan BNPB. Setelah surat disampaikan, gelaran kompetisi pun sudah mendapatkan lampu hijau. Selain itu, beberapa pihak terkait pun sudah diminta bantuan terkait hal ini, termasuk Polri.

"Kami akhirnya jalan ke Mabes Polri (untuk membicarakan kompetisi). Mereka mendukung, dengan catatan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat, termasuk BNPB (meminta hal serupa)," ujar Akhmad Lukita.

Baca Juga: PSSI: Liga 1 Digelar 20 Agustus 2021

2. Jadwal diumumkan sebelum kick-off

Paten, Ada Jaminan Liga 1 Mulai 20 Agustus 2021Duel antara Persija melawan Borneo FC yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 3-2 di Stadion SUGBK, Ahad (1/3). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj).

Dia menyebut PT LIB pun kini tengah menggodok jadwal kompetisi. Dia memastikan, jadwal tersebut akan terbit satu pekan sebelum kick-off kompetisi kasta tertinggi Indonesia ini dimulai.

"Jadwal kenapa diumumkan satu pekan sebelum kick-off, karena kami melihat dinamika perkembangan ke depan. Kami melihat bagaimana kondisi, pelaksanaan, serta tempat yang tepat, bagus, dan lebih aman. Semua akan kami lihat. Makanya jadwal kami rilis satu pekan sebelum kick-off," ujar Akhmad Lukita.

3. Liga 1 bakal tetap pakai sistem bubble

Paten, Ada Jaminan Liga 1 Mulai 20 Agustus 2021Direktur Operasional PT LIB Sudjarno. IDN Times/Tunggul Damarjati

Terkait format kompetisi, PT LIB memastikan jika tetap menggunakan sistem bubble sesuai dengan rencana awal.

"Format kompetisi ini, kami masih menggunakan sistem seri. Masih sama nantinya akan ada seri pertama hingga enam.  Kami juga tetap menggunakan tiga klaster yang dirancang sesuai rencana awal. Kemudian, setiap serinya nanti akan ada jeda," kata Direktur Operasional LIB, Sudjarno.

Sudjarno juga memastikan jika Liga 1 seri pertama ini bakal tetap digelar sesuai dengan rencana sebelumnya, yakni di Jakarta, sebagian Jawa Barat, dan Banten.

Baca Juga: Dokter Tirta Buka Suara soal Nasib Liga 1 dan Liga 2

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya