Pelatih Persib Puji Marc Klok dan Rashid 

Persib kalahkan Barito Putera dengan skor 1-0

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persib Robert Alberts memuji dua gelandangnya, Mohammed Rashid dan Marc Klok, yang tampil apik saat timnya menekuk Barito Putra dengan skor 1-0 dalam laga debut Liga i 2021/2022 yang berlangsung di Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (4/9/2021). Gol tunggal Persib tersebut bahkan dicetak Klok di menit menit terakhir.

“Walau Klok dan Rashid baru memulai debut pertamanya di pertandingan resmi dan baru bekerja sama dalam pertandingan tadi, mereka tampil cukup solid, terutama di babak pertama. Mereka bisa menjaga jarak dan mendominasi lini tengah,” kata Robert dalam konferensi pers usai pertandingan.

1. Pemain Barito Putera sampai mengubah cara bermain

Pelatih Persib Puji Marc Klok dan Rashid Marc Klok dan Mohammed Rashid bermain bagus saat Persib mengalahkan Barito Putera. (persib.co.id).

Walhasil, pemain Barito Putera sulit mengembangkan permainan dalam laga tersebut. Persib justru leluasa menguasai bola dengan kehadiran Klok dan Rashid. Keduanya acap kali memberikan umpan-umpan cukup matang ke kedua sayap yang dimiliki Bandung.

Namun, pada babak kedua Barito melakukan sedikit perubahan cara bermain. Pelatih Djadjang Nurdjaman mencoba skema lainnya agar para pemainnya bisa melakukan serangan tanpa berduel langsung dengan Rashid dan Klok.

“Babak kedua, Barito mencoba membuat variasi dengan melakukan penyerangan tanpa melewati gelandang tengah. Mereka berusaha beradaptasi dengan melakukan serangan lewat sayap,” ujar pelatih asal Belanda tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Hasil Liga 1: Sepakan Bebas Marc Klok Lambungkan Persib

2. Persib belum maksimal memanfaatkan peluang

Pelatih Persib Puji Marc Klok dan Rashid IDN Times/Galih Persiana

Namun, Robert tak memungkiri, anak asuhnya tak bisa memanfaatkan dengan maksimal setiap peluang yang diciptakan. Padahal, sepanjang pertandingan Febri Hariyadi dan kolega sudah bermain dominan menguasai laga. Hal itu tentu jadi kerugian bagi Persib karena baru bisa mencetak gol jelang laga berakhir.

“Saya berpikir, dalam laga yang berlangsung 90 menit, kami tampil menguasai jalannya pertandingan dan dominan memainkan bola. Kiper kami pun tak banyak melakukan penyelamatan. Kami bisa menunjukkan cara bermain ingin menang dan punya banyak kesempatan melalui set piece dan set play dalam pertandingan,” beber pelatih berusia 66 tahun itu.

Robert menyebut, itu jadi catatan baginya, karena kreativitas dalam menyerang dan mencetak gol sudah sering dicoba dalam latihan.

3. Maung Bandung bakal bersua Persita pada pekan kedua Liga 1

Pelatih Persib Puji Marc Klok dan Rashid Marc Klok dan Mohammed Rashid bermain bagus saat Persib mengalahkan Barito Putera. (ANTARA/Muhammad Iqbal/wsj).

Terlepas dari kemenangan ini, Robert senang, akhirnya Persib bisa kembali bermain dan merasakan atmosfer kompetisi usai aktivitas sepak bola vakum selama 1,5 tahun. Menurut dia, hal ini sesuai dengan harapan penonton, di mana bal-balan sudah kembali bergairah, di luar hasil pertandingan.

Kemenangan ini membuat Persib menjadi tim keenam yang juga berhasil meraih tiga poin di pekan pertama Liga 1 2021/2022. Mereka punya poin dan selisih gol  serupa dengan Bali United dan PSIS yang juga mencatatkan kemenangan satu gol di pertandingan pertamanya.

Selanjutnya, Persib bakal berhadapan dengan Persita dalam laga pekan kedua di Liga 1 musim ini. Walau belum ditentukan di mana venue pertandingan antara kedua tim, duel tersebut sudah dijadwalkan bakal berlangsung pada 11 September 2021.

Baca Juga: Optimisme Persib Jadi Juara Liga 1

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya