Persita Pecundangi Persipura, Widodo Sudah Yakin Sebelum Laga Dimulai

Persita menang 2-1 atas Persipura di Liga 1 2021/2022

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persita, Widodo C Putro, tak kaget Persita bisa meraih kemenangan dalam laga perdananya di Liga 1 2021/2022. Ia sudah yakin, anak asuhnya bisa meraih hasil maksimal sebelum laga dimulai, karena sudah mengenal permainan dan titik lemah lawannya.

Persita mengawali kompetisi musim ini dengan baik, karena berhasil meraih kemenangan atas Persipura dengan skor 2-1 dalam duel yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (28/8/2021).

Dua gol kemenangan Persita dicetak Harisson Cardoso (15’ penalti) dan Irsyad Maulana (23’). Sementara satu gol Persipura dicetak Ramai Melvin Rumakiek (16’).

“Kalau percaya diri, sebetulnya dari awal persiapan kami sudah percaya diri, tapi tidak over confident. Karena percaya diri ini adalah satu bentuk untuk memotivasi kami bekerja keras di tiap pertandingan,” kata Widodo C Putro.

Baca Juga: Keok Lawan Persita, Persipura Tuai Pujian dari Jacksen Tiago

1. Manfaatkan uji coba sebelumnya untuk mengetahui titik lemah Persipura

Persita Pecundangi Persipura, Widodo Sudah Yakin Sebelum Laga DimulaiPersita meraih kemenangan atas Persipura pada laga pertamanya di Liga 1 2021. (Dok Persita).

Widodo menilai, kemenangan Persita tak lepas dari kerja keras para pemain, staf, tim pelatih, hingga pengurus yang terus berusaha membangun tim secara kompak. Walau duel berjalan berat, semua berusaha melakukan tugasnya dengan baik, termasuk para pemain di lapangan.

Eks pelatih Bali United ini menyebut, uji coba melawan Persipura sebelum kompetisi memberikan manfaat bagi skuad Pendekar Cisadane. Berkat itu, ia bisa mengantisipasi kekuatan tim besutan Jacksen F Tiago dalam duel kali ini dan meraih kemenangan.

“Terakhir, mungkin sangat berguna juga kami uji coba dengan Persipura. Jadi saya tahu titik lemahnya mereka dan itu yang bisa dimanfaatkan anak-anak. Terima kasih atas doanya, walau pertandingan pertama ini sangat berat, kami bisa memenangkan pertandingan,” ujar Widodo.

2. Persita bertahan karena situasi ini

Persita Pecundangi Persipura, Widodo Sudah Yakin Sebelum Laga DimulaiPersita meraih kemenangan atas Persipura pada laga pertamanya di Liga 1 2021. (Dok Persita).

Widodo menjelaskan, anak asuhnya tak diperintahkan untuk bermain bertahan usai unggul atas Persipura. Menurut dia, kondisi di lapangan dan stamina pemain yang terkuras, hal itu membuat para pemain lebih bermain aman untuk mempertahankan keunggulan tim. 

“Sebetulnya, kami memeragakan permainan seperti babak pertama tadi. Mungkin karena naluri seorang pemain sudah unggul dan kemungkinan faktor kelelahan juga,” beber pelatih berusia 50 tahun itu.

“Terus terang saja di sini lapangan sangat berat, sangat tebal (rumputnya). Kami biasa latihan di stadion yang memang rumputnya tidak terlalu tebal. Jadi di babak kedua, anak-anak nalurinya saya kira bertahan, tapi itu kadang-kadang jadi senjata kami. Bertahan terus untuk menunjukkan counter attack,” lanjut dia.

Baca Juga: Tanpa Boaz Solossa, Persita Enggan Remehkan Persipura

3. Skuad Pendekar Cisadane akan terus berkembang

Persita Pecundangi Persipura, Widodo Sudah Yakin Sebelum Laga DimulaiIDN Times/Imam Rosidin

Walau meraih tiga poin dalam laga pertamanya di Liga 1 musim ini, Widodo masih belum puas dengan penampilan anak asuhnya. Ia akan tetap melakukan evaluasi agar permainan Persita terus berkembang dari laga satu ke laga lainnya.

“Kalau puas tidaknya, kami tentunya akan terus berlatih, karena lawan pun tadi masih bisa memasukkan bola ke gawang kami. Tapi secara hasil, sudah 2-1 sudah lumayan lah, sudah bagus, anak-anak juga sudah kerja keras, pemain sudah kerja keras dan juga melaksanakan taktikal yang kami latih bersama,” tukas Widodo.

Selanjutnya, Persita bakal berhadapan dengan lawan kuat lainnya, Arema, pada pekan kedua Liga 1 2021/2022 pada 10 September 2021. Namun demikian, belum ada kejelasan terkait tempat digelarnya pertandingan. Semua masih menunggu keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) usai melakukan evaluasi di tiga laga awal.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya