Penalti Kontroversial Messi di Duel Argentina vs Kroasia

Argentina melaju ke final Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Argentina mampu mengalahkan Kroasia 3-0 di babak semifinal Piala Dunia 2022, Rabu (14/12/2022). Namun, di balik kemenangan itu, ada satu hal yang dinilai kontroversial, yakni gol melalui sepakan penalti dari Lionel Messi.

Bukan proses gol yang diciptakan Messi yang jadi masalah, tetapi soal keputusan wasit yang memberikan pelanggaran untuk tim Tango. Tanpa pertimbangan matang, wasit yang yang memimpin jalannya laga Daniele Orsato, menghadiahi mereka sepakan penalti.

1. Kiper Kroasia Dominik Livakovic bertabrakan dengan Julian Alvarez

Penalti Kontroversial Messi di Duel Argentina vs KroasiaPenyerang Argentina Julian Avarez saat bertabrakan dengan Kiper Kroasia Dominik Livakovic, yang akhirnya dianggap pelanggaran hingga lahir penalti kontroversial dalam laga semifinal Piala Dunia 2022. (fifa.com).

Kiper Kroasia Dominik Livakovic bertabrakan dengan Julian Alvarez di depan mulut gawang Kroasia. Bola kemudian bisa disapu hingga gawang kembali aman. Namun, sang pengadil Daniele Orsato punya penilaian sendiri.

Dia menganggap Livakovic melakukan pelanggaran. Walau masih bisa diperdebatkan, Kroasia tetap harus menerima kenyataan diberi hukuman penalti. 

Terkait keputusan wasit memberikan penalti, perdebatan pun terjadi di dunia maya. Banyak yang meyakini bahwa Argentina tidak selayaknya mendapat penalti lantaran Alvarez menabrak Livakovic setelah menendang bola. 

Baca Juga: Diprotes Messi, Wasit Kontroversial Dipulangkan dari Piala Dunia 2022

2. Pundit anggap kiper Kroasia tak melakukan pelanggaran

Penalti Kontroversial Messi di Duel Argentina vs KroasiaGary Neville. (besoccer.com)

Sebelum Messi bisa membuat gol melalui penalti, Kroasia tampil baik dengan terus menekan lawannya di babak tersebut. Jika berandai-andai itu tak terjadi, mungkin saja hasilnya akan lain. 

Pundit sepak bola yang merupakan mantan pemain Manchester United, Gerry Neville, mengatakan jika penalti itu tak seharusnya terjadi.

“Tidak [penalti] itu. Kiper Kroasia berusaha keluar dan bergerak untuk menghentikan bola, tetapi Avarez menabraknya hingga terjatuh. Jika kaki yang diterjang itu wajar. Namun, dia berhenti dan melihat motifnya. Wasit malah memberikan penalti,” kata Neville dikutip Mirror.

3. Wasit Piala Dunia 2022 kembali jadi sorotan

Penalti Kontroversial Messi di Duel Argentina vs KroasiaPemain Argentina, Lionel Messi, sedang berbicara dengan wasit bernama Antonio Mateu Lahoz dala laga Piala Dunia 2022. (allfootballplay.com)

Hal ini semakin membuat wasit di Piala Dunia 2022 kembali jadi sorotan. Sebelumnya, wasit asal Spanyol, Antonio Miguel Mateu Lahoz, meneriman kritik keras dari Lionel Messi. Dia dianggap memberikan keputusan yang keliru di beberapa momen laga Belanda vs Argentina.

Terlepas dari keputusan kontroversial Daniele Orsato memberikan penalti yang dianggap merugikan Kroasia, hasil akhir sudah keluar. Argentina tetap menang, sekaligus memastikan tempat di final Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Daftar Wasit Piala Dunia 2022, 6 Wasit Perempuan Siap Beraksi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya