Pedri Pecahkan Rekor Rooney di Piala Eropa 2020

Spanyol mampu mengalahkan Kroasia dengan skor 5-3

Jakarta, IDN Times - Spanyol berhasil mengandaskan perlawanan sengit Kroasia, sekaligus lolos ke babak perempat final Piala Eropa 2020. Tak hanya itu, dalam duel melawan skuat Vatreni, pemain mudanya Pedri juga mencatatkan rekor di ajang empat tahunan ini.

Dalam laga yang digelar di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Senin (28/6/2021), laga ini berjalan sengit. Kedua tim saling berbaloas gol hingga laga harus dilanjutkan babak tambahan waktu.

Lima gol Spanyol dicetak masing-masing oleh Pablo Sarabia (38’), Cesar Azpilicueta (57’), Ferran Torres (76’), Alvaro Morata (100’), dan Mikel Oyarzabal (103’). Sementara, tiga gol Kroasia lahir dari blunder Unai Simon (20’), Mislav Orsic (85’) dan Mario Pasalic ((90+2’). 

Baca Juga: 8 Pemain Asal Klub Luar Eropa yang Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020

1. Pemain paling muda yang tampil di babak gugur Piala Eropa 2020

Dalam duel tersebut, Pedri mencatatkan diri sebagai pemain termuda yang pernah mentas di babak gugur Piala Eropa. Ia mengalahkan rekor yang pernah dicetak Wayne Rooney saat berseragam Inggris pada ajang serupa di edisi 2004.

Pemain Barcelona itu menjadi starter dalam duel melawan Kroasia dalam usia 18 tahun 215 hari. Sementara Rooney yang sebelumnya memegang rekor tersebut bermain di babak gugur melawan Portugal saat berusia 18 tahun 244 hari.

2. Tampil menawan dalam empat laga yang dijalani bersama Spanyol

Pedri Pecahkan Rekor Rooney di Piala Eropa 2020Pedri ketika membela tim nasional Spanyol. (espn.com)

Terlepas dari rekor yang ditorehkan, Pedri memang tampil moncer dalam empat laga yang dijalani sepanyol di Piala Eropa 2020. Dalam seluruh laga yang dijalani, Spanyol selalu mendominasi jalannya pertandingan. Peran Rodri pun cukup besar, dari 271 serangan yang dihasilkan, Rodri berkontribusi dalam 305 umpan dengan persentase akurasi 91 persen.

Catatan ini tentu di luar dugaan, Pedri sebetulnya dinilai sebagai pemain pelengkap saja dalam skuat Spanyol yang dibawa Luis Enrique di Piala Eropa 2020. Namun siapa sangka, ia justru dijadikan gelandang utama LA Furia Roja dan berkembang jadi konduktor dalam permainan Spanyol sepanjang babak penyisihan.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Timnas Spanyol di Piala Eropa, Pedri Pecahkan Rekor!

3. Berpotensi terus berkembang dengan La Furia Roja

Pedri Pecahkan Rekor Rooney di Piala Eropa 2020Instagram.com/pedrigonzalez

Bisa dibilang, Pedri menjadi ruh permainan Spanyol dalam empat laga terakhir ini. Pemain 18 tahun itu juga tampil sangat menonjol saat Spanyol mempermalukan Slovakia (5-0) dan mengalahkan Kroasia (5-3). Ia bahkan memegang kunci permainan di laga terakhir dengan 79 sentuhan, dua umpan kunci, dan tiga umpan terobosan sukses.

Walau tak mencatatkan namanya di papan skor, penampilan pemain berusia 18 tahun itu di lini tengah Spanyol, memberikan warna sendiri di Piala Eropa. Bisa jadi kemampuannya itu bakal terus berkembang seiring perjalanan Spanyol di Piala Eropa 2020.

Apalagi, Spanyol masih terus melaju ke babak perempat final Piala Eropa 2020. Kekuatan mereka selanjutnya akan diuji oleh Swiss yang berhasil meraih kemenangan atas Prancis di laga 16 besar lewat drama adu penalti.

Baca Juga: 5 Penyerang Terhebat Manchester United Sepanjang Sejarah, Ada Rooney!

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya